Mengenai Saya

Foto saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

SNOWBALL 2013

SNOWBALL  2013
Tahun 2012 telah berlalu dengan segala fenomena yang sudah kita alami. Tahun ke depan adalah tantangan dan harapan. Seluruh  warga sekolah Pembangunan Laboratorium UNP mesti melakukan Intropeksi diri terhadap capaian yang telah dan belum terujud. Pencapaian prestasi yang telah diraih adalah suatu tantangan untuk mempertahankan dan meningkatkannya ke arah yang lebih baik. Sementara kelemahan dan kekurangan adalah PR besar bagi kita untuk memperbaiki, baik secara pribadi maupun secara institusi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MEMBANGUN DAN MENGUKIR PRESTASI DI AKHIR TAHUN

MEMBANGUN DAN MENGUKIR PRESTASI DI AKHIR TAHUN
Perjuangan dan kerja keras yang sungguh-sungguh pasti akan membuahkan hasil yang manis. Siswa-siswi SMP Pembangunan Laboratorium UNP telah membuktikan hal itu. Mereka berhasil menutup tahun 2012 dengan sangat indah. Sebuah prestasi cemerlang telah mereka raih dan sumbangkan demi kejayaan sekolah Pembangunan Laboratorium UNP.
Dengan tekad yang jelas, serta suport dari pimpinan sekolah dan orang tua, mereka tidak terpengaruh dengan rintangan yang menghadang, semangat mereka tidak pernah luntur untuk terus berlatih bersama para pekerja di belakang layar yang tak kalah luar biasanya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia Kelas IX SMSTR I Meresensi Buku


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
III
KOMPETENSI DASAR :

4.2 Meresensi buku pengetahuan
IV
Indikator Proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia KLS IX SMSTR I 7.1. Menemukan tema, latar penokohan pada cerpen –cerpen dalam satu buku kumpulan cerita pendek ( cerpen )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : IX/I
Jumlah Pertemuan  : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

7.  Memahami wacana Sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen
III
KOMPETENSI DASAR :

7.1. Menemukan tema, latar penokohan pada cerpen –cerpen dalam satu  buku kumpulan cerita pendek ( cerpen )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia Kelas IX Menentukan Tema Syair


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : IX/I
Jumlah Pertemuan  : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

5. Memahami wacna sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan   syair
III
KOMPETENSI DASAR :

5.1. Menentukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan.
IV
Indikator Proses

1.     Mendengarkan syair
2.     Menuliskan syair yang didengar
3.     Menentukan kata sulit dalam syair
4.     Menentukan tema syair
5.     Menentukan pesan syair
6.     Menyimpulkan isi syair

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia KLS IX SMSTR I 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan
II
STANDAR KOMPETENSI :

6.   Mengungkap    kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain
III
KOMPETENSI DASAR :

6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana / irama yang dibangun.
IV
Indikator Proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia KLS IX SMSTR I 8.1. Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester       : IX/I
Jumlah Pertemuan  : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

8.  Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan dan pengalaman dalam cerita pendek.
III
KOMPETENSI DASAR :

8.1. Menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah  dibaca

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia SMSTR I 2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang logis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam   bentuk komentar dan laporan
III
KOMPETENSI DASAR :

2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan   kalimat yang logis
IV
Indikator Proses

Mampu mendeskripsikan peristiwa secara rinci
Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas.
Mampu menyampaikan laporan dengan kronologis yang tepat
V
ALOKASI WAKTU  : 4 x  40 menit

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP BHS Indonesia SMST I 2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan komentar dan laporan. tayangan televisi/siaran radio


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk klomentar dan laporan
III
KOMPETENSI DASAR :

2.1. Mengkritik / memuji berbagai karya ( seni atau produk ) dengan  komentar dan laporan. tayangan televisi/siaran radio

IV
Indikator Proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia Membaca Daftar Indeks


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca   memindai kegiatan membaca intensif.
III
KOMPETENSI DASAR :

3.2. Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dantepat dari indeks  buku melalui kegiatan membaca mimindai.
IV
Indikator Proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia SMSTR I 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (2 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI

Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
III
KOMPETENSI DASAR

3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
IV
Indikator Proses

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

RPP Bhs Indonesia SMSTR I 4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan kata keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph , dan kebulatan wacana.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit ( 2 pertemuan )
II
STANDAR KOMPETENSI :

4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, , dan karangan
III
KOMPETENSI DASAR :

4.3.  Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, pilihan  kata  keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph , dan  kebulatan wacana.
IV
Indikator Proses

  1. Membaca teks karangan dan Mendiskusikan teks,   menandai kesalahan ejaan,  pilihan kata
  2. Mendiskusikan teks, menandai ketidakefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
3.     Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
V
ALOKASI WAKTU          : 6 x  40 menit
VI
Tujuan Pembelajaran

1.      Pertemuan Pertama:
Siswa  dapat Membaca teks karangan dan Mendiskusikan teks  untuk menandai kesalahan ejaan,  pilihan kata.
2.       Pertemuan Kedua :
Siswa Mendiskusikan teks, menandai ketidakefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
3.      Pertemuan Ketiga :
Siswa dapat Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.


1.     Kognitif : 
a.    Setelah Mendiskusikan teks  untuk menandai kesalahan ejaan,  pilihan kata, siswa mampu memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dan pilihan kata.
b.    Setelah Mendiskusikan teks, siswa menandai ketidakefektifan kalimat, ketidakpaduan paragraf, dan ketidakbulatan wacana, siswa mampu memperbaiki kalimat yang tidak efektif dan paragraf yang tidak padu dan ketidakbulatan wacana.
             
2.     Afektif : 
a.    Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
b.    Kemampuan memberikan ide atau gagasan dalam berdiskusi kelompok.
c.    Kemampuan memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.     Psikomotor :
a.   Siswa membaca teks yang akan disunting
b.   Siswa menandai kesalahan ejaan, dan tanda baca
c.   Siswa menandai kesalahan pilihan kata
d.   Siswa menandai ketidakefektifan kalimat
e.   Siswa memperbaiki kesalahan ejaan, dan tanda baca
f.    Siswa memperbaiki kesalahan pilihan kata
g.   Siswa memperbaiki ketidakefektifan kalimat
h.   Siswa memperbaiki ketidakpaduan paragraf
i.    Siswa memperbaiki ketidakpaduan wacana
VII
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN

Pengertian Menyunting:
Menyunting : : memperbaiki kesalahan yang terdapat pada sebuah wacana, baik kesalahan ejaan, penggunaan kata maupun susunan/ keefektifan kalimat.
Paragraf Padu: Paragraf yang berisi pokok kalimat dan penjelasannya dalam satu paragraf.
Paragraf tidak padu : berisi kalimat pokok, namun penjelasannya ada pada paragraf lain.
Ciri-ciri kalimat efektif: menggunakan struktur yang jelas. Makna kalimat tidak ambigu. Penulisan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
Ciri-ciri paragraf padu: adanya kesatuan isi. Pemakaian struktur kalimat yang benar. Kohesi dan koherensi atau menarik dan bersambungan.
Menyunting bermanfaat bagi penulisnya, penyuntingnya, dan pembacanya.
Langkah menyunting:
Membaca teks karya tulis dengan cermat
memberi tanda koreksi pada bagian tulisan yang telah ditengarai/yang telah diidentifikasi kesalahannya.
tulisakan koreksi atau perbaikan di dekat bagian yang telah ditandai
 tuliskan kembali teks dengan memperhatikan hasil penyuntingan
VIII
STRATEGI PEMBELAJARAN

1.     Model pembelajaran  : kelompok
2.     Pendekatan                : kontekstual
3.     Metode                       : diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas

  IX.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
         PERTEMUAN PERTAMA
A.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
a. Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting tulisan (menandai dan memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata).
b. Siswa dan guru berdiskusi tentang langkah-langkah dalam memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata.
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun 
Tanggung jawab, kerjasama







A.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  Menyunting tulisan (kesalahan ejaan,  pilihan kata)


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan kesalahan ejaan,  pilihan kata dalam sebuah tulisan


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
Siswa diminta  duduk berkelompok (3) orang

