Mengenai Saya

Foto saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SNOWBALL 2013

SNOWBALL  2013
Tahun 2012 telah berlalu dengan segala fenomena yang sudah kita alami. Tahun ke depan adalah tantangan dan harapan. Seluruh  warga sekolah Pembangunan Laboratorium UNP mesti melakukan Intropeksi diri terhadap capaian yang telah dan belum terujud. Pencapaian prestasi yang telah diraih adalah suatu tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkannya ke arah yang lebih baik. Sementara kelemahan dan kekurangan adalah PR besar bagi kita untuk memperbaiki, baik secara pribadi maupun secara institusi.
 Intropeksi diri pribadi maupun institusi sangat penting, demi perbaikan kesalahan masa lalu yang mungkin pernah kita lakukan, baik terhadap diri pribadi maupun terhadap orang-orang di sekitar kita. Kita sadar dengan sepenuh hati, bahwa kita belum punya keberanian mengungkap kesalahan pribadi, namun kita acap kali membicarakan dan mempertontonkan kesalahan dan kekilafan orang lain dan yang paling sering menjadi korban dalam hal ini adalah para siswa yang notabene memang tidak berdaya dihadapan kita para guru dan pimpinan.
Persoalan siswa dan fenomena perkembagan mereka adalah harapan dan tantangan bagi kita bersama. Persoalan siswa dan fenomena itu tidak akan pernah berakhir, jika kita terutama guru, konselor, dan pimpinan belum menyediakan waktu yang cukup untuk mengurai persoalan itu ke dalam sebuah wadah yang lebih bermakna dan bertujuan.
Kita sering terjebak pada proses mendengar dan melihat. Kita belum memberi peluang pada diri untuk berpikir dan merenungkan makna dari pendengaran dan penglihatan itu sendiri.  Sehingga setiap saat, kita selalu terjebak dengan persoalan yang sama. Terkadang kita sering lupa dan sedikit mengabaikan, bahwa di dalam diri kita dan di dalam diri pribadi-pribadi di sekitar kita terdapat potensi-potensi yang luar biasa. Potensi-potensi yang cenderung tersimpan rapi belum tergali. Penggalian potensi itu memerlukan waktu, kemauan, kerja keras, dan kecerdasan.
Perubahan terhadap cita-cita dan perjuangan dalam dunia pendidikan khususnya di  Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP mesti dilakukan. Perubahan yang terpenting adalah  proses penciptaan dan penanaman nilai karakter cerdas kepada generasi penerus. Penciptaan dan penanaman nilai karakter ini akan terujud bila proses diawali secara cerdas. Dan yang mampu mengawali dan menciptakan proses secara cerdas adalah guru-guru, dan pimpinan yang cerdas dan berkarakter.
Guru-guru ( pimpinan ) yang cerdas dan berkarakter, adalah orang yang mampu berhijrah ke arah keagungan. Mengikuti laju percepatan waktu, memunculkan tantangan-tantangan positif dalam diri, memunculkan gagasan baru dan mengaplikasikannya ke dalam kerangka ilmu dan tugas yang diemban demi sebuah kemajuan.
Mari bersama kita sambut dan jalani tahun 2013 dengan cerdas, dengan penataan kinerja dan harapan yang lebih baik. Mari bermetamorfosis. demi kemajuan Sekolah Pembangunan Laboratorium UNP, demi Kemajuan Anak Bangsa.

Marlini T (Guru SMP Pembangunan Laboratorium UNP)



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: