Mengenai Saya

Foto Saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi / siaran radio.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI : Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio
III
KOMPETENSI DASAR : 1.1.Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada   tayangan  televisi /  siaran radio.
IV
Indikator Proses

  1. Mendengarkan dialog interaktif
  2. Menentukan tema dialog interaktif
  3. Menyimpulkan isi dialog interaktif
V
ALOKASI WAKTU          : 4 x  40 menit
VI
Tujuan Pembelajaran

1.     Kognitif : 
a.   Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan tema dialog
b.   Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan empat hal penting dalam dialog.
c.   mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menentukan ungkapan dalam dialog
d.   Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menyimpulkan isi dialog
             
2.     Afektif : 
a.    Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
b.    Setelah mendengarkan dialog interaktif siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
c.    Setelah mendengarkan dialog interaktif, siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.     Psikomotor :
a.                                 Siswa menulis tema dialog interaktif
b.                                 Siswa menulis hal-hal penting dialog interaktif
c.                                 Siswa menulis simpulan dialog interaktif
d.                                 Siswa menyampaikan hasil tugas ke depan kelas
VII
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
VIII
STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Model pembelajaran  : kelompok
2.     Pendekatan                : kontekstual
3.     Metode                       : diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas







  IX.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
         PERTEMUAN PERTAMA 2 x 40 menit
A.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif.

Guru mempragakan contoh dialog interaktif dengan salah seorang siswa/guru lain
contoh cuplikan isi dialog interaktif
a.   Saat ini, di samping saya sudah duduk seorang guru dari Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP. Beliau adalah sosok yang paling dikagumi dan disegani, beliau juga setiap tahun dinobatkan menjadi guru favorit di sekolah ini.
T: Anda adalah guru yang paling disegani dan dikagumi di sekolah ini. Apa pendapat Anda?
J: menurut saya, itu berlebihan.
T: Tapi fakta membuktikan bahwa setiap tahun anda terpilih menjadi guru Favorit di sekolah ini.
J: Mungkin mereka keliru memilih saya, hahaha.
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun 
Tanggung jawab
Berani





A.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  dialog interaktif


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan dialog interaktif


peduli, kreatif


3
Siswa diminta  duduk berkelompok (3) orang

sukses hubungan sosial dan mandiri


4
siswa mendengarkan dialog interaktif Kick Andy “Cara Gila Menulis Buku”yang ditayangkan melalui infokus


Peduli dan teliti


5
Siswa  mencatat empat hal penting dalam dialog interaktif.


teliti


6
Siswa mencatat ungkapan dalam dialog interaktif


teliti


7
Guru mendampingi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan dalam memahami materi dialog interaktif



Menumbuhkan rasa percaya diri


8
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok


kerjasama


9
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.


keberanian


9
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.


Jujur dan berani


10
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.

1.     Tokoh yang terlibat dalam dialog tersebut adalah….
2.     Deskripsi singkat dialog adalah…
3.     Ungkapan yang terdapat di dalam dialog adalah…
4.     Empat hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut adalah


KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan disimpan dengan baik dan keja kelompok akan dilanjukan pada pertemuan berikut.
Tugas untuk:
1.   Untuk memperlancar pemahaman  kalian tentang isi dialog interaktif, masing-masing anggota kelompok silakan menyimak dialog interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.

     
         PERTEMUAN KEDUA 2 x 40 menit
B.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru bertanya jawab dengan siswa tentang  dialog interaktif yang telah disimak di salah satu stasiun televisi
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian




B.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa memperhatikan dialog interaktif yang ditayangkan


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa diminta  duduk ke kelompok masing-masing (3) orang


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
siswa mendengarkan dialog interaktif Kick Andy “Cara Gila Menulis Buku”yang ditayangkan melalui infokus

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Siswa menentukan tema dialog interaktif.


