RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
IX.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN PERTAMA
A.
PENDAHULUAN + 10 menit
No
|
Kegiatan
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlak
sana (y/t)
|
Saran Perbaikan
|
1.
|
Guru
menginformasikan KD dan indikator yang
akan dicapai setelah pembelajaran, yaitu kemampuan mengomentari isi dialog
interaktif.
|
Rasa hormat dan perhatian
Tanggung jawab
Berani
|
|
|
A.
Kegiatan
Inti (+ 60 menit)
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Eksplorasi
|
Elaborasi
|
Konfirmasi
|
Karakter
/keterampilan
|
Terlaksana Y/T
|
Sasaran
Perbaikan
|
|
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
dialog interaktif
|
|
|
|
keberanian
|
|
|
|
Siswa
memahami informasi yang berkaitan dengan dialog interaktif
|
√
|
|
|
peduli dan mendengarkan pendapat orang lain.
|
|
|
|
Siswa diminta
duduk berkelompok (3) orang
|
√
|
|
Sukses hubungan sosial dan mandiri
|
|
|
|
|
siswa mendengarkan dialog interaktif Kick Andy “Cara Gila Menulis
Buku”yang ditayangkan melalui infokus
|
|
√
|
|
Peduli dan teliti
|
|
|
|
Siswa menanggapi hal penting
dalam dialog interaktif.
|
|
√
|
|
teliti
|
|
|
|
Siswa menyampaikan persetujuannya terhadap pendapat narasumber dalam
dialog interaktif
|
|
|
|
Keberanian, kemandirian
|
|
|
5
|
Siswa menyampaikan sanggahan/penolakan terhadap pendapat narasumber
dalam dialog interaktif.
|
|
|
√
|
teliti
|
|
|
6
|
Siswa mengomentari pendapat temannya.
|
|
|
|
Keberanian, Kreatif, teliti, jujur
|
|
|
No
|
KONFIRMASI
|
Catatan akhir pembelajaran
|
|
Diskusi kelompok yang luar biasa. Kalian adalah
siswa-siswa yang HEBAT. Terimakasih.
1.
Ada kesulitan dalam
menanggapi isi dialog interaktif
‘Meraih Mimpi?
2.
Bagaimana
pendapatmu tentang komentar Dana dan Paton?
3.
Mengapa kalian
setuju dengan film bertema Animasi Meraih Mimpi?
4.
Persoalan apa yang
dikemukan di dalam film animasi tersebut?
5. Bagaimana tanggapan kalian terhadap kegiatan
pembelajaran hari ini?
|
|
|
KEGIATAN AKHIR
|
|
|
Penutup
bersama-sama dengan
peserta didik, guru melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Tugas untuk:
1.
Kelompok yang
nilainya sama dan di atas KKM, menyimak dan memberikan komentar tertulis
terhadap dua dialog interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.
2.
Kelompok yang
nilainya di bawah KKM, menyimak dan memberikan komentar tertulis terhadap satu
dialog interaktif di liputan Petang Metro TV/TV One.
3. Bagi kelompok yang masih mengalami kesulitan dalam menyimak dan memberikan komentar terhadap dialog interaktif, silakan menemui ibu, sepulang sekolah nanti, atau
kontak via SMS/telepon. Atau kirim pertanyaan melalui email ke: marleni_t@yahoo.co.id DITUNGGU.
|
|
Sumber
Belajar
a. Media
cetak / surat kabar/YouTube
b. Buku
pelajaran bahasa Indonesia
Penilaian proses dilaksanakan
selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu menyimak dan memberikan komentar secara
lisan/tertulis terhadap isi dialog interaktif
2.
Mampu memberikan
sanggahan dengan kalimat yang santun terhadap isi dialog interaktif
3.
Mampu menyampaikan
kalimat persetujuan dengan kalimat yang efektif terhadap isi dialog
interaktif
4.
Mampu memberikan
penilaian terhadap isi pembicaraan di dalam dialog interaktif
|
Proses/
Uraian
objektif
|
Tes
tulis/lapor-an kerja kelompok
|
1.
Tuliskan tema dialog
interaktif tersebut!
2.
Tuliskan komentarmu
terhadap isi dialog interaktif yang
didengar, dan tuliskan nama narasumbernya
3.
Tuliskan kalimat
sanggahamu terhadap isi dialog interaktif dengan alasan yang logis!
4.
Tuliskan kalimat
persetujuanmu terhadap pendapat narasumber dalam dialog interaktif yang
didengar.
5.
Sampaikan ke depan
kelas komentar, penolakan/sanggahan atau persetujuanmu terhadap pendapat
narasumber dalam dialog.
6.
Kelompok lain diminta
untuk menanggapi hasil kerja yang disampaikan oleh teman
|
Aspek Penilaian Hasil Belajar, bobot,
dan skor nilai
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan menanggapi isi dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
2
|
Kemampuan menyampaikan kalimat sanggahan dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
3
|
Kemampuan menyampaikan kelimat persetujuan dalam dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
4
|
Kemampuan menanggapi pendapat kelompok lain dengan
kalimat yang santun
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
|
5
|
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
|
100
|
92-100
|
83-91
|
75-82
|
< 75
|
Padang, Juli
2012
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP Pem. Laboratorium UNP
DRA. MISLINDA R, M.M
MARLINI T, M.Pd
NIP.
19610222199512 2001 NIP 19680319 199802 2001
Lembar
kerja siswa
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Pokok Bahasan :
Mendengarkan dialog interaktif
Subpokok Bahasan :
Menyimpulkan isi dialog interaktif
Kelas/Semester : IX/1
A. Petunjuk
:
1. Baca
dengan teliti LKS ini
2. Kerjakan
setiap perintah dalam LKS secara berkelompok
3.
Dengarkan dialog interaktif yang ditayangkan!
4. Masing-masing
kelompok menuliskan hal-hal penting yang diungkapkan dalam dialog interaktif.
5. deskripsikan
masing-masing permasalahan yang dikemukakan narasumber
6. tuliskan
kalimat pengandaian yang dikemukakan narasumber.
7. tuliskan
ungkapan-ungkapan yang menarik yang dikemukakan masing-masing narasumber.
8. jelaskan
arti ungkapan.....
9.
Bersama kelompok, tentukan tema dialog
interaktif tersebut!
10.
Simpulkan isi dialog interaktif tersebut!
11. Tampilkan
hasil kerja ke depan kelas!
12. Kelompok
lain diminta untuk menaggapi dan memberikan masukan terhadap tugas yang
disampaikan teman.
Contoh cuplikan dialog interaktif
No
|
Indikator Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan |
|||
S.Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Kurang
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kemampuan menentukan tiga hal penting dalam dialog interaktif
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
1. Tuntas dan perlu
pengayaan
2. Tuntas
3. Perlu remedial
indikator tertentu
4. Remedial semua
materi uji
|
2
|
Kemampuan menuliskan tema dialog interaktif
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
|
3
|
Kemampuan menentukan ungkapan dalam dialog interaktif
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
|
4
|
Kemampuan menuliskan hal-hal menarik dalam dialog interaktif
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
|
5
|
Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
|
6
|
Kemampuan menuliskan komentar terhadap pendapat para narasumber dalam dialog
|
100
|
89-100
|
77-88
|
65-76
|
< 65
|
- Kemampuan menyimpulkan isi dialog interaktif
Deskriptor
|
Ketepatan merumuskan kesimpulan
|
Kelogisan penulisan kesimpulan
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
4.
Tuliskan komentarmu
terhadap pendapat para narasumber
dalam dialog
Deskriptor
|
Skor
|
Ketepatan merumuskan komentar
|
Kelogisan penulisan komentar
|
Ketepatan penggunaan bahasa
|
Padang,
Juni 2012
Mengetahui, Guru
Mata Pelajaran
Kepala
SMP PB UNP
DRA. MISLINDA R, M.
M. MARLINI
T, M. Pd
NIP.
196102221995122001 NIP.
1968031998022001
No.
|
Perilaku
Berkarakter
|
Indikator Perilaku
Berkarakter
|
|
1
|
Teliti
|
Bekerja secara teratur, rinci dan tertib dalam
menggunakan teorema phytagoras
|
|
Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal
|
|||
Selalu mengecek ulang pekerjaan yang telah dilakukan
|
|||
2
|
Kreatif
|
Membuat suatu hasil karya yang kreatif berkenaan dengan
materi yang dipelajari
|
|
Bertanya mengenai penerapan suatu
hukum/teori/prinsip dari materi lain ke materi yang sedang dipelajari.
|
|||
Melakukan kegiatan presentasi secara kreatif
|
|||
3
|
Pantang Menyerah
|
Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat
|
|
Tidak putus
asa dalam menghadapi kesulitan belajar
|
|||
Selalu berusaha untuk mencari informasi
tentang materi pelajaran dari berbagai sumber
|
|||
4
|
Rasa Ingin Tahu
|
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks
tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
|
|
Bertanya tentang gejala alam yang berkaitan dengan
materi yang akan dipelajari.
|
|||
Bertanya kepada
guru tentang peristiwa yang didengar dari orang tua, teman, radio, atau
televisi
|
Padang, 2012 Guru Mata Pelajaran
KRITERIA PENILAIAN PERILAKU
BERKARAKTER
Dari hasil
pengamatan, catatan anekdotal, tugas, laporan, dan sebagainya, guru dapat
memberikan kesimpulan atau pertimbangan tentang pencapaian suatu indikator atau
bahkan suatu nilai. Kesimpulan atau pertimbangan itu dapat dinyatakan dalam
pernyataan kualitatif sebagai berikut ini.
No.
|
Kriteria
|
Deskripsi
|
1.
|
BT (Belum Terlihat)
|
Peserta didik
belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
|
2.
|
MT (Mulai Terlihat)
|
Peserta didik
mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
|
3.
|
MB (Mulai Berkembang)
|
Peserta didik
mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indicator
|
4.
|
MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya)
|
Peserta didik
terus menerus/secara konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar