SOAL Bahasa Indonesia Kelas VIII
untuk soal nomor 8, 9, 10,
11
(1)
“Mak tengah, bahwasannya cinta Hayyati rupanya masih lekat kepada Zainuddin
orang makasar itu” kata Limah. (2)Yang hadir tercengang-cengang. (3)Mamak Datuk Garang merah matanya
mendengar pernyataan Limah, seraya berkata : “Membuat malu, hendak menginjak
kepala kami ninik mamak, bagaimana mungkin seorang Makasar, seorang Bugis, akan
diterima menjadi menantu, ibunya bukan orang Minangkabau, mamaknya tidak tentu
entah di mana, sukunya tidak ada, tidak ada perpatihnya, tidak ada
Ketemanggungganya.” (4) Datuk Garang yang kurang suka disanggah oleh yang
muda-muda telah agak meradang, terus berkata....
- Bukti latar budaya orang Minangkabau yang kuat terlihat pada kalimat nomor....
A.
(1) B. (2) C. (3) D. (4)
9.
Watak
Datuk Garang, dalam cuplikan novel di atas adalah….
A. Bijaksana B. Baik Hati C. Pemarah D.
sombong
10. “hendak menginjak
kepala kami ninik mamak”.
Ungkapan di atas bermakna….
A. Membuat malu untuk ninik
mamak C. mempermalukan ninik
mamak
B. Dipermalukan oleh ninik
mamak D. memalukan ninik
mamak
11. Konflik yang terjadi dalam
cuplikan novel di atas adalah….
A. Batin B. fisik C. adat D.
pikiran
1. Setelah puas berkeliling, kami berkumpul
untuk makan siang bersama.
2.
Meskipun kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat aneka tanaman
langka.
3.
Tepat pukul 18.00 kami bersiap pulang ke Padang
4. Sebelum berkeliling di Kebun Raya Bung Hatta, kami mendapat
pengarahan.
5. Kami berangkat bersama dari sekolah.
6. Sesampainya di
Kebun Raya Bung Hatta, kami beristirahat sejenak.
- Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis jika disusun dengan urutan:
A. 4, 5, 6, 1, 3, 2 C. 6, 4, 5, 1, 2, 3
B. 5, 4, 6, 3, 1, 2 D. 5, 6, 4, 1, 2, 3
1.
Ani : (ke belakang sambil bernyanyi kecil)
2. Pengemis : (masuk
perlahan-lahan dengan kaki pincang. Setelah di dalam, melihat ke kiri
ke kanan, ke arah
tempat kue-kue, kemudian menuju rak itu dengan langkah
biasa).
3.
Ani : (tampil dari belakang) Hai!
4.
Pengemis : (cepat menarik tangannya)
5.
Ani : Engkau mau mencuri,
ya?
6.
Pengemis : (menundukkan kepala).
- Perintah gerak dalam kutipan drama di atas ditunjukkan pada nomor....
A.
1,
2, 3, 4, 5 B. 1, 2, 3, 4, 6 C. 1, 2, 4, 5, 6 D. 1,3, 4, 5, 6
- Bagian dialog dalam cuplikan drama di atas ditandai dengan….
A.
Dalam
tanda kurung C.
di luar tanda kurung
B.
Penulisan
dalam huruf capital D.
penulisan huruf dimiringkan
- Suasana /latar peristiwa dalam cuplikan drama di atas….
A. di dalam rumah
B. di dalam kamar
C. di kantin sekolah
D. di pekarangan
rumah
Ayah : Bagaimana
mungkin aku bisa istirahat, kalau setiap aku pulang kerja kalian selalu bermain dan bermain terus di dalam rumah! Rumah kotor berantakan
membuat kepala jadi pusing!
Ibu : Biarlah, Yah dari pada mereka main di rumah tetangga.
Ayah : Kamu juga tidak bisa memimpin anak-anak!(sambil melepas
tas kerjannya)
Nenek : Ada apa? Baru pulang sudah ribut!
- Bukti ayah berwatak keras terlihat pada dialog....
A. nenek dan ibu C. ibu dan ayah
B. ayah dan nenek D. ibu dan nenek
Bantuan Rp 60
juta dari kompas kembali disalurkan untuk para korban pengungsi kerusuhan
Ambon. Kali ini dalam bentuk bantuan modal kerja yang diujudkan dengan pesanan
produk hasil bengkel kayu/industri mebel yang dikerjakan oleh para tukang kayu
yang merupakan para pengungsi itu sendiri.
- Cuplikan di atas merupakan Laporan….
A.
Laporan
kegiatan C. Laporan peristiwa
- Laporan bantuan D. Laporan perjalanan
1.
Setelah puas berkeliling, kami berkumpul untuk makan
siang bersama.
2. Meskipun
kelelahan, kami merasa puas karena sudah melihat aneka tanaman langka.
3. Tepat pukul 18.00
kami bersiap pulang ke Padang
4. Sebelum
berkeliling Kebun Raya Bung Hatta, kami mendapat pengarahan.
5. Kami berangkat
bersama dari sekolah.
6. Sesampainya di
Kebun Raya Bung Hatta, kami beristirahat sejenak.
- Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang sistematis jika disusun dengan urutan:
A. 4, 5, 6, 1, 3, 2 C. 6, 4, 5, 1, 2, 3
B. 5, 4, 6, 3, 1, 2 D. 5, 6, 4, 1, 2, 3
Sepengetahuan
penulis masalah polusi belum ditangani secara optimal
(1) (2) (3) (4)
- Bagian kalimat yang harus dihilangkan, agar kalimat efektif adalah...
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4
A. Pukul setengah satu siang, hari terasa sangat
panas. Badanku rasanya semakin kering.
Seluruh cairan dalam tubuhku seakan terperas habis.
B. Pengumuman di sebuah situs internet bak
iklan saja. Beberapa ekor anjing, lengkap dengan foto yang lucu, ditawarkan
kepada masyarakat. namun mereka tidak boleh dibeli, hanya boleh diadopsi.
C. Banyak orang yang beranggapan merancanakan
perjalanan wisata menggunakan Biro Perjalanan Wisata (BPW) merupakan
pemborosan. Pada hal, banyak keuntungan bisa di dapat dengan membeli paket
perjalanan dengan instansi ini.
D. Menurut laporan yang diterbitkan dalam
journal of the American Heart Assosiation, minum teh dalam jumlah banyak
ternyata dapat menurunkan risiko kematian setelah terkena serangan jantung.
20. Sistematika
penulisan laporan kegiatan yang benar adalah
- Pendahuluan, isi, penutup
- Pendahuluan, maksud dan tujuan, penutup
- Pendahuluan, nama kegiatan, penutup
- Pendahuluan, macam-macam kegiatan, penutup
Peserta kegiatan berjumlah 20 Orang (L;10 P;10)terdiri
dari siswa kelas VII dan kelas VIII.Tema kegiatan adalah “Praktik Partisipasi
Pelajar dalam Pembangunan”.
21.
Ilustrasi di atas merupakan bagian dari laporan, yaitu….
A.
Pendahuluan B. Isi C. Penutup D.
Tema
Dalam
perjalanan ini, banyak sekali hal-hal yang dapat dipaparkan. Sehubungan dengan
tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia, Lembah Anai dan Jam Gadang merupakan
Objek yang saya ambil sebagai bahasan untuk laporan pengamatan dalam perjalanan
ini.
22.
Ilustrasi di atas merupakan bagian dari….
A.
pendahuluan
laporan C. isi laporan
B.
penutup
laporan D. pembuka laporan
Selain bangunan
Jam Gadang, tata kota lama di di Bukitinggi pun memberikan gambaran yang jelas
tentang Ruang dan Keindahan. Sehingga, antara bangunan dan ruang memiliki
keterikatan satu dengan yang lain.
23.
Ilustrasi di atas merupakan bagian dari laporan, yakni….
A.
Pendahuluan B. Isi C.
Penutup D. Tema
Perhatikan Iluatrasi berikut….
Kamu adalah sekretaris panitia lomba membaca cerpen yang
akan diikuti oleh peserta dari SMP/MTs se-kecamatan di wilayahmu. Para peserta
telah mendaftar. Namun, ternyata acara tersebut terpaksa diundur.
24.
Isi
surat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.
Kami berterimakasih atas keikutsertaan Saudara dalam
acara yang kami gelar.
B.
Kami sangat mengharapkan keikutsertaan Saudara dalam
acara yang kami gelar.
C.
Kami
yakin saudara tidak kecewa dengan adanya pengunduran acara ini.
D.
Kami atas nama panitia, mohon
maaf atas pengunduran acara ini….
25.
Hal surat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah….
A.
Permohonan maaf C. Lomba baca cerpen
B.
Pengunduran acara D.
Pemberitahuan
26.
Ungkapan maaf yang sesuai dengan ilustrasi di atas….
A.
Kami mohon maaf atas
pengunduran acara ini,….
B.
Kami mohon maaf kepada seluruh peserta lomba….
C.
Kami mohon maaf, acara akan diundur hingga minggu depan.
D.
Kami yakin, Saudara memaklumi pengunduran acara ini.
Teks
untuk soal nomor 28 dan 29
Braszil boleh
memiliki bomber andal semacam Neymar, Alexandre Pato, dan Robinho. Namun,
ketajaman mereka layak kembali dipertanyakan seusai terisingkir di perempat
final Copa Amerika 2011. Paraguay menghentikan kiprah tim samba melalui adu
penalti di stadion
Ciudad de la Plata Argentina, senin (18/7)
27.
Kesimpulan dari paragraf di atas adalah….
A.
Brazil memiliki bomber yang handal
B.
Ketajaman Brazil perlu dipertanyakan
C.
Brazil dikalahkan
Paraguay lewat adu penalti
D.
Brazil tersingkir di prempat final Copa Amerika
28.
Informasi yang tidak sesuai dengan isi paragraf di atas
adalah….
A.
Neymar, Alexandre Pato, dan Robinho adalah bomber Brazil
B.
Ketajaman
Brazil perlu dipertanyakan
C.
Paraguay menghentikan kiprah tim samba
D.
Paraguay berhasil mengalahkan
tim Brazil dengan mudah.
Tidak
susah menggambarkan sekolah SD Muhammadiyah
itu, keadaan sekolah yang sudah reyot dengan atap yang bolong dan pasti bocor
jika hujan tiba, dan bisa roboh kalau di tabrak kambing ngamuk.
29.
Latar yang tergambar dalam cuplikan novel di atas
adalah….
A.
waktu B. tempat C. suasana D. budaya
teks untuk soal nomor
30, 31, 32.
Pada
saatnya para murid diatur tempat duduknya ada satu anak bernama Lintang, dia
anak seorang nelayan yang sangat miskin, setiap hari dia bersepeda 40 KM dari
rumahnya yang berada di Tanjong Kelumpang, desa yang sangat jauh di tepi laut
sampai ke sekolah. Setiap hari ia selalu melewati 4 kawasan pohon nipah tempat
yang lumayan seram, tak jarang ada buaya yang sangat besar menyeberang
di situ
(kadang malah nongkrong). Walaupun begitu, Ia tak
sekalipun pernah bolos dari sekolah meskipun terkadang karena saking jauhnya
jarak perjalanan tersebut terkadang Ia tiba hanya untuk menyanyikan lagu
Indonesia Raya.
30.
Pesan
moral yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah….
A. Setiap perjuangan pasti
akan membuahkan hasil.
B. Jangan mudah menyerah
dengan keadaan
C. Berhati-hatilah, karena
buaya sangat berbahaya.
D. Kemiskinan dan jarak
bukanlah penghalang menuntut ilmu
31.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh
Lintang cuplikan novel di atas adalah….
A. Lintang datang hanya untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.
B. Lintang tidak pernah bolos dari sekolah.
C. Lintang seorang
nelayan yang sangat miskin.
D. Setiap hari Lintang
bersepeda 40 KM dari rumahnya.
32.
Watak Lintang dalam
cuplikan novel di atas adalah….
A. Pemalas B.
Rajin C. Pantang menyerah D.
bersemangat
Lizzie siap menjelaskan semuanya. Dia selalu
memberitahukan segalanya kepada ibunya, dan ibunya selalu mengerti. Walaupun
biasanya itu terjadinya belakangan.
33.
Watak ibu Lizzie dalam cuplikan novel di atas adalah….
A.
Pemarah B.
Pembohong C. Jujur D. Pengertian
Teks untuk nomor 34, 35, 36
Lintang, sang jenius itu misalnya kini harus terpuruk
jadi sopir tronton karena harus menjadi tulang punggung keluarga, menjadi
pengganti ayahnya. Tapi Lintang punya jawaban, ” jangan sedih Ikal, paling
tidak aku telah memenuhi harapan ayahku agar tidak jadi nelayan….” Bagi Ikal,
kata-kata itu semakin menghancurkan hatinya, ia marah, kecewa pada kenyataan
begitu banyak anak pintar yang harus berhenti sekolah karena alasan ekonomi. Ia
mengutuki orang-orang bodoh sok pintar yang menyombongkan diri, dan anak-anak
orang kaya yang menyia-nyiakan kesempatan pendidikan.
34.
Pesan moral yang sesuai dengan cuplikan novel di atas….
A.
Tak
perlu bersedih, berjuanglah, dan jagan sombong.
B.
Ujudkan
impian orang tua dengan berbagai cara.
C.
Jangan
mudah meyerah. Teruslah meraih cita-cita
D.
Orang
miskin sangat sulit mencapai cita-citanya.
- (1) Beberapa bulan sebelum lulus SMP Lintang, siswa paling jenius anggota Laskar Pelangi itu harus berhenti sekolah. (2) Padahal cuma tinggal satu triwulan menyelesaikan SMP. (3) Ia harus berhenti karena ia anak laki-laki tertua yang harus menghidupi keluarga sebab ketika itu ayahnya meninggal dunia. (4) Sekarang Indonesia telah kehilangan seorang anak yang super jenius mungkin melebihi ilmuwan.
36.
Bukti
Konflik dalam cuplikan novel di
atas adalah….
A.
Kalimat (1) B.
Kalimat (2) Kalimat (3) Kalimat
(4)
Ibu Lizzie berkacak pinggang, mendelik padanya. Lizzie
berdiri tepat di balik pintu, mendekap buku-bukunya sambil dengan gelisah,
bolak balik mengalihkan berat badan dari satu kaki ke kaki lainnya. Dari
jendela, terlihat lampu jalan mulai menyala.
37.
Latar waktu yang tergambar dalam cuplikan novel di atas
adalah….
A.
Malam hari B.
Siang hari C. pagi hari D jelang
malam
38.
Cuplikan yang menggambarkan tema novel adalah….
A.
Mrs. McGire memandang anaknya tidak percaya. “Maaf? Maaf,
katamu? Apa saja kerjamu sampai tidak sempat meluangkan waktu barang semenit
pun untuk meneleponku?”
B.
Lizzie siap menjelaskan semuanya. Dia selalu
memberitahukan segalanya kepada ibunya, dan ibunya selalu mengerti. Walaupun
biasanya itu terjadinya belakangan.
C.
Novel ini berkisah tentang
kehidupan dua saudara sepupu bernama Woodrow dan Gypsy yang tinggal di Coal
Station Virginia.
D.
Setelah suskses dengan novelnya yang berjudul Perjalanan Dua Purnama, Sharon Greech
mencoba untuk menciptakan novel berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu Misteri Burung Merah.
“Kau Telat”.
“Aku tahu.
Maafkan aku, Mom,” Ujar Lizzie ringan sambil berusaha melewati ibunya.
Mrs. McGire
memandang anaknya tidak percaya. “Maaf? Maaf, katamu? Apa saja kerjamu sampai
tidak sempat meluangkan waktu barang semenit pun untuk meneleponku?”
39.
Penyebab kemarahan Mrs. McGire dalam cuplikan novel di
atas adalah…
A.
Lizzie tidak menelepon C.
Lizzie pembohong
B.
Lizzie tidak Jujur D. Lizzie telat pulang
40.
Langkah/petunjuk penulisan naskah drama yang benar
adalah….
A.
Menentukan
Topik-Menentukan Plot-Merancang tulisan awal-Menulis naskah drama
B.
Menentukan judul- menentukan plot-menulis naskah
drama-menentukan topik
C.
Menentukan topik-menentukan judul-menentuka plot-menulis
naskah drama
D.
Menentukan judul- merancang naskah awal-menentukan
plot-menulis naskah drama
41.
Berikut merupakan ketentuan dalam menulis naskah drama,
yakni…
A.
Bagi pertama berisi prolog, bagian kedua berisi
percakapan
B.
Bagian pertama
berisi percakapan dan bagian kedua berisi petunjuk laku
C.
Bagian pertama berisi petunjuk laku, bagian kedua berisi
percakapan
D.
Bagian pertama berisi prolog, bagian kedua berisi
petunjuk laku
Jaka menemukan dompet berisi uang banyak. Ayahnya meminta
Jaka mengembalikan dompet itu. Jaka bimbang karena ia ingin membeli obat untuk
ibunya yang sedang sakit. Saat melihat rumah mewah pemilik dompet, Jaka tidak
jadi mengembalikannya. Ayah Jaka menasihatinya. Akhirnya, dompet itu dikembalikan.
Pemilik dompet membawa ibu Jaka ke rumah sakit.
42.
Tema cuplikan drama di atas….
A.
Jaka menemukan dompet berisi uang
B.
Ayah Jaka menasihatinya
C.
Kejujuran membawa
kebaikan
D.
Ibu Jaka dibawa ke rumah sakit
43. Konflik yang
dialami Jaka dalam Ilustrasi drama di atas adalah….
A.
Konflik pikiran C.
Konflik Fisik
B.
Konflik Batin D. Konflik Ekonomi
44.
Latar tempat dalam ilustrasi di atas….
A.
di rumah jaka C.
di jalan
B.
di rumah pemilik dompet D. di rumah sakit
45.
Situasi mulai menengangkan, permasalahan cerita mulai
muncul dalam sebuah drama, dapat diamati pada bagian….
A.
Pendahuluan B.
Konflik C. Penyelesaian D.
Karakter tokoh
46.
Latar dalam sebuah drama, diujudkan dalam….
A.
dalam ruangan C.
di atas panggung
B.
di atas pentas D. di penataan pentas
Perhatikan ilustrasi berikut….
1.
Scan nilai dan ijazah yang sudah dilegalisasi
2.
Pendaftaran dimulai tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Maret 2011
3.
Mengisi data diri dengan lengkap secara online.
4.
Untuk mendaftar, nilai harus lebih besar dari 7,5.
5.
Buka www. Beasiswa
unggulan; kemendiknas.go.id
47.
Ilustrasi
di atas merupakan….
A. Petunjuk pendaftaran secara
online C. syarat pendaftaran
secara online
B. Petunjuk pengisian pormulir D. syarat mendapatkan beasiswa
48.
Urutan
yang yang tepat dari ilustrasi di atas adalah….
A. 1-2-3-4-5 B. 2-3-1-4-5 C. 3-4-1-2-5 D. 3-4-5-1-2
Biasanya,
para pelaku membuat uang palsu pecahan besar, seperti uang Rp50 ribu atau Rp100
ribu. Karena dengan uang dalam kisaran itu, pelaku bisa lebih sedikit
mengeluarkan, tetapi bisa menarik keuntungan lebih besar.
49.
Informasi
penting dari cuplikan di atas adalah….
A. Para pelaku pembuat uag
palsu
B. Para pelaku mendapatkan
untung
C. Alasan mengedarkan uang
palsu
D.
Teknik mengedarkan uang
palsu
50.
Ilustrasi
di atas merupakan….
A. Alasan pelaku membuat uang
palsu
B. Alasan pelaku mengedarkan
uang palsu
C.
Cara pelaku mendapatkan
keuntungan
D. Cara pelaku menyebarkan
uang palsu
0 komentar:
Posting Komentar