Peduli dan teliti


5
Siswa menyimpulkan isi dialog interaktif.


Kreatif dan teliti


6
Guru mendampingi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan dalam memahami materi dialog interaktif



Menumbuhkan rasa percaya diri


7
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok


kerjasama


8
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.


keberanian


9
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.


Jujur dan berani


10
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.
5.     Tema dialog interaktif tersebut adalah: ‘cara-cara menulis buku’
6.     Yang terlibat dalam dialog tersebut adalah….
7.     Deskripsi singkat dialog adalah…
8.     Ungkapan yang terdapat di dalam dialog adalah…
9.     Empat hal penting yang terdapat dalam dialog tersebut adalah
10.  Kesimpulan isi dialog interaktif tersebut adalah....



KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
2.   Kelompok yang nilainya sama dan di atas KKM, menyimak dua dialog interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.
3.   Kelompok yang nilainya di bawah KKM, mendengarkan dan menyimpulkan satu isi dialog interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.
4. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.


       Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar/YU TUBE
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia

      Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.    Mampu mendeskripsikan secara singkat isi dialog interaktif
2.    Mampu mendata tiga hal penting dalam dialog interaktif
3.    Mampu menentukan tema dialog interaktif
4.    Mampu menentukan ungkapan dan maknanya yang terdapat dalam dialog interaktif
5.    Mampu menentukan hal-hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar
6.    Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif

Proses/
Uraian
objektif
Tes tulis/lapor-an kerja kelompok
1.  Deskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf!
2.  Tuliskan tiga hal penting dari dialog interaktif yang telah didengar!
3.  Tuliskan tema dialog interaktif tersebut!
4.  Tuliskan ungkapan yang terdapat dalam dialog interaktif yang didengar, dan tuliskan makna ungakapan tersebut!
5.  Tuliskan hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar dengan alasan yang logis!
6.  Simpulkan isi dialog interaktif yang telah di dengar ke dalam satu paragraf deskripsi.














         Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot, dan skor nilai

No

Indikator Penilaian

Bobot
Skor

Keterangan

S.Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
2
3
4
1
Kemampuan mendeskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf
100
92-100
83-91
75-82
<  75

2
Kemampuan menentukan tiga hal penting dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
1.   Tuntas dan perlu pengayaan

2.  Tuntas
3.  Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
3
Kemampuan menuliskan tema dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
4
Kemampuan menentukan ungkapan dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
5
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
6
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75

                                                                                                Padang,        Juli 2012
Mengetahui                                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
           


DRA. MISLINDA R, M.M                                                            MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                          NIP 19680319 199802 2001


























Lembar Kerja Siswa

Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                      : Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok Bahasan                 : Menyimpulkan isi dialog interaktif
Kelas/Semester                       : IX/1

A.  Petunjuk :
1.      Baca dengan teliti LKS ini
2.      Kerjakan setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.      Dengarkan dialog interaktif yang ditayangkan!
4.      Masing-masing kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5.      deskripsikan masing-masing permasalahan yang dikemukakan narasumber
6.      tuliskan kalimat pengandaian yang dikemukakan narasumber.
7.      tuliskan ungkapan-ungkapan yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8.      jelaskan arti ungkapan.....
9.      Bersama kelompok, tentukan tema dialog interaktif tersebut!
10.    Simpulkan isi dialog interaktif tersebut!
11.    Tampilkan hasil kerja ke depan kelas!
12.    Kelompok lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang disampaikan teman.

Menyimpulkan dialog                        komentar terhadap isi dialog
Deskriptor
Deskriptor
 Ketepatan merumuskan kesimpulan
Ketepatan merumuskan komentar
Kelogisan penulisan kesimpulan
Kelogisan penulisan komentar
Ketepatan penggunaan bahasa
Ketepatan penggunaan bahasa

                                                                                                                       
KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER

Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.


No.
Kriteria
Deskripsi

 1.
BT (Belum Terlihat)
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 2.
MT (Mulai Terlihat)
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten

 3.
MB (Mulai Berkembang)
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator

 4.
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator










  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: