Mengenai Saya

Foto Saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RPP BHS Indonesia SMST I 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan komentar dan laporan. tayangan televisi/siaran radio


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
III
KOMPETENSI DASAR :

2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televisi/siaran radio

IV
Indikator Proses

1. Mampu mengkritik atau memuji suatu karya seni dengan bahasa yang santun                                      2.   Mampu menentukan kekurangan dan keunggulan karya
V
ALOKASI WAKTU          : 4x  40 menit
VI
Tujuan Pembelajaran

Peserta didik dapat mengkritik dan memuji suatu karya seni atau produk dengan bahasa yang lugas dan santun

Setelah memahami Kompetensi dasar yang akan dicapai, siswa dapat :
1.       Memberikan kritikan dari segi kelemahan suatu pruduk/seni dengan bahasa yang santun
  1. Memberikan pujian terhadap karya seni/produk dengan alasan yang tepat.
  2. Mampu mendeskripsikan kelemahan dan keunggulan suatu produk seni ke dalam bentuk argumentasi dengan menggunakan paragraf perbandingan, pengandaian, dan sebab akibat.

1.     Kognitif : 
a.   Setelah membaca Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis siswa dapat menyampaikan kritikan dari segi watak tokoh,  
b.   Setelah membaca Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis siswa dapat menyampaikan pujian dari segi ide cerita, watak tokoh, dan sebainya,
              
2.     Afektif : 
a.    Setelah membaca cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
b.    Setelah membaca Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
c.    Setelah membaca Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis, siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.     Psikomotor :
a.      Siswa membaca Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis
b.      Siswa menulis kritikan terhadap  Cerpen ”Dua Sahabat karya A.A Navis
c.      Siswa menulis simpulan dialog interaktif
d.      Siswa menyampaikan hasil tugas ke depan kelas
VII
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN

A.        Fakta    : Teks cerpen/cuplikan novel, teks  Drama dan contoh kalimat kritik
B.         Prinsip  :

1.    Pengertian.

Memberi kritik berarti memberi penilaian, Namun mengkritik bukan berarti menghujat atau menjelek - jelekkan.
Mengkritik berarti mengungkapkan kelebihan dan menunjukkan kekuranganya dengan alasan yang logis.
Sedangkan yang dimaksud memuji adalah mengungkapkan kelebihan / keunggulan suatu karya dengan bahasa yang santun.

C.        Prosedur:

1.     Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memberi kritikan/pujian

a.        kualitas dan kuantitas isi
b.       Ejaan
c.        Diksi
d.       Sistematika
e.       Harga
f.         penampilan fisik (penjilidan, ukuran, jenis kertas, dll.)

2.     Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam memberikan kritik / memuji karya sastra.
a.        Memahami dan mendalami hal yang akan dikritik
b.      Menganalisis dan memberikan penghargaaan jika ada kelebihan
c.       Berusaha mencari kekurangan / kelemahan dengan disertai bukti atau alasan yang kuat
d.      Mengajukan saran untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dengan bahasa yang lugas, tegas,dan tepat.

Contoh kritikan dan pujian.

1. “ Cerpen ini sudah bagus, tetapi sayang, terlalu banyak menggunakan kata asing “ (kritikan)
2. “Saya betul – betul mengacungkan jempol untuk pengarang buku ini “ (pujian / sanjungan)
VIII
STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Model pembelajaran  :
2.     Pendekatan                :
3.     Metode                       : ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas








  IX.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
         PERTEMUAN PERTAMA
A.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memberikan kritik terhadap karya seni atau produk


Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun 
Tanggung jawab
Berani





A.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  materi krtik


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan kritik


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
Siswa diminta  duduk berkelompok (4) orang

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Membca cerpen “Dua orang Sahabat”


Peduli dan teliti


5
Siswa  mencatat kelemahan cerpen “Dua orang Sahabat”.


teliti


6
Siswa  mencatat  keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”


kerjasama


7
Siswa memperbaiki hasil kerja kelompok mereka.


ketelitian












No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran




KEGIATAN AKHIR


Siswa dipandu guru menyimpulkan pelajaran: setelah mempelajari tentang kritikan terhadap karya/seni suatu produk, maka dapat kita simpulkan bahwa:
1.          kita dapat memberikan penilaian yang positif terhadap karya orang lain
2.          kita dapat menghargai karya orang lain.
3.          Kita dapat menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.     




Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tugas Mandiri (KMTT)
Tugas untuk: minggu depan, masing-masing anggota kelompok, silakan membaca cerpen ‘Bertanya Kerbau ke Pedati’, karya A.A Navis. Tuliskan kritikanmu terhadap karya tersebut
1. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas ini,  , silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.

     
         PERTEMUAN KEDUA
B.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memberikan kritikan terhadap karya seni/produk


Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun 
Tanggung jawab
Berani





B.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  karya A.A Navis yang telah dibaca di rumah


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa diminta  kembali duduk berkelompok (4) orang


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
siswa melanjutkan kerja kelompok

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Siswa Membaca cerpen “Dua orang Sahabat”


Peduli dan teliti


5
Siswa  memperbaiki tugas pada pertemuan sebelumnya, tentang  kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”.


teliti


6
Siswa menyampaikan secara lisan krtikan terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”.


teliti


7
Siswa menyampaikan secara lisan pujian terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”..


Kreatif dan teliti


8
Siswa /kelompok lain mencatat dan menaggapi hasil kerja yang disampaikan temannya


kerjasama


9
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran




KEGIATAN AKHIR


Siswa dipandu guru menyimpulkan pelajaran: setelah mempelajari tentang kritikan terhadap karya/seni suatu produk, maka dapat kita simpulkan bahwa:
4.          kita dapat memberikan penilaian yang positif terhadap karya orang lain
5.          kita dapat memberikan kritikan yang membangun untuk kesempurnaan karya orang lain
6.          Kita tidak hanya mampu memberikan kritikan, tapi juga memberikan solusi/jalan keluar suatu permasalahan.
7.          Kita dapat menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain.     




Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk: minggu depan, masing-masing kelompok, silakan mengamati peristiwa di sekelilingmu untuk dijadikan objek laporan.
2. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas ini,  , silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.



       Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar/kumpulan cerpen A.A Navis
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia


      Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.    mampu mencatat kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”.
2.    Mampu menuliskan kritikan terhadap kelmahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”
3.    Mampu menyampaikan secara lisan krtikan terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”
4.    Mampu menyampaikan secara lisan pujian terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”.

Proses/
Uraian
objektif
Tes tulis/lapor-an kerja kelompok
1.     catat kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”.
2.     tuliskan kritikanmu terhadap kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”
3.     sampaikan secara lisan krtikanmu terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”
4.     sampaikan secara lisan pujianmu terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”.


Contoh soal objektif:










         Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot, dan skor nilai

No

Indikator Penilaian

Bobot
Skor

Keterangan

S.Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
2
3
4
1
Kemampuan mencatat kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”.
100
92-100
83-91
75-82
<  75

2
Kemampuan menuliskan kritikan terhadap kelemahan dan keunggulan cerpen “Dua orang Sahabat”
100
92-100
83-91
75-82
<  75
1.   Tuntas dan perlu pengayaan

2.  Tuntas
3.  Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
3
Mampu mendeskripsikan kelemahan dan keunggulan karya seni ke dalam bentuk argumentasi dengan menggunakan kalimat perbandingan, pengandaian, dan sebab akibat.
100
92-100
83-91
75-82
<  75
3
Kemampuan menyampaikan secara lisan krtikan terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”
100
92-100
83-91
75-82
<  75
4
Kemampuan menyampaikan secara lisan pujian terhadap isi cerpen “Dua orang Sahabat”.
100
92-100
83-91
75-82
<  75








                                                                                                Padang,        September 2012
Mengetahui                                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
           



DRA. MISLINDA R, MM                                                             MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                          NIP 19680319 199802 2001



Lembar Kerja Siswa

Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                      : Mengkritik karya seni
Subpokok Bahasan                 : Mengkritik Cerpen
Kelas/Semester                       : IX/1

A.  Petunjuk :
1.      Baca dengan teliti LKS ini
2.      Kerjakan setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.      Baca teks cerpen dengan teliti
4.      Masing-masing kelompok menuliskan kelemaham dan keunggulan cerpen dari segi bahasa, ide, mapun dari segi watak tokoh
5.      tuliskan  keunggulan karya seni (Cerpen) dengan kalimat yang tepat dan jelas
6.      tuliskan kelemahan-kelemahan karya seni(Cerpen) dengan alasan yang logis
7.      Bersama kelompok, tentukan tema kaya seni  tersebut!
8.      Tampilkan hasil kerja ke depan kelas!
9.      Kelompok lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang disampaikan teman.

Format penulisan kritikan
Kelemahan karya seni(cerpen) “Dua Sahabat”
Keunggulan karya seni(cerpen) “Dua Sahabat”
1
1
2
2
3
3
4
4
5
5

                                                                                                                       
KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER

Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.


No.
Kriteria
Deskripsi

 1.
BT (Belum Terlihat)
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 2.
MT (Mulai Terlihat)
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten

 3.
MB (Mulai Berkembang)
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator

 4.
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: