RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama Sekolah : SMP
Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 40 menit)
|
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI :
|
4. Mengungkapkan informasi dalam
bentuk iklan baris, resensi, dan karangan
|
|
III
|
KOMPETENSI DASAR :
|
4.2
Meresensi buku pengetahuan
|
|
IV
|
|
1. Menentukan
identitas buku yang meliputi; pengarang, tahun, judul, nama kota, penerbit,
2. jumlah
halaman, cetakan ke....
3. Menulis
ikhtisar buku yang diresensi
4. Mendata
butir-butir yang merupakan kelemahan buku dengan data dan argumen yang jelas
5. Mendata
butir-butir yang merupakan kelebihan buku dengan data dan argumen yang jelas
6.
Menuliska pendapat pribadi ke dalam paragraf
argumentasi
|
|
V
|
ALOKASI WAKTU : 6 x 40 menit ( 3 x Pertemuan
|
Pertemuan
Pertama:
Peserta didik dapat Menentukan buku
pengetahuan yang akan diresensi
Pertemuan Kedua :
Peserta didik menjelaskan kelebihan dan
kekurangan buku.
Pertemuan Ketiga
:
Peserta didik berdiskusi mengenai isi
buku dan memberi tanggapan.
|
|
VI
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah Menentukan buku
pengetahuan yang akan dibaca, siswa mampu menentukan identitas buku
b.
Setelah menentukan identitas
buku, siswa mampu menentukan langkah-langkah dalam merensi buku.
2.
Afektif :
a. Memilih buku yang akan diresensi
b. Berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan langkah-langkah dalam
meresensi buku
3.
Psikomotor :
a.
Siswa mampu mendata buku yang
akan diresensi
b.
Siswa mampu menulis
identitas buku yang diresensi
c.
Siswa Mampu
menulis ikhtisar buku yang diresensi
d.
Siswa mendata
butir-butir yang merupakan kelebihan dan kelemahan buku dengan data dan
argumen yang jelas
e.
Siswa mampu menuliskan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas
isi buku
f.
Siswa mampu memadukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam
tulisan yang utuh
|
|
VII
|
MATERI DAN
URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
STRUKTUR
TULISAN RESENSI
Sebuah resensi akan berisi
tiga bagian, yakni (1) bagian pendahuluan, (2) bagian isi, dan (3) bagian
penutup
Bagian
ini berisi karakteristik fisik sebuah buku yang diresensi.
Contoh:
Judul buku :
Bahasa Politik Pasca Orde Baru
Penulis :
Anang Santoso
Penerbit : Edatama Widya Sastra, Jakarta
Cetakan
: Pertama, Maret 2003
Tebal : ix + 273 halaman
Bagian
Pendahuluan Resensi
Bagian
pendahulua ini berisi informasi objektif tentang identitas buku. Informasi
yang haris dikemukakan kepada pembaca meliputi (1) judul atau nama buku, (2)
penulis dan penyunting (jikaada) (3) penerbit, (4) Tahun Terbit, (5) cetakan
ke; dan (6) tebal buku. Bagian pertama ini berisi faktual, berisi informasi apa adanya
tentang identitas sebuah buku
Bagian
ini merupakan bagian yang paling banyak menyita jumlah baris dan halaman.
Bagian ini menduduki persentase yang paling besar.
Langkah-langkah
memahami bagian penutup:
a. Pilih
salah satu buku ilmu pengetahuan popular.
b.
Baca bagian buku secara
keseluruhan, dari awal sampai akhir
c.
Kalian harus bekerja dalam kelompok.(5 orang)
1)
Anggota satu bertugas : memberikan penilaian terhadap
kualitas buku secara keseluruhan.
2)
Anggota kedua bertugas: memberikan penilaian terhadap
kelebihan dan kelemahan buku
3)
Anggoa ketiga bertugas : memberikan saran dan kritik
kepada penulis tentang kekurangan yang ada.
4)
Anggota keempat bertugas : memberikan saran dan kritik
kepada penerbit demi penyempurnaan penerbitan.
5)
Anggota kelima bertugas : memberikan pertimbangkan
kepada pembaca tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki, atau
tidak.
Bagian penutup sebuah resensi berisi
tentang: gabungan jawaban setip individu itu menjadi satu jawaban kelompok.
Hasilnya ditata ke dalam sebuah teks yang padu.
|
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1.
Model
pembelajaran : kelompok
2.
Pendekatan : kontekstual
3.
Metode : diskusi, tanya jawab
dan pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memilih dan menuliskan
identitas buku yang akan diresensi
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
A. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang langkah-langkah meresensi buku
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa diminta duduk berkelompok (5)
orang
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||
3
|
Siswa mencatat langkah-langkah meresensi buku
|
√
|
|||||
4
|
Siswa menuju perpustakaan
|
√
|
mampu memanfaatkan sumber belajar yang ada
|
||||
5
|
Siswa memilih buku yang akan diresensi
|
√
|
teliti
|
||||
6
|
Siswa menuliskan identitas buku
|
√
|
Ulet, tekun
|
||||
7
|
Siswa mendiskusikan hasil kerja mereka
|
√
|
Melatih ketelitian
|
||||
8
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
Jujur
dan berani
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
1.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
2.
Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dilanjutkan pada pertemun berikut, yakni
merangkum isi buku yang telah diidentifikasi hari ini.
|
PERTEMUAN KEDUA
B.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyimpulkan isi buku ilmu
pengetahuan populer
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
B. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang langkah-langkah menyimpulkan isi buku ilmu
pengetahuan
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa menuju perpustakaan
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||
3
|
Siswa diminta kembali duduk berkelompok (5) orang
|
√
|
|||||
4
|
Siswa membaca buku secara bergantian
|
||||||
5
|
Siswa siswa mencatat
pokok-pokok penting dari isi buku yang diresensi
|
√
|
mampu memanfaatkan sumber belajar yang ada
|
||||
5
|
Siswa membacakan rankuman isi buku ilmu pengetahuan yang dibaca
|
√
|
teliti
|
||||
6
|
Siswa menyimpulkan isi buku ilmu pengetahuan yang dirangkum
|
√
|
Ulet, tekun
|
||||
7
|
Siswa membacakan simpulan buku ilmu pengetahuan yang diresensi
|
√
|
Melatih ketelitian
|
||||
8
|
Siswa memberikan masukkan terhadap simpulan yang ditulis oleh temannya
|
√
|
Jujur
dan berani
|
||||
9
|
Siswa memperbaiki simpulan buku yang telah dibuat
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
3.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
4.
Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dilanjutkan pada pertemun berikut, yakni menilai
isi buku yang telah dirangkum hari ini.
|
PERTEMUAN KETIGA
C.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memberikan penilaian
terhadap kelemaham dan keunggulan buku ilmu pengetahuan
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
C. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang langkah-langkah menilai sebuah buku
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa diminta duduk berkelompok (5)
orang
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||
3
|
Siswa mendengarkan arahan dari guru tentang
langka-langkah menilai buku
|
√
|
|||||
4
|
Siswa menuju perpustakaan
|
√
|
mampu memanfaatkan sumber belajar yang ada
|
||||
5
|
Siswa mengambil kembali buku yang akan diresensi
|
√
|
Ulet, tekun
|
||||
6
|
Setelah megambil buku yang akan diresensi, siswa memberikan
penilaian terhadap kelebihan dan kelemahan buku
|
√
|
Jujur
dan berani
|
||||
7
|
Setelah memberikan
penilaian terhadap kelebihan dan kelemahan buku, siswa memberikan
penilaian terhadap kualitas buku secara keseluruhan
|
||||||
8
|
Setelah memberikan penilaian terhadap kualitas buku
secara keseluruhan , siswa memberikan saran
dan kritik kepada penulis tentang kekurangan
yang ada.
|
√
|
|||||
9
|
Setelah memberikan
saran dan kritik kepada penulis tentang kekurangan
yang ada.siswa memberikan saran dan kritik kepada penerbit
demi penyempurnaan penerbitan.
|
√
|
|||||
10
|
Setelah memberikan
saran dan kritik kepada penerbit demi penyempurnaan penerbitan, siswa memberikan pertimbangkan kepada pembaca
tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki, atau tidak.
|
√
|
|||||
11
|
Siswa memperbaiki kalimat saran dan kritik mereka.
|
√
|
|||||
12
|
|||||||
13
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
5.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
6.
Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tugas kelompok silakan dikumpulkan
|
Sumber
Belajar
a. buku
ilmu pengetahuan populer
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
Proses/
Objektif/U.Ptk
Kerja
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
||
1.
Siswa menuliskan
identitas buku
|
1.
Tuliskan identitas
buku dengan teliti dan lengkap
|
||
2. Siswa
mencatat pokok-pokok penting dari isi buku yang diresensi
|
2. catat pokok-pokok penting dari isi buku yang
diresensi
|
||
3.
Siswa menyimpulkan
isi buku ilmu pengetahuan yang dirangkum
|
3. Simpulkan isi buku ilmu pengetahuan yang dirangkum
|
||
4.
Siswa memberikan
penilaian terhadap kelebihan dan kelemahan buku
|
4. tuliskan penilaian kelompokmu terhadap
kelebihan dan kelemahan buku
|
||
5.
Siswa memberikan
penilaian terhadap kualitas buku secara keseluruhan
|
5.
tuliskan penilaian
kelompokmu terhadap isi buku secara keseluruhan
|
||
6.
Siswa memberikan saran
dan kritik kepada penulis tentang kekurangan
yang terdapat dalam buku yang diresensi.
|
6.
tuliskan saran dan
kritik kepada penulis tentang kekurangan yang terdapat dalam buku yang diresensi
|
||
7.
memberikan saran dan kritik kepada penerbit demi
penyempurnaan penerbitan.
|
7.
tuliskan saran dan
kritikan kelompokmu kepada penerbit demi penyempurnaan
penerbitan
|
||
8.
memberikan pertimbangkan kepada pembaca tentang perlu
tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki, atau tidak.
|
9.
Tuliskan argumenmu
kepada
pembaca tentang perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki, atau tidak.
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
11
|
Kemampuan menuliskan identitas buku dengan teliti dan lengkap
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
|
2
|
Kemampuan mencatat pokok-pokok penting dari isi buku
yang diresensi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Kemampuan menyimpulkan isi buku
ilmu pengetahuan yang dirangkum
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menuliskan penilaian kelompokmu terhadap
kelebihan dan kelemahan buku
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menuliskan penilaian terhadap kualitas buku secara
keseluruhan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
7
|
Kemampuan menuliskan saran dan kritik kepada penulis tentang
kekurangan yang terdapat
dalam buku yang diresensi.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
8
|
Kemampuan menuliskan saran dan
kritik kepada penerbit demi penyempurnaan penerbitan.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menuliskan pertimbangkan kepada pembaca tentang
perlu tidaknya buku tersebut dibaca dan dimiliki, atau tidak.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, November
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan :
Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok
Bahasan : Menyimpulkan isi dialog interaktif
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.
Dengarkan
dialog interaktif yang ditayangkan!
4. Masing-masing
kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5. deskripsikan
masing-masing permasalahan yang dikemukakan narasumber
6. tuliskan
kalimat pengandaian yang dikemukakan narasumber.
7. tuliskan
ungkapan-ungkapan yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8. jelaskan
arti ungkapan.....
9.
Bersama
kelompok, tentukan tema dialog interaktif tersebut!
10.
Simpulkan
isi dialog interaktif tersebut!
11. Tampilkan
hasil kerja ke depan kelas!
12. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
Menyimpulkan
dialog komentar
terhadap isi dialog
Deskriptor
|
Deskriptor
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
Kelogisan penulisan komentar
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
KRITERIA PENILAIAN
PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar