RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama Sekolah : SMP
Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah Pertemuan : 1 x
Pertemuan (2 x 40 menit)
|
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI :
|
5. Memahami wacna sastra jenis syair
melalui kegiatan mendengarkan syair
|
|
III
|
KOMPETENSI DASAR :
|
5.1. Menentukan
tema dan pesan syair yang diperdengarkan.
|
|
IV
|
Indikator Proses
|
1.
Mendengarkan syair
2.
Menuliskan syair
yang didengar
3.
Menentukan kata
sulit dalam syair
4.
Menentukan tema
syair
5.
Menentukan pesan
syair
|
|
V
|
ALOKASI WAKTU : 2 x 40 menit
|
VI
|
Tujuan
Pembelajaran
|
2. Mampu menangkap
pesan syair
|
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah mendengarkan syair siswa dapat menuliskan
syair yang didengar
b.
Setelah menuliskan
syair, siswa dapat menentukan kata sulit dalam syair yang didengar.
c.
Setelah menentukan
kata sulit dalam syair yang didengar, siswa mampu mendeskripsikan maksud
syair
d.
Setelah mendeskripsikan
maksud syair, siswa dapat menentukan tema syair
e.
Setelah menentukan
tema syair, siswa dapat menentukan pesan syair
f.
Setelah menentukan
pesan syair siswa dapat menyimpulkan isi syair
2.
Afektif :
a. Setelah mendengarkan syair, siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
b. Setelah mendengarkan syair, siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
c. Setelah memberikan ide/gagasan
dalam berdiskusi.siswa mampu mengomentari dan mengaitkan isi syair dengan
situasi kehidupan saat ini
d. Setelah mendengarkan syair, siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.
Psikomotor :
a.
Siswa mendengarkan syair
b.
Siswa dalam kelompok menuliskan dan mendeskripsikan syair yang didengar
c.
Siswa menuliskan/
menyampaikan hasil kerja kelompok ke depan kelas
|
|
VII
|
MATERI DAN
URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
Rekaman
Syair, cuplikan syair
Prinsip : Syair
termasuk ke dalam bentuk puisi lama dengan ciri-ciri khusus:
1.
Syair. Terdiri dari empat baris dalam sebait. Keempat
baris itu merupakan isi. Yang bersajak a-a-a-a
Syair bersal dari
pengaruh Islam, masuk kedalam sastra Indonesia yang dibawa oleh pedagang
Gujarat, Parsi, dan Arab
2.
Isi Syair : syair biasanya melukiskan hal-hal yang
panjang : misalnya menyangkut cerita, nasihat, uraian-uraian ilmu,
aturan-aturan agama dan lain-lain. Syair biasanya karya yang diciptakan untuk
didengar ( Bahasa Arab Syi’run, artinya lagu atau nyanyian ; Sya’ara =
menyanyi.
3.
Pokok-pokok yang dikarang menjadi syair biasanya hal-hal mengenai ;
keagamaan, epos (cerita kepahlawanan; syair panjang yang menceriakan riwayat
perjuangan seorang pahlawan), cerita romantik, ilmu pengetahuan, didaktik
Fakta : Contoh syair:
a.
cuplikan syair Bidasari:
Bismillah itulah
permukaan kalam
Dengan nama allah
Khalikul-alam,
Melimpahkan rahmat
siang dan malam
Pada segala mukmin
dan Islam.
b.
Cuplikan syair Abdul Muluk:
Setelah didengar
Abdul Muluk,
Tersenyum sedikit
lalulah tertunduk,
Dipandang baginda
terlalu elok,
Sedap manis tiada
bertolok
Bangkit berdiri
muda bangsawan,
Lemah lebut
malu-maluan
Dipegang tangan
adinda tuan
Dibawanya masuk ke
dalam peraduan.
c.
Syair Prahu:
Inilah gerangan
suatu madah,
Mengarangkan syair
terlalu indah
Membutuhi jalan
tempat berpindah
Di sanalah itikad
diperbentuk sudah
Wahai muda kenali
dirimu,
Ialah perahu tamsil
tubuhmu,
Tiada berapa lama
hidupmu,
Ke akhirat juga
kekal hidupmu
Hai muda arif
budiman,
Hasil kan kemudi
dengan pedoman,
Alat perahu jua
kerjakan,
Itulah jalan
pembentuk insan.
|
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1.
Model
pembelajaran : kelompok
2.
Pendekatan : kontekstual
3.
Metode : diskusi, tanya jawab
dan pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan memahami syair
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
||||
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang syair
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||||||
2
|
Siswa
memahami informasi yang berkaitan dengan puisi
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||||||
3
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||||||
4
|
siswa mendengarkan syair yang diputarkan melalui tape recorder/
cuplikan yang dibacakan oleh guru
|
√
|
Peduli
dan teliti
|
||||||||
5
|
Siswa mendeskripsikan syair
yang didengar.
|
√
|
teliti
|
||||||||
6
|
Siswa menentukan arti kata sulit di dalam syair
|
√
|
|||||||||
7
|
Siswa menentukan tema syair.
|
√
|
teliti
|
||||||||
8
|
Guru membantu siswa/kelompok yang mengalami kesulitan dalam memahami
materi
|
√
|
|||||||||
9
|
Siswa menentukan pesan syair
|
√
|
Kreatif
dan teliti
|
||||||||
10
|
Siswa menyimpulkan isi syair.
|
√
|
kerjasama
|
||||||||
11
|
Siswa menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
|
√
|
keberanian
|
||||||||
12
|
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.
|
√
|
Jujur
dan berani
|
||||||||
13
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
||||||||
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|||||||||
KEGIATAN AKHIR
|
|||||||||||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, wajib menguraikan maksud syair yang terdapat
di dalam bahan ajar, halaman… bait perta dan kedua.
2.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, wajib menguraikan maksud syair yang terdapat di dalam
bahan ajar, halaman….
3. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas yang
berhubungan dengan syair, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau
kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.
|
|||||||||||
Sumber Pembelajaran
1. Rekaman Syair 12 karya raja Ali Haji , Sastra Indonesia Bagian Indonesia Klasik Jilid 2
Oleh Amron Parkimin dan Noor Bari, hal 171-178
2. Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu mendeskripsikan
syair yang didengar
2.
Mampu menentukan makna
kata sulit dalam syair
3.
Mampu menentukan tema
syair
4.
Mampu menentukan pesan
syair
5.
Mampu menyimpulkan isi
syair
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1. deskripsikan syair yang didengar
2. tentukan makna kata sulit dalam syair
3. tentukan tema syair
4. tentukan pesan syair
5. simpulkan isi syair
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan mendeskripsikan syair yang
didengar
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan menentukan
makna kata sulit dalam syair
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Kemampuan menentukan tema syair
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menentukan pesan syair
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menyimpulkan
isi syair
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, September
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, MM
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Contoh soal Objektif :
Lembar Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Mendengarkan syair
Subpokok
Bahasan : Menemukan tema dan pesan syair
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah LKS secara berkelompok di kertas double folio!
3.
Dengarkan
syair yang akan diputarkan!
4. Masing-masing
kelompok mendeskripsikan syair
yang diperdengarkan.
5. Masing-masing kelompok menenmukan makna kata sulit di
dalam syair yang didengar
6. Masing-masing kelompok menuliskan tema syair.
7. Masing-masing kelompok menuliskan pesan syair.
8.
Masing-masing
kelompok menuliskan simpulan syair
9. Tampilkan
hasil kerja ke depan kelas!
10. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
- Untuk siswa putri : Syair Bidasari (anonim/tanpa nama pengarang)
- Untuk siswa putra: Syair perahu oleh Hamzah Fansuri
Syair perahu oleh
Hamzah Fansuri Syair Bidasar(tanpa
nama pengarang /anonim)
Inilah gerangan suatu
madah, Bismillah
itu permulaan kalam
Mengarangkan syair
terlalu indah, Dengan
nama Allah Khalikul-alam
Membutuhi jalan
tempat berpindah, melimpahkan
rahmat siang dan malam
Di sanalah itikad
diperbetuli sudah. Pada
segala mukmin dan islam
Wahai muda, kenali
dirimu, Dengarkan
tuan suatu riwayat
Itulah perahu tamsil
tubuhmu, Raja
di desa negeri Kembayat,
Tiadalah berapa lama
hidupmu Dikarangkan
pakir jadi hikayat,
Ke akhirat juga kekal
diamu. Disejukkan
dengan syair ibarat
Hai muda, harif
budiman, Adalah
raja sebuah negeri,
Hasilkan kemudi
dengan pedoman, Sultan
Angkasa bijak bestari,
Alat perahu jua
kerjakan, Asal
Baginda raja yang bahari,
Itulah jalan
membetuli insan. Limpah
adil pada dagang senteri.
....................................................
Perteguh jua alat
perahumu, Garuda
menyambar ke dalam desa,
Hasilkan bekal air
dan kayu, Habislah
negeri rusak binasa
Dayung pengayuh taruh
di situ, Disambar
garuda burung angkasa
Supaya laju perahumu
itu. Kelam
kabut, sabur termasa
Sudahlah hasil kayu
dan air, Baginda
di balai dihadap menteri
Angkatlah pula sauh
dan layar, Mendengarkan
gempar seisi negeri,
Pada beras bekal
janganlah taksir, Terkejut
bertitah baginda sendiri:
Niscaya sempurna
jalan yang khabir. “Mengapa
kamu datang berlari?”
Perteguh jua alat
perahumu, Demi
didengar titah baginda,
Muaranya sempit
tempatmu lalu, Berdatang
sembah seorang biduanda:
Banyaklah di sana
ikan dan hiu “Daulat
tuanku, duli seripada,
Menanti perahumu lalu
dari situ. Patik
sekalian dihambat garuda”
.................................................
Muaranya dalam,
ikanpun banyak, Hulubalang,
menterri larilah fana
Di sanalah perahu
karam dan rusak, Bagindapun
masuk ke dalam istana,
Karangnya tajam
seperti tombak, Tuan
putri Puspa Ratna
Ke atas pasir kamu
tersesak. Hatinya
terkejut terlalu bena
............................................ Tuan putri itu hamil
delapan bulan,
Baiklah perahu engkau
perteguh, Bertambah
sangat kesukran.
Hasilkan pendapat
dengan tali sauh, Dibawa
baginda turun berjalan
Anginnya keras
ombaknya cabuh, Suatupun
tidak perbekalan.
La ilaha illa’llah
akan tali yang teguh.
Setelah
sampai ke dalam hutan,
Barang siapa yang
bergantung di situ, sesat
barat dengan ketakutan.
Teduhlah selalu yang
rencam itu, Baginda
tidak tahukan jalan.
Pedoman betuli
perahumu laju, Putripun
sakit dengan keberatan
Selamat engkau ke
pulau itu. ...................................................
KRITERIA PENILAIAN
PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar