RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama Sekolah : SMP
Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (2 x 40 menit)
|
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dialog
interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
|
III
|
KOMPETENSI DASAR : 1.1.Menyimpulkan isi
dialog interaktif beberapa narasumber pada
tayangan televisi / siaran radio.
|
IV
|
|
|
|
V
|
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
|
VI
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan tema dialog
b.
Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan empat hal penting dalam dialog.
c.
mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan ungkapan dalam dialog
d.
Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menyimpulkan isi dialog
2.
Afektif :
a. Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menghargai
pendapat teman dalam berdiskusi.
b. Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
c. Setelah mendengarkan dialog interaktif, siswa mampu memahami, menguraikan
materi secara ulet dan mandiri.
3.
Psikomotor :
a.
Siswa menulis tema
dialog interaktif
b.
Siswa menulis hal-hal
penting dialog interaktif
c.
Siswa menulis simpulan
dialog interaktif
d.
Siswa menyampaikan
hasil tugas ke depan kelas
|
|
VII
|
MATERI DAN
URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1.
Model pembelajaran : kelompok
2.
Pendekatan : kontekstual
3.
Metode : diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA 2 x 40 menit
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyimpulkan isi dialog
interaktif.
Guru mempragakan contoh
dialog interaktif dengan salah seorang siswa/guru lain
contoh cuplikan
isi dialog interaktif
a.
Saat ini, di samping
saya sudah duduk seorang guru dari Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP.
Beliau adalah sosok yang paling dikagumi dan disegani, beliau juga setiap
tahun dinobatkan menjadi guru favorit di sekolah ini.
T: Anda adalah guru
yang paling disegani dan dikagumi di sekolah ini. Apa pendapat Anda?
J: menurut saya, itu
berlebihan.
T: Tapi fakta
membuktikan bahwa setiap tahun anda terpilih menjadi guru Favorit di sekolah
ini.
J: Mungkin mereka
keliru memilih saya, hahaha.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
dialog interaktif
|
√
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa
memahami informasi yang berkaitan dengan dialog interaktif
|
√
|
peduli, kreatif
|
||||
3
|
Siswa diminta
duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
sukses hubungan sosial dan mandiri
|
||||
4
|
siswa mendengarkan dialog interaktif Kick Andy “Cara Gila Menulis
Buku”yang ditayangkan melalui infokus
|
√
|
Peduli dan teliti
|
||||
5
|
Siswa mencatat empat hal
penting dalam dialog interaktif.
|
√
|
teliti
|
||||
6
|
Siswa mencatat ungkapan dalam dialog interaktif
|
√
|
teliti
|
||||
7
|
Guru mendampingi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan dalam
memahami materi dialog interaktif
|
Menumbuhkan rasa percaya diri
|
|||||
8
|
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok
|
√
|
kerjasama
|
||||
9
|
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
|
√
|
keberanian
|
||||
9
|
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.
|
√
|
Jujur dan berani
|
||||
10
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah
siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.
1.
Tokoh yang terlibat
dalam dialog tersebut adalah….
2.
Deskripsi singkat
dialog adalah…
3.
Ungkapan yang
terdapat di dalam dialog adalah…
4. Empat hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut adalah
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan disimpan
dengan baik dan keja kelompok akan dilanjukan pada pertemuan berikut.
Tugas untuk:
1. Untuk memperlancar pemahaman kalian tentang isi dialog interaktif,
masing-masing anggota kelompok silakan menyimak dialog interaktif di liputan
Petang Metro TV/TV One.
|
PERTEMUAN KEDUA 2 x 40 menit
B.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru bertanya
jawab dengan siswa tentang dialog
interaktif yang telah disimak di salah satu stasiun televisi
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
|
B.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa memperhatikan dialog interaktif yang ditayangkan
|
√
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa diminta
duduk ke kelompok masing-masing (3) orang
|
√
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
3
|
siswa mendengarkan dialog interaktif Kick Andy “Cara Gila Menulis
Buku”yang ditayangkan melalui infokus
|
√
|
Sukses hubungan sosial dan mandiri
|
||||
4
|
Siswa menentukan tema dialog interaktif.
|
√
|
Peduli dan teliti
|
||||
5
|
Siswa menyimpulkan isi dialog interaktif.
|
√
|
Kreatif dan teliti
|
||||
6
|
Guru mendampingi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan dalam
memahami materi dialog interaktif
|
Menumbuhkan rasa percaya diri
|
|||||
7
|
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok
|
√
|
kerjasama
|
||||
8
|
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
|
√
|
keberanian
|
||||
9
|
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.
|
√
|
Jujur dan berani
|
||||
10
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah
siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.
5.
Tema dialog
interaktif tersebut adalah: ‘cara-cara menulis buku’
6.
Yang terlibat dalam
dialog tersebut adalah….
7.
Deskripsi singkat
dialog adalah…
8.
Ungkapan yang
terdapat di dalam dialog adalah…
9. Empat hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut adalah
10. Kesimpulan isi dialog interaktif tersebut adalah....
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
2.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, menyimak dua dialog interaktif di liputan
Petang Metro TV/TV One.
3.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, mendengarkan dan menyimpulkan satu isi dialog
interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.
4. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan
menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti,
atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.
|
Sumber
Belajar
a. Media
cetak / surat kabar/YU TUBE
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu mendeskripsikan
secara singkat isi dialog interaktif
2.
Mampu mendata tiga hal
penting dalam dialog interaktif
3.
Mampu menentukan tema
dialog interaktif
4.
Mampu menentukan
ungkapan dan maknanya yang terdapat dalam dialog interaktif
5.
Mampu menentukan
hal-hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar
6.
Mampu menyimpulkan isi
dialog interaktif
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Deskripsikan isi
dialog ke dalam satu paragraf!
2.
Tuliskan tiga hal
penting dari dialog interaktif yang telah didengar!
3.
Tuliskan tema dialog
interaktif tersebut!
4.
Tuliskan ungkapan yang
terdapat dalam dialog interaktif yang didengar, dan tuliskan makna ungakapan
tersebut!
5.
Tuliskan hal yang
paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar dengan alasan yang
logis!
6.
Simpulkan isi dialog
interaktif yang telah di dengar ke dalam satu paragraf deskripsi.
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan mendeskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan menentukan tiga hal penting dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Kemampuan menuliskan tema dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menentukan ungkapan dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, Juli
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar
Kerja Siswa
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan : Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok Bahasan : Menyimpulkan
isi dialog interaktif
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.
Dengarkan dialog interaktif yang ditayangkan!
4. Masing-masing
kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5.
deskripsikan masing-masing
permasalahan yang dikemukakan narasumber
6.
tuliskan kalimat pengandaian
yang dikemukakan narasumber.
7.
tuliskan ungkapan-ungkapan
yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8.
jelaskan arti ungkapan.....
9.
Bersama kelompok, tentukan tema dialog
interaktif tersebut!
10.
Simpulkan isi dialog interaktif tersebut!
11. Tampilkan
hasil kerja ke depan kelas!
12. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
Menyimpulkan
dialog komentar
terhadap isi dialog
Deskriptor
|
Deskriptor
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
Kelogisan penulisan komentar
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
KRITERIA PENILAIAN
PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar