RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama Sekolah
: SMP Pembangunan Laboratorium UNP
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: IX/I
Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40 menit)
|
|
II
|
STANDAR KOMPETENSI :
|
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam
bentuk komentar dan laporan
|
|
III
|
KOMPETENSI
DASAR :
|
2.2.
Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang logis
|
|
IV
|
Indikator Proses
|
Mampu mendeskripsikan peristiwa secara rinci
Mampu melaporkan berbagai peristiwa dengan kalimat yang jelas.
Mampu
menyampaikan laporan dengan kronologis yang tepat
|
|
V
|
|
VI
|
Tujuan Pembelajaran
|
1.
Kognitif :
a.
Setelah mendengarkan dan memahami Kompetensi dasar yang akan dicapai siswa Mampu mendeskripsikan suatu peristiwa secara rinci
b.
Setelah mendeskripsikan
suatu peristiwa secara rinci, siswa Mampu menuliskan kerangka laporan yang akan
disampaikan.
c.
Setelah menuliskan
kerangka laporan, siswa mampu menyampaikan peristiwa dengan kalimat dan
kronologis yang tepat.
d.
Setelah
menyampaikan peristiwa dengan kalimat dan kronologis yang tepat, siswa
e.
Mampu
menjawab pertanyaan; apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa? Mengenai
peristiwa.
1. Afektif :
a.
Siswa menanggapi pendapat teman dengan kalimat yang santun
b.
Siswa dapat menghargai pendapat teman dalam berdiskusi.
c.
Siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
d.
Siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
2. Psikomotor :
a.
Siswa menulis kerangka peristiwa
b.
Siswa menyampaikan peristiwa secara lisan
|
|
VII
|
MATERI DAN URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
1.
Prinsip:
Pengertian: laporan adalah
pemberitahuan, atau penyampaian suatu berita dalam bentuk informasi lisan dan
tulisan.
2. Fakta:
Jenis-jenis laporan:
laporan pengamatan,laporan perjalanan
laporan hasil rapat/diskusi
laporan penelitian eksperimen
laporan pertanggungjawaban
laporan peristiwa/kejadian
Kriteria
Laporan:
topik/permasalahannya harus ada dan
jelas
tujuan laporan harus jelas
isi laporan harus benar dan objek
berdasarkan fakta dan opini
isi laporan harus singkat
Susunan laporan harus sistematis:
pendahuluan, isi, penutup.
bahasa yang digunakan bahasa
Indonesia baku
harus dilengkapi dengan lampiran
Fungsi
laporan:
alat untuk memberikan informasi
kepada orang lain
alat untuk memperrtanggungjawabkan
atas tugas yang dilakukan
alat untuk mendokumentasikan suatu
kegiatan.
3.
Prosedur:
Langkah-langkah penyampaian laporan:
menentukan topik dan memahami
permasalahan
menentukan tujuan penyampaian laporan
menentukan objek yang diamati
memahami tempat dan waktu kejadian
menguraikan peristiwa secara
sistematis
menyimpulkan dan menyarankan hasil
laporan.
|
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1.
Model pembelajaran : kelompok
2.
Pendekatan :
kontekstual
3.
Metode :
diskusi, tanya jawab dan pemberian tugas
|
IX. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai setelah
pembelajaran, yaitu kemampuan melaporkan
peristiwa.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
|
||
Siswa
mencermati beberapa contoh peristiwa secara, berkelompok Siswa melakukan
tanya jawab yang berhubungan dengan sistematika laporan peristiwa, siswa
mendata sistematika yang terdapat dalam laporan peristiwa.
|
Teliti, inisiatif
|
A. Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang laporan
|
√
|
peduli dan
mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa
menentukan peristiwa yang terjadi di sekitar lingkungan sekolah yang akan
dijadikan bahan laporan.
|
√
|
peduli dan
mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
3
|
Siswa menentukan pokok-pokok peristiwa
sebagai dasar penyusunan kerangka laporan.
|
√
|
Sukses hubungan
sosial dan mandiri
|
||||
4
|
Siswa
mendiskripsikan pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan.
|
√
|
Peduli dan
teliti
|
||||
5
|
Siswa menuliskan
laporan berdasarkan pokok-pokok peristiwa dalam jalinan sistematika laporan dengan kalimat yang jelas.
|
√
|
Teliti, kreatif
|
||||
9
|
Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompok
|
√
|
kerjasama
|
||||
12
|
Siswa memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Siswa dipandu guru menyimpulkan
pelajaran: setelah mempelajari materi laporan peristiwa, maka dapat kita simpulkan bahwa:
1.
kita dapat mengamati peristiwa di sekeliling kita
2.
kita dapat melaporkan peristiwa tersebut kepada orang lain, baik secara lisan
maupun tulisan
3.
