Mengenai Saya

Foto Saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RPP Bhs Indonesia Kelas IX Menentukan Tema Syair


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : IX/I
Jumlah Pertemuan  : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

5. Memahami wacna sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan   syair
III
KOMPETENSI DASAR :

5.1. Menentukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan.
IV
Indikator Proses

1.     Mendengarkan syair
2.     Menuliskan syair yang didengar
3.     Menentukan kata sulit dalam syair
4.     Menentukan tema syair
5.     Menentukan pesan syair
6.     Menyimpulkan isi syair
V
ALOKASI WAKTU          : 2 x  40 menit
VI
Tujuan Pembelajaran

  1. Mampu menemukan tema syair.
2.     Mampu menangkap pesan syair

1.     Kognitif : 
a.   Setelah mendengarkan syair siswa dapat menuliskan syair yang didengar
b.   Setelah menuliskan syair, siswa dapat menentukan kata sulit dalam syair yang didengar.
c.   Setelah menentukan kata sulit dalam syair yang didengar, siswa mampu mendeskripsikan maksud syair
d.   Setelah mendeskripsikan maksud syair, siswa dapat menentukan tema syair
e.   Setelah menentukan tema syair, siswa dapat menentukan pesan syair
f.    Setelah menentukan pesan syair siswa dapat menyimpulkan isi syair
             
2.     Afektif : 
a.    Setelah mendengarkan syair, siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
b.    Setelah mendengarkan syair, siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
c.    Setelah memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.siswa mampu mengomentari dan mengaitkan isi syair dengan situasi kehidupan saat ini
d.    Setelah mendengarkan syair, siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.     Psikomotor :
a.      Siswa mendengarkan syair
b.      Siswa dalam kelompok menuliskan dan mendeskripsikan syair yang didengar
c.      Siswa menuliskan/ menyampaikan hasil kerja kelompok ke depan kelas
VII
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN

Rekaman Syair, cuplikan syair
Prinsip : Syair termasuk ke dalam bentuk puisi lama dengan ciri-ciri khusus:

1.     Syair. Terdiri dari empat baris dalam sebait. Keempat baris itu merupakan isi. Yang bersajak a-a-a-a
Syair bersal dari pengaruh Islam, masuk kedalam sastra Indonesia yang dibawa oleh pedagang Gujarat, Parsi, dan Arab
2.     Isi Syair : syair biasanya melukiskan hal-hal yang panjang : misalnya menyangkut cerita, nasihat, uraian-uraian ilmu, aturan-aturan agama dan lain-lain. Syair biasanya karya yang diciptakan untuk didengar ( Bahasa Arab Syi’run, artinya lagu atau nyanyian ; Sya’ara = menyanyi.
3.     Pokok-pokok yang dikarang  menjadi syair biasanya hal-hal mengenai ; keagamaan, epos (cerita kepahlawanan; syair panjang yang menceriakan riwayat perjuangan seorang pahlawan), cerita romantik, ilmu pengetahuan, didaktik

Fakta : Contoh syair:
a.     cuplikan syair Bidasari:
Bismillah itulah permukaan kalam
Dengan nama allah Khalikul-alam,
Melimpahkan rahmat siang dan malam
Pada segala mukmin dan Islam.

b.    Cuplikan syair Abdul Muluk:
Setelah didengar Abdul Muluk,
Tersenyum sedikit lalulah tertunduk,
Dipandang baginda terlalu elok,
Sedap manis tiada bertolok

Bangkit berdiri muda bangsawan,
Lemah lebut malu-maluan
Dipegang tangan adinda tuan
Dibawanya masuk ke dalam peraduan.

c.     Syair Prahu:
Inilah gerangan suatu madah,
Mengarangkan syair terlalu indah
Membutuhi jalan tempat berpindah
Di sanalah itikad diperbentuk sudah

Wahai muda kenali dirimu,
Ialah perahu tamsil tubuhmu,
Tiada berapa lama hidupmu,
Ke akhirat juga kekal hidupmu

Hai muda arif budiman,
Hasil kan kemudi dengan pedoman,
Alat perahu jua kerjakan,
Itulah jalan pembentuk insan.
VIII
STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Model pembelajaran  : kelompok
2.     Pendekatan                : kontekstual
3.     Metode                       : diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas






  IX.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
        
A.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memahami syair



Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun 
Tanggung jawab
Berani




A.    Kegiatan Inti (+ 60 menit)

No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan

1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  syair


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.



2
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan puisi


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.



3
Siswa diminta  duduk berkelompok (3) orang

Sukses hubungan sosial dan mandiri



4
siswa mendengarkan syair yang diputarkan melalui tape recorder/ cuplikan yang dibacakan oleh guru


Peduli dan teliti



5
Siswa  mendeskripsikan syair yang didengar.


teliti



6
Siswa menentukan arti kata sulit di dalam syair






7
Siswa menentukan tema syair.


teliti



8
Guru membantu siswa/kelompok yang mengalami kesulitan dalam memahami materi






9
Siswa menentukan pesan syair


Kreatif dan teliti



10
Siswa menyimpulkan isi syair.


kerjasama



11
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.


keberanian



12
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.


Jujur dan berani



13
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian


No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran






KEGIATAN AKHIR



Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.   Kelompok yang nilainya sama dan di atas KKM, wajib menguraikan maksud syair yang terdapat di dalam bahan ajar, halaman… bait perta dan kedua.
2.   Kelompok yang nilainya di bawah KKM, wajib menguraikan maksud syair yang terdapat di dalam bahan ajar, halaman….
3. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas yang berhubungan dengan syair, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.














     
       Sumber Pembelajaran
1.     Rekaman  Syair 12 karya raja Ali Haji , Sastra  Indonesia Bagian Indonesia Klasik Jilid 2 Oleh Amron Parkimin dan Noor Bari, hal 171-178
2.     Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX


      Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.    Mampu mendeskripsikan syair yang didengar
2.    Mampu menentukan makna kata sulit dalam syair
3.    Mampu menentukan tema syair
4.    Mampu menentukan pesan syair
5.    Mampu menyimpulkan isi syair

Proses/
Uraian
objektif
Tes tulis/lapor-an kerja kelompok
1.   deskripsikan syair yang didengar
2.   tentukan makna kata sulit dalam syair
3.   tentukan tema syair
4.   tentukan pesan syair
5.   simpulkan isi syair













         Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot, dan skor nilai

No

Indikator Penilaian

Bobot
Skor

Keterangan

S.Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
2
3
4
1
Kemampuan mendeskripsikan syair yang didengar
100
92-100
83-91
75-82
<  75

2
Kemampuan menentukan makna kata sulit dalam syair
100
92-100
83-91
75-82
<  75
1.   Tuntas dan perlu pengayaan

2.  Tuntas
3.  Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
3
Kemampuan menentukan tema syair

100
92-100
83-91
75-82
<  75
4
Kemampuan menentukan pesan syair
100
92-100
83-91
75-82
<  75
5
Kemampuan menyimpulkan isi syair
100
92-100
83-91
75-82
<  75

                                                                                                Padang,        September 2012
Mengetahui                                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
           



DRA. MISLINDA R, MM                                                             MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                          NIP 19680319 199802 2001






Contoh soal Objektif :




















Lembar Kerja Siswa

Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                      : Mendengarkan syair
Subpokok Bahasan                 : Menemukan tema dan pesan syair
Kelas/Semester                       : IX/1

A.  Petunjuk :
1.      Baca dengan teliti LKS ini
2.      Kerjakan setiap perintah LKS secara berkelompok di kertas double folio!
3.      Dengarkan syair yang akan diputarkan!
4.      Masing-masing kelompok mendeskripsikan syair yang diperdengarkan.
5.      Masing-masing kelompok menenmukan makna kata sulit di dalam syair yang didengar
6.      Masing-masing kelompok menuliskan tema syair.
7.      Masing-masing kelompok menuliskan pesan syair.
8.      Masing-masing kelompok menuliskan simpulan syair
9.      Tampilkan hasil kerja ke depan kelas!
10.    Kelompok lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang disampaikan teman.


