RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
IX. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN
+ 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menentukan irama yang sesuai dengan suasana
puisi
Guru
menayangkan contoh musikalisasi
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
|
|
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
musikalisasi puisi
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (6) orang
|
√
|
|
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
3
|
siswa memahami puisi yang sudah
dimusikalisasi
|
|
√
|
|
Peduli
dan teliti
|
|
|
4
|
Siswa
berdiskusi untuk menentukan puisi yang akan dinyanyikan
|
√
|
|
|
|
|
|
5
|
Siswa
membaca dan menentukan tema puisi
|
|
√
|
|
|
|
|
5
|
Siswa
membaca puisi dan menentukan Susana puisi. melalui diskusi
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
6
|
Menghubungkan
suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
|
|
√
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir
pembelajaran
|
|
Hasil
kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah siswa-siswa yang HEBAT.
Terimakasih.
1.
Suasana puisi tersebut, adalah
2.
Tema puisi tersebut adalah….
3.
Suasana puisi tersebut adalah…
4.
Tujuan yang ingin disampaikan pengarang adalah…
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan peserta didik, guru
membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tugas untuk
pertemuan berikutnya:
1. Bersama kelompok,
pilih sebuah puisi yang yang menarik, kemudian tentukan suasana puisi
tersebut, dan beri irama, atau bacakan puisi yang diiringi musik
2.bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam
memahami tugas, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via
SMS/telepon ke 01363435544 Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.
|
|
PERTEMUAN KEDUA
B.
PENDAHULUAN
+ 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai setelah
pembelajaran, yaitu kemampuan menyanyikan puisi yang sudh dimusikalisasi
|
Dapat
dipercaya
Rasa
hormat dan perhatian
|
|
|
B.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
musikalisasi puisi
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa memahami informasi yang berkaitan
dengan musikalisasi puisi
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
3
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (6) orang
|
√
|
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
4
|
Menghubungkan
suasana puisi dengan irama
musikalisasi puisi yang akan dinyanyikan
|
|
√
|
|
|
|
|
5
|
Siswa berlatih menyanyikan puisi yang
diirngi dengan musik
|
|
√
|
|
Kreatif
dan teliti
|
|
|
6
|
Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi
puisi dan suasana/irima yang dibangun
|
|
√
|
|
keberanian
|
|
|
7
|
Siswa menanggapi dan memberikan saran kepada kelompok
yang tampil.
|
|
|
√
|
Jujur
dan berani
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir
pembelajaran
|
|
1. Tampilan yang
sangat menarik.
2. Tampilan kelompok
terbaik akan dijadikan contoh untuk pembelajaran musikalisasi puisi tahun
depan dan akan disalin ke dalam bentuk CD
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan peserta didik, guru
membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
|
|
Sumber Belajar
a.
CD
Puisi yang sudah dimusikalisasi
b.
Casset,
buku kumpulan puisi
c.
Buku pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan selama
pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu memahami isi puisi
2.
Mampu menentukan suasana puisi
3.
Mampu memadukan suasana puisi dengan irama yang sesuai
4.
Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Tentukan tema puisi
2.
Tentukan tujuan yang ingin disampaikan pengarang dalam
isi puisi
3.
Tentukan suasana puisi
4.
Padukan suasana, tujuan puisi dengan irama yang sesuai
5.
Nyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan menetukan tema
puisi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan menentukan
tujuan yang ingin disampaikan pengarang dalam isi puisi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Tuntas dan perlu
pengayaan
Tuntas
Perlu remedial indikator
tertentu
4. Remedial semua materi
uji
|
3
|
Kemampuan menentukan
suasana puisi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menyelarasankan nada puisi dengan irama yang dibangun
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan
menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, Oktober 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Pertemuan
Pertama
Lembar
Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Musikalisasi
puisi
Subpokok
Bahasan : Menyanyikan puisi
yang sudah musikalisasi
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3. Baca
dan pahami puisi berikut (pilih salah satu, sesuai kesepakatan kelompok)
Contoh Puisi
4. Tentukan
tema puisi.
5. Tentukan
tujuan yang ingin disampaikan penulis puisi
6. Tentukan
suasana puisi
7. Tentukan
nada puisi sesuai dengan suasana puisi.
Pertemuan
Kedua
Lembar
Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Musikalisasi
puisi
Subpokok
Bahasan : Menyanyikan puisi
yang sudah musikalisasi
Kelas/Semester : IX/1
B. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3. Baca
dan pahami kembali puisi yang telah dipilih
4. Tentukan
nada puisi sesuai dengan suasana puisi.
5. Bersama
kelompok, nyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi ke depan kelas
|
|
0 komentar:
Posting Komentar