RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
|
Nama Sekolah : SMP
Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah Pertemuan : 4 x 40 menit ( 2
pertemuan )
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI :
|
|
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan
baris, , dan karangan
|
III
|
KOMPETENSI DASAR :
|
|
4.3. Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, pilihan kata keefektifan kalimat, keterpaduan paragraph
, dan kebulatan wacana.
|
IV
|
Indikator Proses
|
|
3.
Memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana
dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
|
V
|
ALOKASI WAKTU : 6 x 40 menit
|
VI
|
Tujuan
Pembelajaran
|
|
1. Pertemuan Pertama:
Siswa dapat Membaca teks karangan dan Mendiskusikan
teks untuk menandai kesalahan
ejaan, pilihan kata.
2. Pertemuan Kedua
:
Siswa Mendiskusikan teks, menandai ketidakefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
3. Pertemuan Ketiga :
Siswa dapat Memperbaiki kesalahan
ejaan, pilihan kata, keefektifan
kalimat, keterpadiuan paragraf, dan
kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang
benar.
|
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah Mendiskusikan teks untuk menandai kesalahan ejaan, pilihan kata, siswa mampu memperbaiki
kesalahan penulisan ejaan dan pilihan kata.
b.
Setelah Mendiskusikan teks, siswa
menandai ketidakefektifan kalimat, ketidakpaduan paragraf, dan ketidakbulatan
wacana, siswa mampu memperbaiki kalimat yang tidak efektif dan paragraf yang
tidak padu dan ketidakbulatan wacana.
2.
Afektif :
a. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
b. Kemampuan memberikan ide atau gagasan dalam berdiskusi kelompok.
c. Kemampuan memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3.
Psikomotor :
a.
Siswa membaca teks
yang akan disunting
b.
Siswa menandai
kesalahan ejaan, dan tanda baca
c.
Siswa menandai
kesalahan pilihan kata
d.
Siswa menandai
ketidakefektifan kalimat
e.
Siswa memperbaiki
kesalahan ejaan, dan tanda baca
f.
Siswa memperbaiki
kesalahan pilihan kata
g.
Siswa memperbaiki
ketidakefektifan kalimat
h.
Siswa memperbaiki
ketidakpaduan paragraf
i.
Siswa memperbaiki
ketidakpaduan wacana
|
VII
|
MATERI DAN
URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
|
Pengertian Menyunting:
Menyunting : : memperbaiki
kesalahan yang terdapat pada sebuah wacana, baik kesalahan ejaan, penggunaan
kata maupun susunan/ keefektifan kalimat.
Paragraf Padu: Paragraf
yang berisi pokok kalimat dan penjelasannya dalam satu paragraf.
Paragraf tidak padu :
berisi kalimat pokok, namun penjelasannya ada pada paragraf lain.
Ciri-ciri kalimat efektif:
menggunakan struktur yang jelas. Makna kalimat tidak ambigu. Penulisan sesuai
dengan kaidah bahasa Indonesia.
Ciri-ciri paragraf padu:
adanya kesatuan isi. Pemakaian struktur kalimat yang benar. Kohesi dan
koherensi atau menarik dan bersambungan.
Menyunting bermanfaat bagi
penulisnya, penyuntingnya, dan pembacanya.
Langkah menyunting:
Membaca teks karya tulis
dengan cermat
memberi tanda koreksi pada
bagian tulisan yang telah ditengarai/yang telah diidentifikasi kesalahannya.
tulisakan koreksi atau
perbaikan di dekat bagian yang telah ditandai
tuliskan kembali teks dengan memperhatikan
hasil penyuntingan
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
|
1.
Model
pembelajaran : kelompok
2.
Pendekatan : kontekstual
3.
Metode : diskusi, tanya jawab
dan pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
a. Guru menginformasikan KD dan
indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting
tulisan (menandai
dan memperbaiki kesalahan ejaan,
pilihan kata).
b. Siswa dan guru
berdiskusi tentang langkah-langkah dalam memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun
Tanggung jawab, kerjasama
|
|
|
A. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang Menyunting
tulisan (kesalahan
ejaan, pilihan kata)
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa
memahami informasi yang berkaitan dengan kesalahan ejaan,
pilihan kata dalam sebuah tulisan
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
3
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
4
|
Siswa membaca contoh penulisan ejaan dan tanda baca
di dalam buku Ejaan
|
|
√
|
|
kreatif
|
|
|
5
|
siswa menerima cuplikan wacana yang akan diperbaiki
|
|
√
|
|
Peduli
dan teliti
|
|
|
6
|
Siswa menandai kesalahan
penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca.
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
7
|
Siswa memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam
wacana yang dibaca
|
|
√
|
|
ketelitian
|
|
|
8
|
Siswa menghitung jumlah kesalahan dalam wacana yang dibaca.
|
|
|
√
|
teliti
|
|
|
9
|
Siswa menerima wacana yang kedua untuk diperbaiki.
|
|
|
√
|
Kreatif
dan teliti
|
|
|
10
|
Siswa memenemukan kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku
yang disepakati
|
|
√
|
|
kerjasama
|
|
|
11
|
Siswa memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku
yang disepakati
|
|
|
√
|
keberanian
|
|
|
12
|
Siswa menukarkan hasil kerja mereka dengan kelompok lain untuk
diperiksa ulang .
|
|
|
√
|
Jujur
dan berani
|
|
|
13
|
Siswa menandai hasil kerja kelompok lain dan mengembalikan kepada
kelompok semula.
|
|
|
√
|
ketelitian
|
|
|
14
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
|
|
√
|
ketelitian
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
1.
bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diktahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru
membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini
silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di
papan pengumuman.
Tugas untuk:
1. Kelompok yang nilainya sama dan di atas KKM, menyunting
dua paragraf. Teks bisa diambil di meja ibu nanti siang atau ibu kirim ke email
kalian.
2. Kelompok yang nilainya di bawah KKM, menyunting dua
paragraf. Teks bisa diambil di meja ibu nanti siang atau ibu kirim ke email
kalian.
3. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam
memahami dan menyimpulkan dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang
sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui
email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.
|
|
PERTEMUAN KEDUA
B.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
a. Guru menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai setelah
pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting tulisan (menandai ketidakefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana).
b. Siswa dan guru
berdiskusi tentang langkah-langkah dalam memperbaiki ketidakefektifan
kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun
Tanggung jawab
|
|
|
B. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang Menyunting
tulisan (kesalahan
ejaan, pilihan kata)
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Siswa
memahami informasi yang berkaitan dengan kesalahan ejaan,
pilihan kata dalam sebuah tulisan
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
3
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
4
|
Siswa membaca contoh penulisan ejaan dan tanda baca
di dalam buku Ejaan
|
|
√
|
|
Peduli
dan teliti
|
|
|
5
|
siswa menerima cuplikan wacana yang akan diperbaiki
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
6
|
Siswa menandai kesalahan
penulisan ejaan dan tanda baca dalam wacana yang dibaca.
|
|
√
|
|
|
|
|
7
|
Siswa memperbaiki kesalahan penulisan ejaan dan tanda baca dalam
wacana yang dibaca
|
|
|
√
|
teliti
|
|
|
8
|
Siswa menghitung jumlah kesalahan dalam wacana yang dibaca.
|
|
|
√
|
Kreatif
dan teliti
|
|
|
9
|
Siswa menerima wacana yang kedua untuk diperbaiki.
|
|
√
|
|
kerjasama
|
|
|
10
|
Siswa memenemukan kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku
yang disepakati
|
|
|
√
|
ketelitian
|
|
|
11
|
Siswa memperbaiki kesalahan ejaan dan tanda baca dengan kecepatan waku
yang disepakati
|
|
|
√
|
Jujur
dan berani
|
|
|
12
|
Siswa mempresentasikan hasil kerja mereka ke depan kelas
|
|
|
√
|
ketelitian
|
|
|
13
|
Siswa menanggapi hasil kerja kelompok yang ditampilkan.
|
|
|
|
keberanian
|
|
|
14
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka
|
|
|
|
kejujuran
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
Hasil kerja kelompok yang luar biasa. Kalian adalah
siswa-siswa yang HEBAT. .
1.
Jenis kesalahan
yang ditemukan, meliputi….
a.
…………………….
b.
……………………..
c.
……………………..
d.
……………………
2. Perbaikan yang benar adalah………(menampilkan salah
seorang siswa)
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
4.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, memperbaiki/menyunting 2 paragraf (paragraph
disediakan, dan silkan diambil di meja ibu)
5.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, menghafalkan penggunaan tanda baca dan ejaan, yang
meliputi,
a.
Penggunaan huruf
capital (5 contoh penggunaan)
b.
Penggunaan tanda
baca(5 contoh penggunaan).
c.
Menyunting satu
paragraph yang disediakan
6. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi menyunting
karangan/tulisan, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak
via SMS/telepon 081363435544. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.
|
|
Penilaian oleh teman sejawat
Contoh Aspek Penilaian penulisan ejaan
Nama :
Kelas:
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Jumlah kesalahan dan Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|||
0
|
1-5
|
6-10
|
> 10
|
|
|||
1
|
Kesalahan ejaan
|
15
|
15
|
10-14
|
7-10
|
< 6
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu
remedial indikator yang
belum tuntas
4. Remedial semua materi uji
|
2
|
Kesalahan
tanda baca
|
10
|
10
|
7-9
|
4-6
|
< 4
|
|
3
|
Pilihan
kata
|
20
|
20
|
15-19
|
7-14
|
< 6
|
|
4
|
Kalimat efektif
|
30
|
30
|
20-29
|
10-19
|
< 10
|
|
5
|
Kepaduan
paragraf
|
25
|
25
|
20-25
|
10-19
|
< 10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Jumlah
Nilai
|
100
|
100
|
?
|
?
|
?
|
Penilai………………..
Contoh Aspek Penilaian penulisan ejaan
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Jumlah kesalahan dan Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
1
|
Kemampuan memperbaiki Kesalahan ejaan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu
remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
|
2
|
Kemampuan
memperbaiki Kesalahan penggunaan tanda baca
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
3
|
Kemampuan
memperbaiki Kesalahan
penggunaan Pilihan kata dan imbuhan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan memperbaiki Kesalahan penggunaan
Kalimat tidak efektif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan
menulis paragraf yang padu
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
100
|
100
|
?
|
?
|
?
|
Padang, Oktober 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA.
MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
PERTEMUAN KETIGA
C.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
a. Guru menginformasikan KD dan
indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menyunting
tulisan (Memperbaiki
kesalahan ejaan, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan
paragraf, dan kebulatan wacana dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan
bentuk yang benar).
b. Siswa dan guru
berdiskusi tentang langkah-langkah dalam Memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpadiuan paragraf, dan kebulatan wacana
dengan cara mengganti bentuk yang salah dengan bentuk yang benar.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat Tekun
Tanggung jawab
|
|
|
C. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
|
√
|
|
|
|
|
|
2
|
|
√
|
|
|
|
|
|
3
|
|
√
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
√
|
|
Peduli
dan teliti
|
|
|
5
|
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
6
|
|
|
√
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
√
|
teliti
|
|
|
8
|
|
|
|
√
|
Kreatif
dan teliti
|
|
|
9
|
|
|
√
|
|
kerjasama
|
|
|
10
|
|
|
|
√
|
keberanian
|
|
|
11
|
|
|
|
√
|
Jujur
dan berani
|
|
|
12
|
|
|
|
√
|
ketelitian
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
7.
|
|
Sumber
Belajar
a. Media
cetak / surat kabar/YU TUBE
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu mendeskripsikan
secara singkat isi dialog interaktif
2.
Mampu mendata tiga hal
penting dalam dialog interaktif
3.
Mampu menentukan tema
dialog interaktif
4.
Mampu menentukan
ungkapan dan maknanya yang terdapat dalam dialog interaktif
5.
Mampu menentukan
hal-hal yang paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar
6.
Mampu menyimpulkan isi
dialog interaktif
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Deskripsikan isi
dialog ke dalam satu paragraf!
2.
Tuliskan tiga hal
penting dari dialog interaktif yang telah didengar!
3.
Tuliskan tema dialog
interaktif tersebut!
4.
Tuliskan ungkapan yang
terdapat dalam dialog interaktif yang didengar, dan tuliskan makna ungakapan
tersebut!
5.
Tuliskan hal yang
paling menarik dalam dialog interaktif yang didengar dengan alasan yang
logis!
6.
Simpulkan isi dialog
interaktif yang telah di dengar ke dalam satu paragraf deskripsi.
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan mendeskripsikan isi dialog ke dalam satu paragraf
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan menentukan tiga hal penting dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Kemampuan menuliskan tema dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menentukan ungkapan dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, Juli
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan :
Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok
Bahasan : Menyimpulkan isi dialog interaktif
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.
Dengarkan
dialog interaktif yang ditayangkan!
4. Masing-masing
kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5. deskripsikan
masing-masing permasalahan yang dikemukakan narasumber
6. tuliskan
kalimat pengandaian yang dikemukakan narasumber.
7. tuliskan
ungkapan-ungkapan yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8. jelaskan
arti ungkapan.....
9.
Bersama
kelompok, tentukan tema dialog interaktif tersebut!
10.
Simpulkan
isi dialog interaktif tersebut!
11. Tampilkan
hasil kerja ke depan kelas!
12. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
Menyimpulkan
dialog komentar
terhadap isi dialog
Deskriptor
|
Deskriptor
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
Kelogisan penulisan komentar
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
KRITERIA PENILAIAN
PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
|
|
||||
0 komentar:
Posting Komentar