  1. Untuk siswa putri : Syair Bidasari (anonim/tanpa nama pengarang)

  1. Untuk siswa putra: Syair perahu oleh Hamzah Fansuri

Syair perahu oleh Hamzah Fansuri      Syair Bidasar(tanpa nama pengarang /anonim)

Inilah gerangan suatu madah,                             Bismillah itu permulaan kalam
Mengarangkan syair terlalu indah,                       Dengan nama Allah Khalikul-alam
Membutuhi jalan tempat berpindah,                    melimpahkan rahmat siang dan malam
Di sanalah itikad diperbetuli sudah.                    Pada segala mukmin dan islam

Wahai muda, kenali dirimu,                                Dengarkan tuan suatu riwayat
Itulah perahu tamsil tubuhmu,                             Raja di desa negeri Kembayat,
Tiadalah berapa lama hidupmu                           Dikarangkan pakir jadi hikayat,
Ke akhirat juga kekal diamu.                              Disejukkan dengan syair ibarat

Hai muda, harif budiman,                                   Adalah raja sebuah negeri,
Hasilkan kemudi dengan pedoman,                    Sultan Angkasa bijak bestari,
Alat perahu jua kerjakan,                                    Asal Baginda raja yang bahari,
Itulah jalan membetuli insan.                               Limpah adil pada dagang senteri.
                                                                         ....................................................
Perteguh jua alat perahumu,                               Garuda menyambar ke dalam desa,
Hasilkan bekal air dan kayu,                               Habislah negeri rusak binasa
Dayung pengayuh taruh di situ,                          Disambar garuda burung angkasa
Supaya laju perahumu itu.                                  Kelam kabut, sabur termasa

Sudahlah hasil kayu dan air,                               Baginda di balai dihadap menteri
Angkatlah pula sauh dan layar,                           Mendengarkan gempar seisi negeri,
Pada beras bekal janganlah taksir,                     Terkejut bertitah baginda sendiri:
Niscaya sempurna jalan yang khabir.                  “Mengapa kamu datang berlari?”

Perteguh jua alat perahumu,                               Demi didengar titah baginda,
Muaranya sempit tempatmu lalu,                        Berdatang sembah seorang biduanda:
Banyaklah di sana ikan dan hiu                          “Daulat tuanku, duli seripada,
Menanti perahumu lalu dari situ.                         Patik sekalian dihambat garuda”
                                                                                                           
                                                                        .................................................
Muaranya dalam, ikanpun banyak,                      Hulubalang, menterri larilah fana
Di sanalah perahu karam dan rusak,                   Bagindapun masuk ke dalam istana,
Karangnya tajam seperti tombak,                       Tuan putri Puspa Ratna
Ke atas pasir kamu tersesak.                             Hatinya terkejut terlalu bena

............................................                            Tuan putri itu hamil delapan bulan,
Baiklah perahu engkau perteguh,                        Bertambah sangat kesukran.
Hasilkan pendapat dengan tali sauh,                  Dibawa baginda turun berjalan
Anginnya keras ombaknya cabuh,                      Suatupun tidak perbekalan.
La ilaha illa’llah akan tali yang teguh.     
                                                                        Setelah sampai ke dalam hutan,
Barang siapa yang bergantung di situ,                sesat barat dengan ketakutan.
Teduhlah selalu yang rencam itu,                        Baginda tidak tahukan jalan.
Pedoman betuli perahumu laju,                          Putripun sakit dengan keberatan
Selamat engkau ke pulau itu.                             ...................................................
                                                                                   

                                                                                                                       
































KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER

Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.


No.
Kriteria
Deskripsi

 1.
BT (Belum Terlihat)
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 2.
MT (Mulai Terlihat)
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten

 3.
MB (Mulai Berkembang)
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator

 4.
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator













  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: