Mengenai Saya

Foto saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

RPP Bhs Indonesia SMSTR I 2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang logis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
IDENTITAS

Nama Sekolah         : SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
II
STANDAR KOMPETENSI :

2.  Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam   bentuk komentar dan laporan
III
KOMPETENSI DASAR :

2.2. Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan   kalimat yang logis
IV
Indikator Proses

Mampu mendeskripsikan peristiwa secara rinci
Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas.
Mampu menyampaikan laporan dengan kronologis yang tepat
V
ALOKASI WAKTU  : 4 x  40 menit
VI
Tujuan Pembelajaran

1.       Kognitif : 
a.          Setelah mendengarkan dan memahami Kompetensi dasar yang akan dicapai  siswa Mampu mendeskripsikan suatu peristiwa secara rinci
b.         Setelah mendeskripsikan suatu peristiwa secara rinci,  siswa Mampu menuliskan kerangka laporan yang akan disampaikan.
c.          Setelah menuliskan kerangka laporan, siswa mampu menyampaikan peristiwa dengan kalimat dan kronologis yang tepat.
d.         Setelah menyampaikan peristiwa dengan kalimat dan kronologis yang tepat, siswa
e.         Mampu menjawab pertanyaan; apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa? Mengenai peristiwa.
           
1.     Afektif : 
a.       Siswa menanggapi pendapat teman dengan kalimat yang santun
b.      Siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
c.       Siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
d.      Siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.

2.     Psikomotor :
a.          Siswa menulis kerangka peristiwa
b.         Siswa menyampaikan peristiwa secara lisan
VII
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN

1.      Prinsip:
Pengertian: laporan adalah pemberitahuan, atau penyampaian suatu berita dalam bentuk informasi lisan dan tulisan.
2.      Fakta:
Jenis-jenis laporan:
laporan pengamatan,laporan perjalanan
laporan hasil rapat/diskusi
laporan penelitian eksperimen
laporan pertanggungjawaban
laporan peristiwa/kejadian
Kriteria Laporan:

topik/permasalahannya harus ada dan jelas
tujuan laporan harus jelas
isi laporan harus benar dan objek berdasarkan fakta dan opini
isi laporan harus singkat
Susunan laporan harus sistematis: pendahuluan, isi, penutup.
bahasa yang digunakan bahasa Indonesia baku
harus dilengkapi dengan lampiran

Fungsi laporan:
alat untuk memberikan informasi kepada orang lain
alat untuk memperrtanggungjawabkan atas tugas yang dilakukan
alat untuk mendokumentasikan suatu kegiatan.
3.      Prosedur:
Langkah-langkah penyampaian laporan:
menentukan topik dan memahami permasalahan
menentukan tujuan penyampaian laporan
menentukan objek yang diamati
memahami tempat dan waktu kejadian
menguraikan peristiwa secara sistematis
menyimpulkan dan menyarankan hasil laporan.
VIII
STRATEGI PEMBELAJARAN

1.       Model pembelajaran  : kelompok
2.       Pendekatan                  : kontekstual
3.       Metode                         : diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas

  IX.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
         PERTEMUAN PERTAMA
A.       PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan melaporkan peristiwa.
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian




Siswa mencermati beberapa contoh peristiwa secara, berkelompok Siswa melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan sistematika laporan peristiwa, siswa mendata sistematika yang terdapat dalam laporan peristiwa.
Teliti, inisiatif




A.      Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  laporan


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa menentukan peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan sekolah yang akan dijadikan bahan laporan.


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


3
Siswa menentukan pokok-pokok peristiwa sebagai dasar penyusunan kerangka laporan.

Sukses hubungan sosial dan mandiri


4
Siswa mendiskripsikan pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan.


Peduli dan teliti


5
Siswa  menuliskan laporan berdasarkan pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan dengan kalimat yang jelas.


Teliti, kreatif


9
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok


kerjasama


12
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.


ketelitian







No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

Siswa dipandu guru menyimpulkan pelajaran: setelah mempelajari materi laporan peristiwa, maka dapat kita simpulkan bahwa:
1.          kita dapat mengamati peristiwa di sekeliling kita
2.          kita dapat melaporkan peristiwa tersebut kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan
3.          Kita terlatih untuk peduli terhadap lingkungan
4.       Kita terlatih untuk menggunakan bahasa yang jelas kepada orang lain.


KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan pengumuman.
Tugas untuk:
1.   Masing-masing kelompok, membawa dua buah tema peristiwa yang akan kita kembangkan menjadi laporan. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami peritiwa yang akan dilaporkan, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id

     
         PERTEMUAN KEDUA
B.       PENDAHULUAN +  10 menit
No
Kegiatan
Karakter
/keterampilan
Terlak
sana (y/t)
Saran Perbaikan
1.
Guru menginformasikan  KD dan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan melaporkan peristiwa.
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian




Siswa mencermati beberapa contoh peristiwa secara, berkelompok Siswa melakukan tanya jawab yang berhubungan dengan sistematika laporan peristiwa, siswa mendata sistematika yang terdapat dalam laporan peristiwa.
Teliti, inisiatif




B.       Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
Elaborasi
Konfirmasi
Karakter
/keterampilan
Terlaksana Y/T
Sasaran Perbaikan
1
Siswa dan guru bertanya jawab  tentang  tema peristiwa yang telah dipersiapkan dari rumah


peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.


2
Siswa  menyampaikan laporan dengan urutan dan kalimat yang jelas.


keberanian


3
Siswa menanggapi laporan yang disampaikan temannya


Peduli dan teliti


4
Siswa mendengarkan sambil mencatat laporan hal-hal yang perlu diperbaiki teman dalam menyampaikan laporan


Peduli dan teliti


5
Siswa memberikan masukkan kepada temannya tentang tatacara menyampaikan laporan.



Peduli dan teliti



No
KONFIRMASI
Catatan akhir pembelajaran

Siswa dipandu guru menyimpulkan pelajaran: setelah mempelajari materi laporan peristiwa, maka dapat kita simpulkan bahwa:
1.      Kita dapat mengamati peristiwa di sekeliling kita
2.      Kita dapat melaporkan peristiwa tersebut kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan
3.      Kita terlatih untuk peduli terhadap lingkungan
4.    Kita terlatih untuk menggunakan bahasa yang jelas kepada orang lain.


KEGIATAN AKHIR


Penutup
 bersama-sama dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Materi yang akan kita pelajari pada pertemuan selanjutnya adalah menyunting.
Persiapan yang wajib dibawa untuk pertemuan tersebut adalah:
a.     Membawa hasil laporan pada pertemuan kemarin
b.     Membawa satu buku Ejaan yang Disempurnakan (Boleh dipinjam di Perpustakaan

     

       Sumber Belajar
a.          Media cetak / surat kabar/pengalaman siswa
b.         Buku pelajaran bahasa Indonesia
c.          Hasil tugas siswa

      Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.       Mampu memilih peristiwa yang akan dilaporkan
2.       Mampu mencatat pokok-pokok  peristiwa yang akan dismpaikan
3.       Mampu melaporkan peristiwa dengan kalimat yang jelas

Proses/
Uraian
objektif
Tes Lisan/lapor-an kerja kelompok
1.   Pilih/ tentukan sebuah peristiwa di sekitarmu yang akan disampaikan menjadi laporan
2.   Catat popok-pokok peristiwa yang akan dilaporkan
3.   Sampaikan peristiwa ke depan kelas secara lisan dengan kalimat yang jelas!














         Aspek Penilaian Proses  Belajar, bobot, dan skor nilai

No

Indikator Penilaian

Bobot
Skor

Keterangan

S.Baik
Baik
Cukup
Kurang
1
2
3
4
1
Kemampuan memilih peristiwa yang akan dilaporkan
100
92-100
83-91
75-82
<  75

2
Kemampuan mencatat pokok-pokok peristiwa yang akan dilaporkan
100
92-100
83-91
75-82
<  75
1.     Tuntas dan perlu pengayaan

2.    Tuntas
3.    Perlu remedial indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
3
Kemampuan menyampaikan laporan dengan kalimat yang jelas
100
92-100
83-91
75-82
<  75
4
Kemampuan menyampaikan laporan dengan urutan peristiwa
100
92-100
83-91
75-82
<  75
5
Kemampuan menyampaikan peristiwa dengan intonasi yang jelas
100
92-100
83-91
75-82
<  75
6
Kemampuan menjawab pertanyaan berkaitan dengan peristiwa
100
92-100
83-91
75-82
<  75

                                                                                                                                Padang,        Oktober  2012
Mengetahui                                                                                                          Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem. Laboratorium  UNP
               


DRA. MISLINDA R, M.M                                                                                     MARLINI T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001                                                                             NIP 19680319 199802 2001






















Lembar Kerja Siswa

Mata pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan                  : Laporan
Subpokok Bahasan            : Melaporkan peristiwa
Kelas/Semester                 : IX/1

A.    Petunjuk :
1.         Baca dengan teliti contoh laporan berikut:
2.         Contoh Laporan Peristiwa
Tim Sriwijaya FC hari Minggu, 2 Juli disambut bak pahlawan di Stadion Jakabaring, tim asuhan Rachmad Darmawan ini ternyata sudah dinantikan ribuan fans mereka yang sudah rindu dengan Laskar Wong Kito ini.
Pada kesempatan itu tampak wajah-wajah baru yang akan memperkuat Sriwijaya FC pada musim kompetisi tahun ini. Minggu , 2 Juli ini sekaligus juga merupakan latihan pertama bagi Tim Sriwijaya FC. Karena itu hampir sebagian besar pemain hadir untuk menerima instruksi dari Rachmad Darmawan. Latihan yang dimulai pukul 15.30 itu menjadi hiburan segar bagi masyarakat kota Palembang, khususnya pecinta sepak bola.
3.         Pokok-pokok dari laporan tersebut adalah
a.       Tim Sriwijaya
b.      Minggu 2 Juli
c.       Latihan
d.      Hiburan segar
e.      di Stadion Jakabaring
f.        dinantikan ribuan fans

4.         Bersama kelompok, tentukan tema laporan tersebut………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

5.         Tuliska sebuah pokok peristiwa untuk dilaporkan…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
6.         Tuliskan pokok-pokok laporan dari peristiwa yang dipilih tersebut…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.         Rangkai pokok-pokok laporan menjadi sebuah laporan …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.         Perbaiki laporan yang telah ditulis dari segi ketepatan ejaan, tanda baca, dan keefektifan kalimatnya.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9.         Sampaikan laporan tersebut ke depan kelas dengan intonasi dan kalimat yang jelas!


                                                                Pedoman Penilaian
Nama/ Bobot Nilai
Ketepatan pemilihan tema
Kesesuaian tema dengan isi
Kerunutan peristiwa
Keefektifan kalimat
intonasi
Jumlah
10-15
30-35
15-20
15-20
5-10
100
1.        






2.         






3.         






4.         






5.         






6.         






7.         






8.         






9.         






10.      






11.      






12.      






13.      






14.      






15.      






16.      






17.      






18.      






19.      






20.      






21.      






22.      






J3.      






24.      






25.      






26.      






27.      






28.      






29.      






30.      






31.      






32.      






33.      






34.      






35.      






36.      






37.      






38.      







                                                                                                                                                               

KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER

Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.


No.
Kriteria
Deskripsi

 1.
BT (Belum Terlihat)
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 2.
MT (Mulai Terlihat)
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten

 3.
MB (Mulai Berkembang)
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator

 4.
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator























  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: