RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Persiapan Materi oleh Guru
No
|
Kegiatan dan persiapan Guru
|
1.
|
Guru memilih cerpen yang sesuai dengan tingkat usia
dan kebutuhan siswa
|
|
a. Cerpen dibagi/dikelompokkan menjadi beberapa bagian dengan menggunakan
rectangle
|
|
b. Cerpen yang sudah dibagi ke dalam beberapa bagian tersebut difotokopy menjadi
enam rangkap (sesuai dengan jumlah kelompok siswa di kelas)
|
|
c. Cerpen difotocopy ke dalam kertas-kertas berwarna (sebaiknya cover jilid
agar lebih tebal)
|
2.
|
Guru mempersiapkan peralatan;
|
|
a. Karton tebal (bahan dapat diambil dari kardus bekas) untuk menempelkan
potongan-potongan cerpen
|
|
b. Karton manila bewarna-warni ukuran (10 x 15 x 20 x jumlah kelompok) untuk
menuliskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
|
c. Gunting (untuk menggunting bagian-bagian cerpen yang telah
ditandai(dimasukkan ke dalam kotak atau rectangle
|
|
d. Lem/Doubeltip.
|
|
e. Lakban Bening (unuk menutup/membalut cerpen yang telah ditempelkan agar
tidak mudah rusak
|
3.
|
Cerpen yang telah ditempel pada karton bekas
dikelompokkan secara acak sesuai dengan jumlah kelompok dan diikat agar tidak
tercampur pada kelompok yang lain.
|
4.
|
Untuk memotivasi siswa;
|
|
a. Guru perlu mempersiapkan beberapa potongan gambar yang berkaitan dengan
ide cerita, gambar dapat dilukis sendiri, diambil di majalah, koran atau
diambil melalui internet.
|
|
b. Guru juga dapat menggunakan musik, dengan mengambil lagu-lagu yang
berhubungan dengan jalannya cerita.
|
PERTEMUAN
PERTAMA
A. PENDAHULUAN +
10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana
(y/t)
|
Saran
Perbaikan
|
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
1.
Bertanya jawab tentang hal-hal yang menarik dari
kegiatan membaca cerpen
2.
Bertanya jawab tentang manfaat membaca cerpen
|
Rasa hormat,
perhatian,Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang
langkah kerja menceritakan kembali cerpen yang telah dibaca
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
2
|
Guru
menjelaskan dan memberi contoh cara membaca cerpen
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siswa duduk berkelompok
|
√
|
|
|
kerjasama
|
|
|
4
|
Guru
membagikan Cerpen ‘Katak Telah Jadi Saya’ Karya Yudistira
kepada setiap anggota kelompok
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Siswa
membaca dalam hati cerpen yang dibagikan
|
√
|
|
|
inisiatif
|
|
|
7
|
Siswa
menceritakan kembali cerpen yang telah dibaca sesuai dengan tahap-tahap alur
cerpen tersebut.
|
|
√
|
|
Tekun, kreatif
|
|
|
8
|
Kelompok lain diberi kesempatan untuk menjadi juri
untuk menilai kemampuan temannya dalam bercerita
|
|
√
|
|
Hubungan sosial
|
|
|
9
|
Siswa mendengarkan sambil
mencatat titik lemah ataupun keunggulan teman untuk dijadikan sebagai
masukkan pada pembelajaran berikutnya
|
|
|
|
Peduli,
kreatif
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
Kerja kelompok yang luar biasa. Namun, ada
beberapa catatan yang perlu kita pikirkan, bahwa dalam menceritakan kembali
cerpen yang telah dibaca, tidak boleh ada unsur-unsur penting cerpen yang
tertinggal. Selain unsur-unsur cerpen, kita juga perlu memperhatikan mimik,
gestur, suara sehingga pendengar dapat memahami secara jelas isi cerpen yang
kita sampaikan.
Sebelum tugas kelompok ini diceritakan kembali pada
pertemuan berikutnya, silakan diperiksa kembali urutan cerita yang dicatat,
jangan ada unsur atau bagian penting dari cerita yang tertinggal
|
|
|
KEGIATAN
AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
|
|
PERTEMUAN
KEDUA
B. PENDAHULUAN +
10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana
(y/t)
|
Saran
Perbaikan
|
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
1.
Guru bertanya tentang kondisi dan kesiapan siswa
untuk mengikuti pelajaran hari ini.
2.
Bertanya jawab tentang hal-hal yang menarik dan
kelemahan dari kegiatan membaca cerpen pada pertemuan pertama.
|
Rasa hormat,
perhatian,Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
B.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa
menempelkan karton manila di dinding sesuai dengan jumlah anggota kelompok
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang
langkah kerja Menentukan bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap alur
ke dalam peta konsep
|
√
|
|
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
3
|
Guru
menjelaskan dan memberi contoh cara meringkas isi cerpen ke dalam peta konsep
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Guru
membagikan potongan Cerpen ‘Katak Telah Jadi Saya’ yang telah ditempelkan di karton dalam bentuk
acak.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Siswa
duduk berkelompok
|
√
|
|
|
kerjasama
|
|
|
6
|
Siswa
membagi tugas kepada masing-masing kelompok sesuai dengan tujuan pembelajaran
indikator pertama, yakni menentukan unsur intrinsik cerpen
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Siswa
membagikan potongan cerita itu secara adil di dalam kelompok untuk dibaca dan
diringkas ke dalam peta konsep.
|
|
|
|
kerjasama
|
|
|
8
|
Guru
membagikan potongan-potongan kertas karton bewarna-warni dengan ukuran (15
x20 x 20 buah untuk masing-masing kelompok)
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Siswa
membaca dalam hati bagian cerpen
yang dibagikan
|
√
|
|
|
inisiatif
|
|
|
10
|
Siswa
mencatat unsur-unsur intrinsik cerpen ke dalam potongan-potongan kertas
bewarna-warni sesuai dengan tugas yang mereka emban
|
|
√
|
|
Tekun, kreatif
|
|
|
11
|
Siswa menempelkan bagian-bagian cerpen yang telah
dicatat ke dalam potongan-potongan kertas bewarna-warni ke karton manila
dengan tahap-tahap alur
|
|
√
|
|
Hubungan sosial
|
|
|
9
|
Kelompok
paling cepat dan paling tepat, dianggap sebagai kelompok yang menang pada
tahap awal
|
|
|
|
kreativitas
|
|
|
10
|
Siswa menceritakan kembali
cerpen yang dibaca dengan banduan peta konsep
|
|
|
|
keberanian
|
|
|
11
|
Siswa mendengarkan sambil
mencatat titik lemah ataupun keunggulan teman untuk dijadikan sebagai
masukkan
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Kelompok
yang mampu menampilkan cara menceritakan kembali cerpen dengan baik, akan
keluar sebagai pemenang dalam turnamen ini.
|
|
|
|
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
Kerja kelompok yang luar biasa. Kalian
adalah siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.
Sebelum tugas kelompok ini diceritakan kembali pada
pertemuan berikutnya, silakan diperiksa kembali urutan cerita yang dicatat,
jangan ada unsur atau bagian penting dari cerita yang tertinggal
|
|
|
KEGIATAN
AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
|
|
PERTEMUAN ketiga
C. PENDAHULUAN +
10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana
(y/t)
|
Saran
Perbaikan
|
|
Apersepsi
|
|
|
|
|
1.
Bertanya jawab tentang hal-hal yang menarik dari
kegiatan pembelajaran sebelumnya
2.
Bertanya jawab tentang tatacara menceritakan
cerpen.
|
Rasa hormat,
perhatian,Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
C.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
|
Siswa
duduk berkelompok
|
√
|
|
|
kerjasama
|
|
|
|
Siswa kembali memperhatikan tugas yang telah
dikerjakan pada pertemuan sebelumnya
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
3
|
Siswa
memilih
anggota kelompok sebagai perwakilan untuk menceritakan cerpen yang telah
ditulis ke dalam peta konsep depan kelas.
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
4
|
Siswa lain mendengarkan sambil membuat catatan
tanggapan.
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
5
|
Siswa menceritakan kembali
cerpen yang dibaca dengan banduan peta konsep dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik
yang tepat
|
|
|
|
Bertanggung
jawab dan berani
|
|
|
6
|
Siswa mendengarkan sambil
mencatat titik lemah ataupun keunggulan teman untuk dijadikan sebagai
masukkan
|
|
|
|
peduli
|
|
|
7
|
Menanggapi penyampaian isi cerita yang dilakukan
temannya
|
|
|
√
|
Kepedulian
dan keberanian
|
|
|
8
|
Kelompok
yang mampu menampilkan cara menceritakan kembali cerpen dengan baik, akan
keluar sebagai pemenang dalam turnamen ini.
|
|
|
√
|
Tanggung
jawab, keadilan
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan, memberikan penguatan dan penyimpulan
Guru
membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa
dalam pembelajaran
|
|
|
KEGIATAN
AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama
dengan peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
Seluruh tugas kelompok yang berbentuk peta konsep silakan
dikumpulkan dan hasil keja kelompok akan dipampangkan nanti siang di papan
pengumuman.
Tugas yang terbaik
1, 2, dan 3 berhak ditampilkan di Mading sekolah.
Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam
memahami pembelajaran yang berhubungan dengan cerpen, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau
kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.
|
|
Sumber
Belajar
a. Media
cetak / kumpulan
cerpen A.A Navis(Pendekar dan Ayam Jago), Cerpen ‘Katak Telah Jadi Saya’. karya Yudistira AM Mashardi
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian
proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
Menceritakan
kembali secara lisan/bantuan peta konsep isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.
|
Unjuk Kerja
|
Lisan
|
3.
Tentukan
bagian-bagian cerita dengan panduan tahap-tahap dalam alur!
4.
Ceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur
aslinya!
|
Format
tes: lisan
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Menceritakan kembali isi
cerpen secara runtut memerhatikan kelengkapan cerita, bahasa yang baik,
keruntutan alur cerita, dan hal-hal yang menarik
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1.
Tuntas dan
perlu pengayaan
2.
Tuntas
3.
Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua materi uji
|
2
|
Mengomentari tampilan
teman secara objektif dan logis
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Format tes tertulis:
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan
menuliskan Cerpen sesuai dengan tahap-tahap alur ke dalam peta konsep
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1.
Tuntas dan
perlu pengayaan
2.
Tuntas
3.
Perlu remedial
indikator tertentu
4.
4. Remedial semua materi uji
|
Penilaian oleh teman sejawat
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
maks
|
Skor
|
Jumlah
nilai
|
|||
Sangat sesuai
|
Sesuai
|
Agak sesuai
|
Kurang sesuai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
|
Kemampuan
menceritakan kembali isi cerpen dengan
tahap-tahap alur
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
Nama penilai
……………………….
Keterangan:
1. Sangat Baik :
a.
Intonasi, naik turunnya suara sesuai dengan isi cerpen
b.
Pandangan tertuju kepada audience.
c.
Cara berdiri tidak kaku
2. Baik :
a.
Intonasi, naik turunnya suara sesuai dengan isi cerpen.
b.
Pandangan kurang tertuju kepada
audience.
c.
Cara berdiri kaku
3. Cukup :
a.
Intonasi, naik turunnya suara kurang sesuai dengan isi teks cerpen.
b.
kurang berani menatap audience.
c.
Cara berdiri kaku dan gelisah
Kurang :
a.
Intonasi, naik turunnya suara tidak sesuai dengan isi teks cerpen.
b.
Tidak berani menatap audience.
c.
Cara berdiri kaku
Catatan :
- Masing-masing kelompok, wajib menilai satu kelompok lain yang ditunjuk
- Satu Kelompok wajib memberikan penilaian lengkap terhadap masing-masing anggota kelompok yang dinilai
- Penilaian harus dilakukan dengan jujur, adil dan sesuai dengan rambu-rambu penilaian.
- Jadilah Hakim yang baik untuk dirimu dan orang-orang di sekitarmu!
Padang, November 2012
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Pem.
Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, MM MARLINI
T, M.Pd
NIP. 19610222199512
2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja
Siswa 1
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Membaca cerpen
Subpokok
Bahasan : Menceritakan cerpen yang telah dibaca
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1.
Baca dengan teliti LKS ini
2.
Kerjakan setiap perintah dalam LKS
secara berkelompok
3.
Baca cerpen di dalam anggota kelompok
dengan teliti
4.
Perhatikan tahap-tahap alur dalam cerpen
yang dibaca.
5.
Ceritakan kembali cerpen yang telah
dibaca sesuai dengan tahp-tahap alur cerpen tersebut.
6.
Untuk lebih jelas, baca cerpen yang akan
dibagikan oleh gurumu!
Lembar Kerja
Siswa 2
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Membaca cerpen
Subpokok
Bahasan : Menceritakan cerpen yang telah dibaca
Kelas/Semester : IX/1
B. Petunjuk
:
7.
Baca dengan teliti LKS ini
8.
Kerjakan setiap perintah dalam LKS
secara berkelompok
9.
Urutkan
potongan cerpen terlebih dahulu, sehingga menjadi sebuah cerita yang utuh.
10. Bagikan potongan cerpen tersebut dengan adil di dalam
anggota kelompok.
11. Masing-masing anggota kelompok mendapat tugas yang
sama, yakni mencatat unsur-unsur penting dalam bagian cerpen yang dibaca
ke dalam potongan-potongan kertas bewarna-warni.
12. Ketua kelompok bersama juru tulis, bertugas
mengelompokkan dan menggabungkan dan menempelkan tugas yang dikerjakan oleh masing-masing anggota ke
dalam peta konsep di kertas karton manila yang telah ditempel
didinding.
13.
Untuk lebih
jelas, baca cerpen berikut dan kerjakan tugas dengan teliti!
Masing-masing kelompok memeriksa kembali cerpen yang telah dicatat ke dalam peta konsep
dengan perpedoman kepada tahapan-tahapan alur cerita
.
14. Ceritakan kembali cerpen yang telah dibaca ke depan
kelas dengan intonasi, gestu, dan mimic yang jelas
15. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
KRITERIA PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER
Dari hasil pengamatan, catatan anekdotal, tugas,
laporan, dan sebagainya, guru dapat memberikan kesimpulan atau pertimbangan
tentang pencapaian suatu indikator atau bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau
pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam pernyataan kualitatif sebagai berikut
ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
|||
1.
|
BT
(Belum Terlihat)
|
Peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
|
|||
2.
|
MT
(Mulai Terlihat)
|
Peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
|
|||
3.
|
MB
(Mulai Berkembang)
|
Peserta didik mulai konsisten memperlihatkan
perilaku yang tertera dalam indicator
|
|||
4.
|
MK
(Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik terus menerus/secara konsisten
memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
|||
|
|
||||
0 komentar:
Posting Komentar