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Siswa membaca contoh penulisan ejaan dan tanda baca di dalam buku Ejaan


kreatif


5
siswa menerima cuplikan wacana yang akan diperbaiki


Peduli dan teliti


6
Siswa  menandai kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca.


teliti


7
Siswa memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca


ketelitian


8
Siswa menghitung jumlah kesalahan dalam wacana yang dibaca.


teliti


9
Siswa menerima wacana yang kedua untuk diperbaiki.


Kreatif dan teliti


10
Siswa memenemukan kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku yang disepakati


kerjasama


11
Siswa memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku yang disepakati


keberanian


12
Siswa menukarkan hasil kerja mereka dengan kelompok lain untuk diperiksa ulang .


Jujur dan berani


13
Siswa menandai hasil kerja kelompok lain dan mengembalikan kepada kelompok semula.


ketelitian


14
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

1.     bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
2.     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.     Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini


KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.   Kelompok yang nilainya sama dan di atas KKM, menyunting dua paragraf. Teks bisa diambil di meja ibu nanti siang atau ibu kirim ke email kalian.
2.   Kelompok yang nilainya di bawah KKM, menyunting dua paragraf. Teks bisa diambil di meja ibu nanti siang atau ibu kirim ke email kalian.
3.   Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.

     
         PERTEMUAN KEDUA
B.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
a. Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting tulisan (menandai ketidakefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana).
b. Siswa dan guru berdiskusi tentang langkah-langkah dalam memperbaiki ketidakefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun 
Tanggung jawab











B.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  Menyunting tulisan (kesalahan ejaan,  pilihan kata)


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan kesalahan ejaan,  pilihan kata dalam sebuah tulisan


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
Siswa diminta  duduk berkelompok (3) orang

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Siswa membaca contoh penulisan ejaan dan tanda baca di dalam buku Ejaan


Peduli dan teliti


5
siswa menerima cuplikan wacana yang akan diperbaiki


teliti


6
Siswa  menandai kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca.





7
Siswa memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca


teliti


8
Siswa menghitung jumlah kesalahan dalam wacana yang dibaca.


Kreatif dan teliti


9
Siswa menerima wacana yang kedua untuk diperbaiki.


kerjasama


10
Siswa memenemukan kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku yang disepakati


ketelitian


11
Siswa memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku yang disepakati


Jujur dan berani


12
Siswa mempresentasikan hasil kerja mereka ke depan kelas


ketelitian


13
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok yang ditampilkan.



keberanian


14
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka



kejujuran



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah siswa-siswa yang HEBAT. .
1.     Jenis kesalahan yang ditemukan, meliputi….
a.    …………………….
b.   ……………………..
c.   ……………………..
d.   ……………………
2.     Perbaikan yang benar adalah………(menampilkan salah seorang siswa)


KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
4.   Kelompok yang nilainya sama dan di atas KKM, memperbaiki/menyunting 2 paragraf (paragraph disediakan, dan silkan diambil di meja ibu)
5.   Kelompok yang nilainya di bawah KKM, menghafalkan penggunaan tanda baca dan ejaan, yang meliputi,
a.      Penggunaan huruf capital (5 contoh penggunaan)
b.      Penggunaan tanda baca(5 contoh penggunaan).
c.      Menyunting satu paragraph yang disediakan
6. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi menyunting karangan/tulisan, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon 081363435544. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.



Penilaian oleh teman sejawat
Contoh Aspek Penilaian penulisan ejaan

Nama :
Kelas:            

No

Indikator Penilaian

Bobot
Jumlah kesalahan dan Skor
Keterangan
1
2
3
4

0
1-5
6-10
> 10

1
Kesalahan ejaan
15
15
10-14
7-10
< 6
1. Tuntas dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu
remedial indikator yang belum tuntas
4. Remedial semua materi uji
2
Kesalahan tanda baca
10
10
7-9
4-6
< 4
3
Pilihan kata
20
20
15-19
7-14
< 6
4
Kalimat efektif
30
30
20-29
10-19
< 10
5
Kepaduan paragraf
25
25
20-25
10-19
< 10







7
Jumlah Nilai
100
100
?
?
?

Penilai………………..


Contoh Aspek Penilaian penulisan ejaan

No

Indikator Penilaian

Bobot
Jumlah kesalahan dan Skor
Keterangan
1
2
3
4






1
Kemampuan memperbaiki Kesalahan ejaan
100
92-100
83-91
75-82
< 75
1. Tuntas dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu
remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
2
Kemampuan memperbaiki Kesalahan penggunaan tanda baca
100
92-100
83-91
75-82
< 75
3
Kemampuan memperbaiki Kesalahan penggunaan Pilihan kata dan imbuhan
100
92-100
83-91
75-82
< 75
4
Kemampuan memperbaiki Kesalahan penggunaan Kalimat tidak efektif
100
92-100
83-91
75-82
< 75
5
Kemampuan menulis paragraf yang padu
100
92-100
83-91
75-82
< 75

Jumlah Nilai
100
100
?
?
?