Kita terlatih
untuk peduli terhadap lingkungan
4. Kita
terlatih untuk menggunakan bahasa
yang jelas kepada
orang lain.
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan
dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan
pengumuman.
Tugas untuk:
1. Masing-masing kelompok, membawa dua buah tema
peristiwa yang akan kita kembangkan menjadi laporan. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam
memahami peritiwa yang akan dilaporkan, silakan menemui ibu, sepulang sekolah
nanti, atau kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id
|
PERTEMUAN KEDUA
B.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru menginformasikan KD dan indikator yang akan dicapai setelah
pembelajaran, yaitu kemampuan melaporkan
peristiwa.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan perhatian
|
||
Siswa
mencermati beberapa contoh peristiwa secara, berkelompok Siswa melakukan
tanya jawab yang berhubungan dengan sistematika laporan peristiwa, siswa
mendata sistematika yang terdapat dalam laporan peristiwa.
|
Teliti, inisiatif
|
B. Kegiatan Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa dan guru
bertanya jawab tentang tema peristiwa yang telah dipersiapkan dari
rumah
|
√
|
peduli dan
mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa menyampaikan laporan dengan urutan dan
kalimat yang jelas.
|
√
|
keberanian
|
||||
3
|
Siswa menanggapi laporan yang disampaikan temannya
|
√
|
Peduli dan teliti
|
||||
4
|
Siswa mendengarkan sambil mencatat laporan hal-hal
yang perlu diperbaiki teman dalam menyampaikan laporan
|
√
|
Peduli dan teliti
|
||||
5
|
Siswa memberikan masukkan kepada temannya tentang
tatacara menyampaikan laporan.
|
Peduli dan teliti
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Siswa dipandu guru menyimpulkan
pelajaran: setelah mempelajari materi laporan peristiwa, maka dapat kita simpulkan bahwa:
1. Kita dapat mengamati peristiwa di sekeliling kita
2. Kita dapat melaporkan peristiwa tersebut kepada orang lain, baik
secara lisan maupun tulisan
3. Kita terlatih untuk peduli terhadap lingkungan
4. Kita terlatih untuk menggunakan bahasa yang jelas kepada orang
lain.
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Materi yang akan kita pelajari pada pertemuan
selanjutnya adalah menyunting.
Persiapan yang wajib dibawa untuk pertemuan
tersebut adalah:
a.
Membawa hasil laporan pada pertemuan kemarin
b.
Membawa satu buku Ejaan yang Disempurnakan (Boleh dipinjam di
Perpustakaan
|
Sumber Belajar
a.
Media cetak / surat kabar/pengalaman siswa
b.
Buku pelajaran bahasa Indonesia
c.
Hasil tugas siswa
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu memilih peristiwa yang akan dilaporkan
2.
Mampu mencatat pokok-pokok peristiwa yang akan dismpaikan
3.
Mampu melaporkan peristiwa dengan kalimat yang jelas
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes Lisan/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Pilih/ tentukan sebuah peristiwa di sekitarmu yang akan disampaikan
menjadi laporan
2.
Catat popok-pokok peristiwa yang akan dilaporkan
3.
Sampaikan peristiwa ke depan kelas secara lisan dengan kalimat yang
jelas!
|
Aspek Penilaian Proses Belajar, bobot, dan skor nilai
No
|
Indikator
Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan memilih peristiwa yang akan dilaporkan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan mencatat pokok-pokok peristiwa yang
akan dilaporkan
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1.
Tuntas dan perlu pengayaan
2.
Tuntas
3.
Perlu remedial indikator tertentu
4.
Remedial semua materi uji
|
3
|
Kemampuan menyampaikan laporan dengan kalimat
yang jelas
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menyampaikan laporan dengan urutan
peristiwa
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menyampaikan peristiwa dengan
intonasi yang jelas
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menjawab pertanyaan berkaitan dengan
peristiwa
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, Oktober 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem.
Laboratorium UNP
DRA.
MISLINDA R, M.M MARLINI
T, M.Pd
NIP. 19610222199512 2001
NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Laporan
Subpokok
Bahasan : Melaporkan peristiwa
Kelas/Semester : IX/1
A.
Petunjuk :
1.
Baca dengan teliti contoh laporan berikut:
2.
Contoh Laporan Peristiwa
Tim Sriwijaya FC hari Minggu, 2 Juli disambut bak pahlawan di Stadion Jakabaring, tim asuhan Rachmad Darmawan ini ternyata sudah dinantikan ribuan fans mereka yang sudah rindu dengan Laskar Wong Kito ini.
Pada kesempatan itu tampak wajah-wajah baru yang akan memperkuat Sriwijaya FC pada musim kompetisi tahun ini. Minggu , 2 Juli ini sekaligus juga merupakan latihan pertama bagi Tim Sriwijaya FC. Karena itu hampir sebagian besar pemain hadir untuk menerima instruksi dari Rachmad Darmawan. Latihan yang dimulai pukul 15.30 itu menjadi hiburan segar bagi masyarakat kota Palembang, khususnya pecinta sepak bola.
Tim Sriwijaya FC hari Minggu, 2 Juli disambut bak pahlawan di Stadion Jakabaring, tim asuhan Rachmad Darmawan ini ternyata sudah dinantikan ribuan fans mereka yang sudah rindu dengan Laskar Wong Kito ini.
Pada kesempatan itu tampak wajah-wajah baru yang akan memperkuat Sriwijaya FC pada musim kompetisi tahun ini. Minggu , 2 Juli ini sekaligus juga merupakan latihan pertama bagi Tim Sriwijaya FC. Karena itu hampir sebagian besar pemain hadir untuk menerima instruksi dari Rachmad Darmawan. Latihan yang dimulai pukul 15.30 itu menjadi hiburan segar bagi masyarakat kota Palembang, khususnya pecinta sepak bola.
3.
Pokok-pokok dari laporan
tersebut adalah
a. Tim Sriwijaya
b. Minggu 2 Juli
c. Latihan
d. Hiburan segar
e. di Stadion Jakabaring
f.
dinantikan ribuan fans
4.
Bersama
kelompok, tentukan tema laporan
tersebut………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Tuliska
sebuah pokok peristiwa untuk
dilaporkan…………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
6.
Tuliskan
pokok-pokok laporan dari peristiwa yang dipilih
tersebut…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
7.
Rangkai pokok-pokok laporan menjadi sebuah laporan
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
8.
Perbaiki laporan yang telah ditulis dari segi ketepatan ejaan, tanda
baca, dan keefektifan kalimatnya.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
9.
Sampaikan laporan tersebut ke depan kelas dengan intonasi dan kalimat
yang jelas!
Pedoman
Penilaian
Nama/ Bobot Nilai
|
Ketepatan pemilihan tema
|
Kesesuaian tema dengan isi
|
Kerunutan peristiwa
|
Keefektifan kalimat
|
intonasi
|
Jumlah
|
10-15
|
30-35
|
15-20
|
15-20
|
5-10
|
100
|
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
7.
|
||||||
8.
|
||||||
9.
|
||||||
10.
|
||||||
11.
|
||||||
12.
|
||||||
13.
|
||||||
14.
|
||||||
15.
|
||||||
16.
|
||||||
17.
|
||||||
18.
|
||||||
19.
|
||||||
20.
|
||||||
21.
|
||||||
22.
|
||||||
J3.
|
||||||
24.
|
||||||
25.
|
||||||
26.
|
||||||
27.
|
||||||
28.
|
||||||
29.
|
||||||
30.
|
||||||
31.
|
||||||
32.
|
||||||
33.
|
||||||
34.
|
||||||
35.
|
||||||
36.
|
||||||
37.
|
||||||
38.
|
KRITERIA
PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|||
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator, tetapi belum konsisten
|
|||
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
|
|||
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
|
|||
0 komentar:
Posting Komentar