RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menulis iklan baris
.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
iklan baris
|
√
|
|
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa mengamati iklan baris dan
iklan kolom yang mereka bawa dari rumah
|
√
|
|
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
3
|
Siswa diminta
duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
|
Sukses hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
4
|
Setelah memperhatikan iklan baris dengan cermat, siswa dapat membahasakan iklan baris ke
dalam bentuk narasi
|
|
√
|
|
Peduli dan teliti
|
|
|
5
|
Setelah membahasakan
iklan baris ke dalam bentuk narasi, siswa mendiskusikan dan mengelompokkan
model-model penyingkatan dalam iklan baris.
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
6
|
Setelah mengelompokkan
model-model penyingkatan dalam iklan baris, siswa mampu menjelaskan
arti kata-kata yang disingkat tersebut
|
|
√
|
|
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran; melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, mendeskripsikan dua iklan dan menjelaskan arti kata-kata yang
disingkat dalam iklan baris tersebut
2.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, mendeskripsikan satu iklan dan menjelaskan arti
kata-kata yang disingkat dalam iklan baris tersebut.
3. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan
menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti,
atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id .
|
|
PERTEMUAN KEDUA
B.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang pembelajaran sebelumnya tentang iklan baris
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menulis iklan baris.
.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
B.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
iklan baris
|
√
|
|
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa mengamati iklan baris yang
mereka bawa dari rumah
|
√
|
|
|
ketelitian
|
|
|
3
|
Siswa diminta
duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
|
Sukses hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
4
|
Setelah memperhatikan iklan baris dengan cermat, siswa dapat menentukan objek yang akan
diiklankan
|
|
√
|
|
Peduli dan teliti
|
|
|
5
|
Setelah menentukan
objek yang akan diiklankan, siswa mampu menulis iklan baris sesuai dengan
tujuannya .
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
6
|
Setelah
menuliskan iklan baris, siswa mampu menyunting iklan baris dari segi :
a. pilihan kata
b. ketepatan penyingkatan kata
c. keefektifan kalimat
|
|
|
|
Ketelitan, kecerdasan
|
|
|
7
|
Siswa
mempragakan/menuliskan/membacakan hasil kerja kelompok ke depan kelas
|
|
|
|
keberanian
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
4.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, menulis dua contoh iklan baris dengan objek yang berbeda
5.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, menulis satu contoh iklan baris dengan objek yang
menarik.
6. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami dan
menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti,
atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id .
|
|
Sumber
Belajar
a. Media cetak
/ surat kabar
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Kognitif :
e. Mampu membahasakan iklan baris ke dalam bentuk
deskripsi
f. Mampu menjelaskan arti kata-kata yang disingkat
tersebut.
g. Kemampuan Menentukan dan menuliskan objek yang akan
diiklankan
h. Kemampuan menuliskan iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
e. Setelah menulis iklan baris
siswa menyunting iklan baris
2.
Afektif :
a. kemampuan mendiskusikan dan mengelompokkan
model-model penyingkatan dalam iklan baris.
b. kemampuan memperhatikan iklan baris yang disediakan guru atau yang dibawa
mereka dari rumah dengan cermat
c. kemampuan memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
d. kemampuan memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
e. kemampuan menanggapi hasil kerja tersebut.
3. Psikomotor :
a. kemampuan membaca iklan yang mereka bawa/disediakan guru
b. kemampuan menuliskan tujuan iklan baris ke dalam bentuk narasi
c. kemampuan mengelompokkan kata-kata yang disingkat
d. kemampuan menulis contoh iklan baris.
e. kemampuan menyunting iklan baris
f. kemampuan menyampaikan hasil tugas ke depan kelas
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Kognitif :
a. Bahasakan atau uraikan iklan baris ke dalam bentuk
deskripsi
b. Jelaskan arti kata-kata yang disingkat di dalam iklan tersebut.
c. tentukan dan tuliskan objek yang akan diiklankan
d. Tulis satu contoh iklan baris sesuai dengan objek yang
dipilih dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas
e. Sunting iklan baris yang telah ditulis
ke dalam bentuk kalimat yang efektif dan pilihan kata yang tepat.
2. Afektif :
a. Kemampuan dan kemauan membawa iklan baris dari rumah
b. kemampuan mendiskusikan dan mengelompokkan
model-model penyingkatan dalam iklan baris.
c. kemampuan memperhatikan iklan baris yang disediakan guru atau yang dibawa
mereka dari rumah dengan cermat
d. kemampuan memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
e. kemampuan memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
f. kemampuan menanggapi hasil kerja tersebut.
3. Psikomotor :
a. membaca iklan yang mereka bawa/disediakan guru
b. menuliskan tujuan iklan baris ke dalam bentuk narasi
c. mengelompokkan kata-kata yang disingkat
d. menulis contoh iklan baris.
e. menyunting iklan baris
f. menyampaikan hasil tugas ke depan
kelas
|
Aspek Penilaian kognitif Hasil
Belajar, bobot, dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
membahasakan iklan
baris ke dalam bentuk deskripsi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
menjelaskan arti kata-kata yang disingkat dari iklan
baris
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Menentukan dan menuliskan objek yang akan diiklankan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
menuliskan iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Aspek Penilaian Afektif Hasil
Belajar, bobot, dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemauan membawa
iklan baris dari rumah
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas
dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
2
|
Kemampuan mendiskusikan dan mengelompokkan
model-model penyingkatan dalam iklan baris
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
3
|
kemampuan memperhatikan
iklan baris yang disediakan guru atau yang dibawa mereka dari rumah dengan
cermat
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
kemampuan
memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
kemampuan
memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
kemampuan
menanggapi hasil kerja tersebut.
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Aspek Penilaian psikomotor Hasil
Belajar, bobot, dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
kemampuan
membaca iklan yang mereka bawa/disediakan guru
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas
dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
|
2
|
kemampuan
menuliskan tujuan iklan baris ke dalam bentuk narasi
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
3
|
kemampuan
mengelompokkan kata-kata yang disingkat
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
kemampuan menyampaikan hasil tugas ke depan kelas
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, September
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Waktu 4
x 40 menit (2 x pertemuan)
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan : Menulis Iklan
Subpokok Bahasan : Menulis Iklan baris
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
LANGKAH-LANGKAH
1.
Kerjakan setiap perintah dalam LKS ini secara berkelompok
2.
Baca baca contoh iklan
baris yang terdapat dalam materi ajar dengan teliti
3.
Tentukan objek yang diiklan dari iklan yang dibaca.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
Tentukan unsur-unsur yang diiklankan. …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Tandai/catat kata-kata
yang disingkat.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6.
Jelaskan arti kata yang disingkat.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.
Tuliskan iklan rumah,mobil, hp yang kamu miliki dengan bahasa
yang komunikatif.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
Padang, September 2012
Guru
Mata Pelajaran
Marlini
T, M.Pd
NIP
196803199802 2001
KRITERIA PENILAIAN
PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
|
|
||||
0 komentar:
Posting Komentar