RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
I
|
IDENTITAS
|
Nama
Sekolah : SMP Pembangunan
Laboratorium UNP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/I
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 40
menit)
|
|
II
|
STANDAR
KOMPETENSI :
|
7.
Memahami wacana Sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerpen
|
|
III
|
KOMPETENSI
DASAR :
|
IV
|
Indikator
Proses
|
1. Siswa membaca buku kumpulan cerpen.
2. Siswa menentukan tokoh,
dan watak tokoh
3. Siswa menentukan latar
4. Siswa menentukan pesan
5. Siswa menunjukkan keterkaitan antarunsur cerpen sebagai dasar
dalam memahami makna cerpen secara utuh.
6.
Siswa menentukan tema
|
|
V
|
ALOKASI WAKTU : 4 x 40 menit
|
VI
|
Tujuan
Pembelajaran
|
1.
siswa mampu menemukan tokoh-tokoh dalam cerpen
2.
siswa mampu menyimpulkan tema
3.
siswa mampu menemukan latar cerpen
4.
siswa mampu menemukan karakter tokoh dalam cerpen
5.
siswa mampu menemukan amanat dalam cerpen
6.
siswa mampu membandingkan karakter tokoh dalam
cerpen
7.
siswa mampu membandingkan ide beberapa cerpen
8.
siswa mampu membandingakan penggunaan bahasa dari
buku kumpulan cerpen
|
|
1. Kognitif :
a. Setelah membaca cerpen siswa dapat menentukan unsur-unsur cerpen
b. Setelah menentukan unsur-unsur cerpen siswa dapat menentukan tokoh-tokoh
dalam cerpen
c. Setelah menentukan tokoh-tokoh dalam cerpen siswa dapat menentukan karakter tokoh
d. Setelah menentukan watak tokoh, siswa dapat menentukan konflik cerpen
e. Setelah menentukan konflik cerpen, siswa dapat menentukan latar cerpen
f. Setelah menentukan latar cerpen, siswa dapat menentukan tema cerpen
g. Setelah menentukan tema cerpen, siswa dapat menentukan amanat pengarang
h. Setelah menentukan amanat pengarang, siswa dapat sudut pandang pengarang
i. Setelah menentukan sudut pandang pengarang, siswa mampu membandigkan ide
beberapa cerpen,
j. Setelah membandingkan ide beberapa cerpen, siswa dapt membedakan gaya
penggunaan bahasa dari beberapa cerpen
k. Setelah membedakan gaya penggunaan bahasa dari beberapa cerpen, siswa
dapat menjelaskan perbedaan tema beberapa cerpen
2. Afektif :
a. siswa dapat saling memberikan ide/gagasan dalam berdiskusi.
b.
Siswa dapat menghargai
pendapat teman dalam berdiskusi.
c. Siswa mampu memahami, menguraikan materi secara ulet dan mandiri.
3. Psikomotor :
a. Siswa memembaca buku kumpulan cerpen
b. Siswa menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen
c. Siswa menyampaikan hasil tugas ke depan kelas
|
|
VII
|
MATERI DAN
URAIAN SINGKAT PEMBELAJARAN
|
Fakta : Contoh
Buku kumpulan Cerpen
Prinsip : Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Sebagaimana novel, cerpen
juga dibentuk atas unsur ekstrinsik dan intrinsik.Meskipun bentuknya
pendek, bahkan ada yang cuma 1 halaman, di dalamnya terdapat unsur-unsur
intrinsik secara lengkap, yaitu tema, amanat, tokoh, alur, latar,sudut padang
pengarang,dan dialog. Unsur – unsur intrinsik cerpen mencakup : tema, alur,
latar, perwatakan, sudut pandang, dan nilai – nilai yang terkandung
di dalamnya.
Prosedur: langkah-langkah dalam memahami unsur intrinsik cerpen
1. Tema adalah ide pokok
sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber cerita.
2. Latar . setting adalah
tempat, waktu , suasana yang terdapat dalam cerita.Sebuah cerita harus jelas
dimana berlangsungnya, kapan terjadi dan suasana sertakeadaan ketika cerita
berlangsung.
3. Alur / plot adalah
susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.Alur meliputi
beberapa tahap:
a.
Pengantar : bagian cerita berupa lukisan , waktu, tempat atau kejadian
yang merupakan awal cerita.
b.
Penampilan masalah : bagian yang menceritakan maslah yang
dihadapi pelakucerita.
c.
Puncak ketegangan / klimaks : masalah dalam cerita sudah sangat
gawat,konflik telah memuncak.
d.
Ketegangan menurun / antiklimaks : masalah telah berangsur –
angsur dapatdiatasi dan kekhawatiran mulai hilang.
e.
Penyelesaian / resolusi : masalah telah dapat diatasi atau
diselesaikan.
f.
Perwatakan :Menggambarkan watak atau karakter
seseorang tokoh yang dapat dilihat dari tiga segi yaitu melalui:- Dialog
tokoh, Penjelasan tokoh, Penggambaran fisik tokoh
g. Nilai (amanat) : pesan atau nasihat yang ingin disampaikan
pengarang melalui cerita.
|
|
VIII
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
1. Model pembelajaran : kelompok
2. Pendekatan :
kontekstual
3. Metode : diskusi, tanya jawab dan
pemberian tugas
|
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A. PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan menentukan unsur intrinsik
cerpen.
|
Dapat dipercaya
Rasa hormat dan
perhatian
Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
A. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang unsur
intrinsik cerpen
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan unsur intrinsik cerpen
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
3
|
Siswa
diminta duduk berkelompok (5) orang
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||
4
|
Siswa
membaca buku kumpulan cerpen
|
√
|
Peduli
dan teliti
|
||||
5
|
Siswa mencatat tokoh-tokoh dalam cerpem
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
6
|
Siswa
mencatat tokoh antagonis dan pratagonis
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
Siswa
menentukan watak masing-masing tokoh
|
√
|
Cerdas, teliti
|
|||||
7
|
Siswa
menentukan latar cerpen yang dibaca
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
9
|
Siswa
mendiskusikan hasil kerja kelompok
|
√
|
kerjasama
|
||||
10
|
Siswa
menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
|
√
|
keberanian
|
||||
11
|
Siswa
menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.
|
√
|
Jujur
dan berani
|
||||
12
|
Siswa
memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Hasil kerja kelompok yang luar biasa.
Ada kesulitan dalam memahami materi ini?
Langkah termudah dalam memahami cerpen adalah dengan
memahami dialog, ide/gagasan masing-masing tokoh
Mempelajari dan memahami cerpen akan mampu mempertajam kearifan kita
terhadap penomena kehidupan.
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tugas
Silakan dipahami cerpen dengan baik, materi akan
kita lanjutkan pada pertemuan berikutnya.:
Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas yang
berhubungan dengan unsur intrinsik cerpen, silakan menemui ibu, sepulang
sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon ke nomor 081363435544. Atau kirim
pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.
|
PERTEMUAN KEDUA
B. PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan indikator yang akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu
kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen.
|
Rasa hormat dan
perhatian,Tekun
Tanggung jawab
Berani
|
B. Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
1
|
Siswa
dan guru bertanya jawab tentang unsur
intrinsik cerpen
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
2
|
Siswa memahami informasi yang berkaitan dengan unsur intrinsik cerpen
|
√
|
peduli
dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
||||
3
|
Siswa kembali
duduk berkelompok (5) orang
|
√
|
Sukses
hubungan sosial dan mandiri
|
||||
4
|
Siswa
melanjutkan membaca buku kumpulan cerpen
|
√
|
Peduli
|
||||
6
|
Siswa
mencatat konflik yang terjadi di dalam cerpen
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
7
|
Siswa menentukan
pesan pengarang.
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
8
|
Siswa
mementukan tema cerpen
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
9
|
Siswa
menentukan sudut pandang pengarang
|
√
|
Cerdas, teliti
|
||||
10
|
Siswa
mendiskusikan hasil kerja kelompok
|
√
|
kerjasama
|
||||
11
|
Siswa
menyajikan hasil kerja mereka ke depan kelas.
|
√
|
keberanian
|
||||
12
|
Siswa
menanggapi hasil kerja kelompok lain yang ditampilkan.
|
√
|
Jujur
dan berani
|
||||
13
|
Siswa
memperbaiki hasil kerja mereka.
|
√
|
ketelitian
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
Hasil kerja kelompok yang luar biasa.
Ada kesulitan dalam memahami materi ini?
Langkah termudah dalam memahami cerpen adalah dengan
memahami dialog, ide/gagasan masing-masing tokoh
Mempelajari dan memahami cerpen akan mampu mempertajam kearifan kita
terhadap penomena kehidupan.
|
||
KEGIATAN AKHIR
|
||
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru membuat rangkuman/ simpulan pelajaran;
melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tugas untuk:
Seluruh tugas kelompok hari ini silakan dikumpulkan
dan hasil kerja kelompok akan dipampangkan besok siang di papan pengumuman.
1.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, wajib menganalisis unsure intrinsic cerpen
yang terdapat di dalam buku paket bahasa Indonesia kelas IX, halaman…
2.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, wajib menganalis unsur intrinsik cerpen yang terdapat
di dalam bahan ajar, halaman….
Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam memahami tugas yang
berhubungan dengan unsur intrinsik cerpen, silakan menemui ibu, sepulang
sekolah nanti, atau kontak via SMS/telepon ke nomor 081363435544. Atau kirim
pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id.
|
Sumber
Belajar
a. buku
kumpulan cerpen “Bertanya
Kerbau pada Pedati” (A.A. Navis)
b. buku
pelajaran bahasa Indonesia (Bahasaku Bahasa Indonesia (Platinum)
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1. Mampu mendeskripsikan secara singkat isi cerpen
2. Mampu mendata tokoh, dan watak tokoh dalam buku kumpulan cerpen
3. Mampu menentukan tokoh antagonis dan protagonis
4. Mampu mendeskripsikan watak tokoh dalam cerpen
5. Mampu menentukan konflik yang terjadi di dalam cerpen
6. Mampu menentukan latar peristiwa di dalam cerpen
7. Mampu menentukan pesan pengarang
8. Mampu menentukan tema masing-masing cerpen
9. Mampu menentukan sudut pandang pengrang
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1. Deskripsikan secara singkat isi cerpen
2. Data tokoh, dan watak tokoh dalam buku kumpulan cerpen
3. Tentukan tokoh antagonis dan protagonis di dalam cerpen....
4. Deskripsikan watak tokoh dalam cerpen
5. Tentukan konflik yang terjadi di dalam cerpen
6. Tentukan latar peristiwa di dalam cerpen
7. Tentukan pesan pengarang
8. Tentukan tema masing-masing cerpen
9. Tentukan sudut pandang pengrang
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan Deskripsikan secara singkat isi cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
2
|
Kemampuan mendata
tokoh, dan watak tokoh dalam buku kumpulan cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
3
|
Kemampuan menentukan
tokoh antagonis dan protagonis di dalam cerpen....
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan mendeskripsikan
watak tokoh dalam cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menentukan
konflik yang terjadi di dalam cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
6
|
Kemampuan menentukan
latar peristiwa di dalam cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
7
|
Kemampuan menentukan
pesan pengarang
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
8
|
Kemampuan menentukan
tema masing-masing cerpen
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
9
|
Kemampuan menentukan
sudut pandang pengrang
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, November 2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar Kerja
Siswa
Mata
pelajaran : Bahasa
Indonesia
Pokok
Bahasan : Membaca cerpen
Subpokok
Bahasan : Menceritakan cerpen yang telah dibaca
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1.
Baca dengan teliti LKS ini
2.
Kerjakan setiap perintah dalam LKS
secara berkelompok
3.
Urutkan
potongan cerpen terlebih dahulu, sehingga menjadi sebuah cerita yang utuh.
4.
Bagikan
potongan cerpen tersebut dengan adil di dalam anggota kelompok.
5.
Masing-masing
anggota kelompok mendapat tugas yang sama, yakni mencatat unsur-unsur penting
dalam bagian cerpen yang dibaca.
6.
Ketua
kelompok bersama juru tulis, bertugas mengelompokkan dan menggabungkan tugas
yang dikerjakan oleh masing-masing anggota ke dalam tabel yang telah
disediakan.
7.
Untuk
lebih jelas, baca cerpen berikut!
Cerpen 1. Judul : ………………………
No
|
Unsur intrinsik cerpen
|
Deskripsi unsur
intrinsik cerpen
|
1
|
tokoh
|
1.
|
2.
|
||
3.
|
||
4
|
||
2
|
Watak /bukti
|
|
3
|
Konflik/bukti
|
1.
Konflik :
|
2 Konflik
:
|
||
Bukti :
|
||
Bukti :
|
||
4
|
Latar/tempat/budaya
|
1.
|
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5
|
Alur/bukti
|
Jenis alur :
|
bukti
|
||
6
|
tema
|
|
7
|
amanat
|
.Nama Anggota Kelompok:
Penilaian
oleh Anggota Kelompok
No
|
Kelompok Siti Nurbaya
|
Nama Anggota
|
Kerlibatan dalam diskusi ya/tdk
|
Keterangan
keterlibatan anggota
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Padang,
........................
Penilaian
oleh Anggota Kelompok
No
|
Kelompok Siti Nurbaya
|
Nama Anggota
|
Kerlibatan dalam diskusi ya/tdk
|
Keterangan
keterlibatan anggota
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Padang,
........................
Penilaian
oleh Anggota Kelompok
No
|
Kelompok Siti Nurbaya
|
Nama Anggota
|
Kerlibatan dalam diskusi ya/tdk
|
Keterangan
keterlibatan anggota
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Padang,
........................
Penilaian
oleh Anggota Kelompok
No
|
Kelompok Siti Nurbaya
|
Nama Anggota
|
Kerlibatan dalam diskusi ya/tdk
|
Keterangan
keterlibatan anggota
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
Padang,
........................
0 komentar:
Posting Komentar