RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama Sekolah : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2
x Pertemuan (2 x 40 menit)
|
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI
|
Memahami ragam wacna tulis dengan membaca intensif
dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
|
|
III
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1. Membedakan antara fakta dan opini
dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
|
|
IV
|
|
|
|
V
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah mengidentifikasi teks iklan siswa dapat menentukan kalimat
fakta dalam iklan.
b.
Setelah mengidentifikasi teks iklan siswa dapat menentukan kalimat
opini dalam iklan.
c.
Setelah mengidentifikasi teks iklan siswa dapat membedakan antara fakta
dan opini
d.
Setelah membedakan teks fakta dan opini dalam iklan, siswa dapat
menulis contoh kalimat fakata dan kalimat opini.
2.
Afektif :
a. Setelah mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan, siswa berdiskusi
untuk menentukan fakta dan opini
b. siswa menghargai pendapat teman dalam
berdiskusi
c. siswa saling
memberikan ide/gagasan dalam brdiskusi dalam kelompok
d. siswa
mandiri dan ulet dalam memahami dan
menguraikan materi
a. Siswa menulis contoh
kalimat fakta dan opini dalam kelompok
b. Siswa menulis contoh
kalimat fakta dan opini ke depan kelas
|
|
VI
|
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
Suatu hal/keadaan/peristiwa yang merupakan
kenyataan atau benar-benar terjdi dan dapat dibuktikan.
Contoh kalimat fakta :
a.
Berbekal Rp750.000,00 hasil menjual gelang, kalung, dan
cicin miliknya, Susi mulai jadi pengepul ikan pada tahun 1983.
b.
Di Indonesia, pendapatan Telkom dari layanan telepon
kabel hingga agustus 2010 mengalami penurunan 7,5% jika dibandingkan dengan
periode yang sama tahun 2009. Penurunan paling drastis pada periode Agustus
2008 hingga Agustus 2009, mencapai 16,7%
Pendapat atau pikiran atau pendirian seseorang
tentang sesuatu disertai alasan yang kuat.
Kalimat opini/pendapat, biasanya terdapat
kata-kata yang mengandung nilai subjektif seperti sebaiknya, mungkin,
barangkali, menurut saya,agaknya, dll.
Contoh kalimat opini/pendapat :
a.
Walau sudah tidak banyak diminati pelanggan, telepon
kabel masih punya peluang dengan strategi penjualan yang beragam.
b.
Operator seluler berlomba-lomba memasang tarif
supermurah, tetapi belum tentu semuanya memiliki infrastruktur (prasarana) jaringan
yang kuat.
1.
Mendeskripsikan fakta
dalam ikan
Dalam iklan disajikan sejumlah fakta-fakta
produk yang diiklankan secara lengkap, yang mencakup identitas produk yang
ditawarkan(nama, jenis, produsen, komposisi, kegunaan, dan saran penggunaan
produk secara lengkap.
2.
Mendeskripsikan opini dalam iklan
Iklan yang sukses adalah iklan yang berhasil
membujuk dan menggerakkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan
dengan bahasa yang persuasif dan didukung oleh fakta-fakta pendukung sesuai
dengan barang-jasa yang ditawarkan.
|
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1.
Model pembelajaran : Ingkuiri
2.
Pendekatan : Kontekstual
3.
Metode : diskusi, tanya jawab
dan pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A. PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter/keterampilan
|
Terlaksana (ya/tdk)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai setelah
pembelajaran, yaitu kemampuan menentukan fakta dan opini.
Guru
menuliskan/mengilustrasikan contoh fakta dan opini
a.
Buk Marlin saat ini, adalah guru atau instruktur bidang
studi bahasa Indonesia di sekolah Pembangunan Laboratorium UNP
b.
Ibuk Marlin yakin, siswa kelas IX SMP Pembangunan
Laboratorium UNP Tahun 2012 akan lulus 100%
|
Dapat
dipercaya
Rasa hormat
dan perhatian
Tekun
Tanggung
jawab
Berani
|
A. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana
Y/T
|
Sasaran Perbaikan
|
1
|
Siswa duduk berkelompok
|
||||||
2
|
Siswa memahami penjelasan guru tentang fakata dan opini
|
||||||
3
|
Siswa
membaca teks iklan yang dibawa dari rumah
|
√
|
Peduli,
teliti
|
||||
4
|
siswa menandai
fakta dalam teks iklan
|
√
|
Teliti, tekun
|
||||
5
|
Siswa menandai opini dalam teks iklan
|
√
|
Teliti, tekun
|
||||
6
|
Siswa membedakan antara fakta dan opini
|
√
|
Peduli dan teliti
|
||||
7
|
Siswa menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
|
√
|
Berani, kreatif
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Siswa dipandu guru menyimpulkan
pelajaran: setelah mempelajari materi ‘Fakta dan Opini dalam teks iklan’ maka dapat kita
simpulkan bahwa:
1.
2.
3.
4.
5.
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok
hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti
siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.
Masing-masing kelompok, membawa dua buah teks iklan yang berhubungan
dengan pendidikan.
2.
Kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam iklan pendidikan, silakan
menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim
pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
1.
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa tentang fakta
dan opini
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3.
Guru membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa pada pembelajaran hari ini
|
Sumber Belajar
a. Media cetak / surat kabar
b. Buku pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
1. Mampu mendata fakta
yang ada dalam teks iklan
2. Mampu mendata opini
yang ada dalam teks
3. Mampu membedakan fakta dan opini dalam teks
iklan
|
Penugasan individual/kelompok
|
Esai, objektif
|
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Siswa menandai fakta dalam iklan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas
dan perlu pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial
semua materi uji
|
2
|
Siswa menandai opini dalam teks iklan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
3
|
Peserta didik menulis 4
atau lebih fakta
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Peserta didik menulis 4
atau lebih opini
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
FAKTA DAN PENDAPAT
Fakta:
objektif/apa adanya
Contoh
kalimat faktual:
- Gempa bumi tektonik belakangan ini tidak hanya terjadi di Indonesia.
- Awal tahun 2007, di Indonesia terjadi kecelakaan transportasi darat, laut, dan udara.
- Presiden Republik Indoensia dipilih langsung oleh rakyat sejak tahun 2004.
Pendapat:
subjektif/ ada unsur penilaian, hasil pemikiran tentang sesuatu, ada maksud
mempengaruhi.
Contoh
kalimat pendapat:
- Menurut Suryanto, terpuruknya sejumlah sentra usaha kecil itu, dipastikan akan membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan.
- Bila semua siswa di Indonesia gemar membaca, negara kita akan cepat maju.
- menurut saya, sebabagaian siswa akan lebih senang mencari informasi melalui internet daripada membaca surat kabar.
4.
Dampak trauma yang dialami anak-anak lebih besar dibandingkan dengan
dampak secara fisik.
Padang, Juli 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP PB UNP
DRA. MISLINDA R, MM. MARLINI T.
NIP. 19610222199512 2001 NIP. 19680319 199802 2001
Lembar kerja siswa
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan : Pakta dan Opini
Subpokok Bahasan : Menentukan fakta dan Opini di dalam teks iklan
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk :
1.
Baca dengan teliti LKS ini
2.
Kerjakan setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3. Baca
teks iklan yang telah dibagikan dengan teliti!
4.
Masing-masing anggota menuliskan kembali dengan cermat fakta dan opini yang terdapat dalam
teks iklan yang telah dibaca.
5. Tandai dengan teliti kata penunjuk
fakta dan opini dalam teks iklan
6.
Tampilkan
hasil kerja ke papan tulis
7.
Kelompok lain diminta untuk menaggapi dan memberikan
masukan terhadap tugas yang
ditampilkan teman.
Contoh teks iklan
Terluas
&Terbaik
Beli
kartu AS, nikmati cara paling murah untuk liburan paling seru
HONDA
The
Power Of Dreams
KEJUTA
AWAL
TAHUN
DP MURAH, BUNGA MURAH
MASA KREDIT S/D 5 TAHUN HADIAH KEJUTAN LAIINYA
STOCK TERBATAS
HUBUNGI DEALER KAMI:
HONDA GAJAH MOTOR
JLN.
KHATIB SULAIMAN NO. 85 PADANG – SUMATERA BARAT TELP. (0751) 446 007 – 443 502,
FAX. (0751) 7058567
Untuk
informasi lebih lanjut hubungi :
Direktorat
pengumpulan dan Pengelolaan Sumber Dana Sosial
Direktorat
Jenderal Bantuan dan Jaminan social
Departemen
social RI
Jl.
Salemba Raya No. 28 lt 3 Ruang 308 Telp. (021) 3100468
Dinas
Sosial Provinsi Sumatera Barat
Jl.
Khatib Sulaiman No. 5 Telp. (0751) 7051465
Fax.
(0751) 7057284 Padang 25137
0 komentar:
Posting Komentar