                                                                                                            Padang,      Oktober 2012
Mengetahui                                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
           


DRA. MISLINDA R, M.M                                                            MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                          NIP 19680319 199802 2001
































         PERTEMUAN KETIGA
C.    PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
a. Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting tulisan (Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar).
b. Siswa dan guru berdiskusi tentang langkah-langkah dalam Memperbaiki kesalahan ejaan,  pilihan kata, keefektifan kalimat,  keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun 
Tanggung jawab





C.   Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1






2






3





4



Peduli dan teliti


5



teliti


6






7



teliti


8



Kreatif dan teliti


9



kerjasama


10



keberanian


11



Jujur dan berani


12



ketelitian



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran




KEGIATAN AKHIR


7.  


       Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar/YU TUBE
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia


      Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.    Mampu mendeskripsikan secara singkat isi dialog interaktif
2.    Mampu mendata tiga hal penting dalam dialog interaktif
3.    Mampu menentukan tema dialog interaktif
4.    Mampu menentukan ungkapan dan maknanya yang terdapat dalam dialog interaktif
5.    Mampu menentukan hal-hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar
6.    Mampu menyimpulkan isi dialog interaktif

Proses/
Uraian
objektif
Tes tulis/lapor-an kerja kelompok
1.  Deskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf!
2.  Tuliskan tiga hal penting dari dialog interaktif yang telah didengar!
3.  Tuliskan tema dialog interaktif tersebut!
4.  Tuliskan ungkapan yang terdapat dalam dialog interaktif yang didengar, dan tuliskan makna ungakapan tersebut!
5.  Tuliskan hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar dengan alasan yang logis!
6.  Simpulkan isi dialog interaktif yang telah di dengar ke dalam satu paragraf deskripsi.














         Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot, dan skor nilai

No

Indikator Penilaian

Bobot
Skor

Keterangan

S.Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
2
3
4
1
Kemampuan mendeskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf
100
92-100
83-91
75-82
<  75

2
Kemampuan menentukan tiga hal penting dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
1.   Tuntas dan perlu pengayaan

2.  Tuntas
3.  Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
3
Kemampuan menuliskan tema dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
4
Kemampuan menentukan ungkapan dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
5
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75
6
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
100
92-100
83-91
75-82
<  75

                                                                                                Padang,        Juli 2012
Mengetahui                                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
           


DRA. MISLINDA R, M.M                                                            MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                          NIP 19680319 199802 2001


























Lembar Kerja Siswa

Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                      : Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok Bahasan                 : Menyimpulkan isi dialog interaktif
Kelas/Semester                       : IX/1

A.  Petunjuk :
1.      Baca dengan teliti LKS ini
2.      Kerjakan setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.      Dengarkan dialog interaktif yang ditayangkan!
4.      Masing-masing kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5.      deskripsikan masing-masing permasalahan yang dikemukakan narasumber
6.      tuliskan kalimat pengandaian yang dikemukakan narasumber.
7.      tuliskan ungkapan-ungkapan yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8.      jelaskan arti ungkapan.....
9.      Bersama kelompok, tentukan tema dialog interaktif tersebut!
10.    Simpulkan isi dialog interaktif tersebut!
11.    Tampilkan hasil kerja ke depan kelas!
12.    Kelompok lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang disampaikan teman.

Menyimpulkan dialog                        komentar terhadap isi dialog
Deskriptor
Deskriptor
 Ketepatan merumuskan kesimpulan
Ketepatan merumuskan komentar
Kelogisan penulisan kesimpulan
Kelogisan penulisan komentar
Ketepatan penggunaan bahasa
Ketepatan penggunaan bahasa

                                                                                                                       
KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER

Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.


No.
Kriteria
Deskripsi

 1.
BT (Belum Terlihat)
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 2.
MT (Mulai Terlihat)
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten

 3.
MB (Mulai Berkembang)
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator

 4.
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator













  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS