Mengenai Saya

Foto saya
padang, sumbar, Indonesia
berpikir untuk paham, melangkah bertujuan.

Pengikut

tankuncay. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

CONTOH SOAL UNTUK KELAS VIII



SOAL Bahasa Indonesia Kelas VIII


untuk soal nomor 8, 9, 10, 11
(1) “Mak tengah, bahwasannya cinta Hayyati rupanya masih lekat kepada Zainuddin orang makasar itu” kata Limah. (2)Yang hadir tercengang-cengang. (3)Mamak Datuk Garang merah matanya mendengar pernyataan Limah, seraya berkata : “Membuat malu, hendak menginjak kepala kami ninik mamak, bagaimana mungkin seorang Makasar, seorang Bugis, akan diterima menjadi menantu, ibunya bukan orang Minangkabau, mamaknya tidak tentu entah di mana, sukunya tidak ada, tidak ada perpatihnya, tidak ada Ketemanggungganya.” (4) Datuk Garang yang kurang suka disanggah oleh yang muda-muda telah agak meradang, terus berkata....
  1. Bukti latar budaya orang Minangkabau yang kuat terlihat pada kalimat nomor....
A.      (1)              B. (2)   C. (3)   D. (4)


            9.   Watak Datuk Garang, dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.      Bijaksana              B. Baik Hati     C. Pemarah    D. sombong

           10.  hendak menginjak kepala kami ninik mamak”. Ungkapan di atas bermakna….

A.      Membuat malu untuk ninik mamak          C. mempermalukan ninik mamak
B.      Dipermalukan oleh ninik mamak              D. memalukan ninik mamak


           11.  Konflik yang terjadi dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.      Batin          B. fisik             C. adat                        D. pikiran
       1.  Setelah puas berkeliling, kami berkumpul untuk makan siang bersama.
       2.  Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat aneka tanaman langka.
       3.  Tepat pukul 18.00 kami bersiap pulang ke Padang
       4.  Sebelum berkeliling di Kebun Raya Bung Hatta, kami mendapat pengarahan.
       5.  Kami berangkat bersama dari sekolah.
       6.  Sesampainya di Kebun Raya Bung Hatta, kami beristirahat sejenak.
  1. Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis jika disusun dengan urutan:
                        A.  4, 5, 6, 1, 3, 2                                 C.  6, 4, 5, 1, 2, 3
            B.  5, 4, 6, 3, 1, 2                                 D.  5, 6, 4, 1, 2, 3
 
1. Ani               : (ke belakang sambil bernyanyi kecil)
2. Pengemis    : (masuk perlahan-lahan dengan kaki pincang. Setelah di dalam, melihat ke kiri  
                          ke kanan, ke arah tempat kue-kue, kemudian menuju rak itu dengan langkah  
                          biasa).
3. Ani               : (tampil dari belakang) Hai!
4. Pengemis    : (cepat menarik tangannya)
5. Ani               : Engkau mau mencuri, ya?
6. Pengemis    : (menundukkan kepala).

  1. Perintah gerak dalam kutipan drama di atas ditunjukkan pada nomor....
A.      1, 2, 3, 4, 5            B. 1, 2, 3, 4, 6              C. 1, 2, 4, 5, 6             D. 1,3, 4, 5, 6
  1. Bagian dialog dalam cuplikan drama di atas ditandai dengan….
A.      Dalam tanda kurung                           C. di luar tanda kurung
B.      Penulisan dalam huruf capital            D. penulisan huruf dimiringkan

  1. Suasana /latar peristiwa dalam cuplikan drama di atas….
A.    di dalam rumah
B.    di dalam kamar
C.   di kantin sekolah
D.   di pekarangan rumah

Ayah    :   Bagaimana mungkin aku bisa istirahat, kalau setiap aku pulang kerja kalian  selalu bermain dan bermain terus di dalam rumah! Rumah kotor berantakan  membuat kepala jadi pusing! 
Ibu       :    Biarlah, Yah dari pada mereka main di rumah tetangga.
Ayah    :    Kamu juga tidak bisa memimpin anak-anak!(sambil melepas tas   kerjannya)
Nenek  :    Ada apa? Baru pulang sudah ribut!

  1.  Bukti ayah berwatak keras terlihat pada dialog....
A. nenek dan ibu         C. ibu dan ayah
B. ayah dan nenek      D. ibu dan nenek
Bantuan Rp 60 juta dari kompas kembali disalurkan untuk para korban pengungsi kerusuhan Ambon. Kali ini dalam bentuk bantuan modal kerja yang diujudkan dengan pesanan produk hasil bengkel kayu/industri mebel yang dikerjakan oleh para tukang kayu yang merupakan para pengungsi itu sendiri.
  1. Cuplikan di atas merupakan Laporan….
A.      Laporan kegiatan        C. Laporan peristiwa
    1. Laporan bantuan         D. Laporan perjalanan       
1.    Setelah puas berkeliling, kami berkumpul untuk makan siang bersama.
2.    Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat aneka tanaman   langka.
3.    Tepat pukul 18.00 kami bersiap pulang ke Padang
4.    Sebelum berkeliling Kebun Raya Bung Hatta, kami mendapat pengarahan.
5.    Kami berangkat bersama dari sekolah.
6.    Sesampainya di Kebun Raya Bung Hatta, kami beristirahat sejenak.

  1.  Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis jika disusun dengan urutan:
A.    4, 5, 6, 1, 3, 2                          C.  6, 4, 5, 1, 2, 3
B.    5, 4, 6, 3, 1, 2                          D.  5, 6, 4, 1, 2, 3 

Sepengetahuan penulis masalah polusi belum ditangani secara optimal
                   (1)                     (2)                   (3)                            (4)
  1. Bagian kalimat yang harus dihilangkan, agar kalimat efektif adalah...
A.  1                 B.  2                 C.  3                D.  4
A.  Pukul setengah satu siang, hari terasa sangat panas. Badanku rasanya semakin kering.  Seluruh cairan dalam tubuhku seakan terperas habis.
B.   Pengumuman di sebuah situs internet bak iklan saja. Beberapa ekor anjing, lengkap dengan foto yang lucu, ditawarkan kepada masyarakat. namun mereka tidak boleh dibeli, hanya boleh diadopsi.
C.  Banyak orang yang beranggapan merancanakan perjalanan wisata menggunakan Biro Perjalanan Wisata (BPW) merupakan pemborosan. Pada hal, banyak keuntungan bisa di dapat dengan membeli paket perjalanan dengan instansi ini.
D.  Menurut laporan yang diterbitkan dalam journal of the American Heart Assosiation, minum teh dalam jumlah banyak ternyata dapat menurunkan risiko kematian setelah terkena serangan jantung.
             20.  Sistematika penulisan laporan kegiatan yang benar adalah
    1. Pendahuluan, isi, penutup
    2. Pendahuluan, maksud  dan tujuan, penutup
    3. Pendahuluan, nama kegiatan, penutup
    4. Pendahuluan, macam-macam kegiatan, penutup
Peserta kegiatan berjumlah 20 Orang (L;10 P;10)terdiri dari siswa kelas VII dan kelas VIII.Tema kegiatan adalah “Praktik Partisipasi Pelajar dalam Pembangunan”.

             21.  Ilustrasi di atas merupakan bagian dari laporan, yaitu….
A.      Pendahuluan  B. Isi    C. Penutup      D. Tema

Dalam perjalanan ini, banyak sekali hal-hal yang dapat dipaparkan. Sehubungan dengan tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, Lembah Anai dan Jam Gadang merupakan Objek yang saya ambil sebagai bahasan untuk laporan pengamatan dalam perjalanan ini.

         22.  Ilustrasi di atas merupakan bagian dari….
A.      pendahuluan laporan              C. isi laporan
B.      penutup laporan                      D. pembuka laporan

Selain bangunan Jam Gadang, tata kota lama di di Bukitinggi pun memberikan gambaran yang jelas tentang Ruang dan Keindahan. Sehingga, antara bangunan dan ruang memiliki keterikatan satu dengan yang lain.
        23.  Ilustrasi di atas merupakan bagian dari laporan, yakni….
A.      Pendahuluan   B. Isi               C. Penutup      D. Tema

Perhatikan Iluatrasi berikut….
      Kamu adalah sekretaris panitia lomba membaca cerpen yang akan diikuti oleh peserta dari SMP/MTs se-kecamatan di wilayahmu. Para peserta telah mendaftar. Namun, ternyata acara tersebut terpaksa diundur. 
       24.  Isi surat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.   Kami berterimakasih atas keikutsertaan Saudara dalam acara yang kami gelar.
B.   Kami sangat mengharapkan keikutsertaan Saudara dalam acara yang kami gelar.
C.   Kami yakin saudara tidak kecewa dengan adanya pengunduran acara ini.
D.   Kami atas nama panitia, mohon maaf atas pengunduran acara ini….

       25.  Hal surat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.      Permohonan maaf           C. Lomba baca cerpen
B.      Pengunduran acara          D. Pemberitahuan

26.  Ungkapan maaf yang sesuai dengan ilustrasi di atas….
A.   Kami mohon maaf atas pengunduran acara ini,….
B.   Kami mohon maaf kepada seluruh peserta lomba….
C.   Kami mohon maaf, acara akan diundur hingga minggu depan.
D.   Kami yakin, Saudara memaklumi pengunduran acara ini.

Teks untuk soal nomor 28 dan 29
Braszil boleh memiliki bomber andal semacam Neymar, Alexandre Pato, dan Robinho. Namun, ketajaman mereka layak kembali dipertanyakan seusai terisingkir di perempat final Copa Amerika 2011. Paraguay menghentikan kiprah tim samba melalui adu penalti di stadion Ciudad de la Plata Argentina, senin (18/7)
27.  Kesimpulan dari paragraf di atas adalah….
A.      Brazil memiliki bomber yang handal 
B.      Ketajaman Brazil perlu dipertanyakan
C.      Brazil dikalahkan Paraguay lewat adu penalti
D.      Brazil tersingkir di prempat final Copa Amerika
28.  Informasi yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas adalah….
A.      Neymar, Alexandre Pato, dan Robinho adalah bomber Brazil
B.      Ketajaman Brazil perlu dipertanyakan
C.      Paraguay menghentikan kiprah tim samba
D.      Paraguay berhasil mengalahkan tim Brazil dengan mudah.

Tidak susah menggambarkan sekolah SD Muhammadiyah itu, keadaan sekolah yang sudah reyot dengan atap yang bolong dan pasti bocor jika hujan tiba, dan bisa roboh kalau di tabrak kambing ngamuk.
29.  Latar yang tergambar dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.      waktu              B. tempat        C. suasana     D. budaya

teks untuk soal nomor 30, 31, 32.
Pada saatnya para murid diatur tempat duduknya ada satu anak bernama Lintang, dia anak seorang nelayan yang sangat miskin, setiap hari dia bersepeda 40 KM dari rumahnya yang berada di Tanjong Kelumpang, desa yang sangat jauh di tepi laut sampai ke sekolah. Setiap hari ia selalu melewati 4 kawasan pohon nipah tempat yang lumayan seram, tak jarang ada buaya yang sangat besar menyeberang di situ (kadang malah nongkrong). Walaupun begitu,  Ia tak sekalipun pernah bolos dari sekolah meskipun terkadang karena saking jauhnya jarak perjalanan tersebut terkadang Ia tiba hanya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
30.  Pesan moral yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah….
A.      Setiap perjuangan pasti akan membuahkan hasil.
B.      Jangan mudah menyerah dengan keadaan
C.      Berhati-hatilah, karena buaya sangat berbahaya.
D.      Kemiskinan dan jarak bukanlah penghalang menuntut ilmu
31.  Hal yang dapat diteladani dari tokoh Lintang cuplikan novel di atas adalah….
A.      Lintang datang hanya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
B.      Lintang tidak pernah bolos dari sekolah.
C.      Lintang seorang nelayan yang sangat miskin.
D.      Setiap hari Lintang bersepeda 40 KM dari rumahnya.
32.  Watak Lintang dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.      Pemalas          B. Rajin           C. Pantang menyerah           D. bersemangat

Lizzie siap menjelaskan semuanya. Dia selalu memberitahukan segalanya kepada ibunya, dan ibunya selalu mengerti. Walaupun biasanya itu terjadinya belakangan.
33.  Watak ibu Lizzie dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.      Pemarah               B. Pembohong            C. Jujur           D. Pengertian

Teks untuk nomor 34, 35, 36
Lintang, sang jenius itu misalnya kini harus terpuruk jadi sopir tronton karena harus menjadi tulang punggung keluarga, menjadi pengganti ayahnya. Tapi Lintang punya jawaban, ” jangan sedih Ikal, paling tidak aku telah memenuhi harapan ayahku agar tidak jadi nelayan….” Bagi Ikal, kata-kata itu semakin menghancurkan hatinya, ia marah, kecewa pada kenyataan begitu banyak anak pintar yang harus berhenti sekolah karena alasan ekonomi. Ia mengutuki orang-orang bodoh sok pintar yang menyombongkan diri, dan anak-anak orang kaya yang menyia-nyiakan kesempatan pendidikan.

      34.  Pesan moral yang sesuai dengan cuplikan novel di atas….
A.      Tak perlu bersedih, berjuanglah, dan jagan sombong.
B.      Ujudkan impian  orang tua dengan berbagai cara.
C.      Jangan mudah meyerah. Teruslah meraih cita-cita
D.      Orang miskin sangat sulit mencapai cita-citanya.
  1. (1) Beberapa bulan sebelum lulus SMP Lintang, siswa paling jenius anggota Laskar Pelangi itu harus berhenti sekolah. (2) Padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. (3) Ia harus berhenti karena ia anak laki-laki tertua yang harus menghidupi keluarga sebab ketika itu ayahnya meninggal dunia. (4) Sekarang Indonesia telah kehilangan seorang anak yang super jenius mungkin melebihi ilmuwan.

        36.  Bukti Konflik dalam cuplikan novel di atas adalah….

A.      Kalimat  (1)     B. Kalimat  (2)             Kalimat  (3)     Kalimat  (4)

Ibu Lizzie berkacak pinggang, mendelik padanya. Lizzie berdiri tepat di balik pintu, mendekap buku-bukunya sambil dengan gelisah, bolak balik mengalihkan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya. Dari jendela, terlihat lampu jalan mulai menyala.
       37.  Latar waktu yang tergambar dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.    Malam hari                        B. Siang hari   C. pagi hari      D jelang malam

       38.  Cuplikan yang menggambarkan tema novel adalah….
A.      Mrs. McGire memandang anaknya tidak percaya. “Maaf? Maaf, katamu? Apa saja kerjamu sampai tidak sempat meluangkan waktu barang semenit pun untuk meneleponku?”

B.      Lizzie siap menjelaskan semuanya. Dia selalu memberitahukan segalanya kepada ibunya, dan ibunya selalu mengerti. Walaupun biasanya itu terjadinya belakangan.

C.      Novel ini berkisah tentang kehidupan dua saudara sepupu bernama Woodrow dan Gypsy yang tinggal di Coal Station Virginia.

D.      Setelah suskses dengan novelnya yang berjudul Perjalanan Dua Purnama, Sharon Greech mencoba untuk menciptakan novel berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu Misteri Burung Merah.

“Kau Telat”.

“Aku tahu. Maafkan aku, Mom,” Ujar Lizzie ringan sambil berusaha melewati ibunya.

Mrs. McGire memandang anaknya tidak percaya. “Maaf? Maaf, katamu? Apa saja kerjamu sampai tidak sempat meluangkan waktu barang semenit pun untuk meneleponku?”

      39.  Penyebab kemarahan Mrs. McGire dalam cuplikan novel di atas adalah…
A.      Lizzie tidak menelepon                 C. Lizzie pembohong
B.      Lizzie tidak Jujur                           D. Lizzie telat pulang

       40.  Langkah/petunjuk penulisan naskah drama yang benar adalah….
A.      Menentukan Topik-Menentukan Plot-Merancang tulisan awal-Menulis naskah drama
B.      Menentukan judul- menentukan plot-menulis naskah drama-menentukan topik
C.      Menentukan topik-menentukan judul-menentuka plot-menulis naskah drama
D.      Menentukan judul- merancang naskah awal-menentukan plot-menulis naskah drama
       41.  Berikut merupakan ketentuan dalam menulis naskah drama, yakni…
A.      Bagi pertama berisi prolog, bagian kedua berisi percakapan
B.      Bagian pertama berisi percakapan dan bagian kedua berisi petunjuk laku
C.      Bagian pertama berisi petunjuk laku, bagian kedua berisi percakapan
D.      Bagian pertama berisi prolog, bagian kedua berisi petunjuk laku

Jaka menemukan dompet berisi uang banyak. Ayahnya meminta Jaka mengembalikan dompet itu. Jaka bimbang karena ia ingin membeli obat untuk ibunya yang sedang sakit. Saat melihat rumah mewah pemilik dompet, Jaka tidak jadi mengembalikannya. Ayah Jaka menasihatinya. Akhirnya, dompet itu dikembalikan. Pemilik dompet membawa ibu Jaka ke rumah sakit.

     42.  Tema cuplikan drama di atas….
A.      Jaka menemukan dompet berisi uang
B.      Ayah Jaka menasihatinya
C.      Kejujuran membawa kebaikan
D.      Ibu Jaka dibawa ke rumah sakit

      43.  Konflik yang dialami Jaka dalam Ilustrasi drama di atas adalah….
A.      Konflik pikiran             C. Konflik Fisik
B.      Konflik Batin               D. Konflik Ekonomi


      44.  Latar tempat dalam ilustrasi di atas….
A.      di rumah jaka                          C. di jalan       
B.      di rumah pemilik dompet       D. di rumah sakit

        45.  Situasi mulai menengangkan, permasalahan cerita mulai muncul dalam sebuah drama,    dapat diamati pada bagian….
A.      Pendahuluan               B. Konflik       C. Penyelesaian          D. Karakter tokoh
        46.  Latar dalam sebuah drama, diujudkan dalam….
A.      dalam ruangan            C. di atas panggung
B.      di atas pentas              D. di penataan pentas

Perhatikan ilustrasi berikut….
1.  Scan nilai dan ijazah yang sudah dilegalisasi
2.  Pendaftaran dimulai tanggal 1 Januari  sampai dengan 31 Maret 2011
3.  Mengisi data diri dengan lengkap secara online.
4.  Untuk mendaftar, nilai harus lebih besar dari 7,5.
5.  Buka www. Beasiswa unggulan; kemendiknas.go.id
       47.  Ilustrasi di atas merupakan….
A.      Petunjuk pendaftaran secara online         C. syarat pendaftaran secara online
B.      Petunjuk pengisian pormulir                     D. syarat mendapatkan beasiswa
       48.  Urutan yang yang tepat dari ilustrasi di atas adalah….
A.      1-2-3-4-5         B. 2-3-1-4-5     C. 3-4-1-2-5    D. 3-4-5-1-2   

Biasanya, para pelaku membuat uang palsu pecahan besar, seperti uang Rp50 ribu atau Rp100 ribu. Karena dengan uang dalam kisaran itu, pelaku bisa lebih sedikit mengeluarkan, tetapi bisa menarik keuntungan lebih besar.

    49.  Informasi penting dari cuplikan di atas adalah….
A.      Para pelaku pembuat uag palsu
B.      Para pelaku mendapatkan untung
C.      Alasan mengedarkan uang palsu
D.      Teknik mengedarkan uang palsu

       50.  Ilustrasi di atas merupakan….

A.      Alasan pelaku membuat uang palsu
B.      Alasan pelaku mengedarkan uang palsu
C.      Cara pelaku mendapatkan keuntungan
D.      Cara pelaku menyebarkan uang palsu


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar: